Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China
Connect with us

Unik

Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China

Published

on

Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China

GenciL News- Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China. Buah dengan julukan “The King of Fruits” ini termasuk dalam famili Bombaccaceae dan banyak ditemukan di daerah tropis. Tiap pohon durian dapat menghasilkan 80 sampai 100 buah, bahkan hingga 200 buah terutama pada pohon yang tua. Tiap rongga buah terdapat 2 sampai 6 biji atau lebih.

Durio zibethinus merupakan spesies durian yang paling banyak berkembang dan menjadi komoditas komersial. Tanaman ini memiliki banyak variasi nama lokal seperti kadu, thurian, drien, duren, dan lain-lain. Indonesia merupakan satu dari delapan pusat keanekaragaman genetik tanaman  dunia  terutama untuk buah tropis seperti durian.

Dilansir dari Republika.co.id, Durian Indonesia diperkenalkan di Pameran Produk Pertanian Kerja Sama Internasional Prakarsa Sabuk dan Jalan (BRAC) di Luoyang, Ibu Kota China kuno. Biasanya dalam ajang sejenis di China, Indonesia hanya mengandalkan kopi, sarang burung walet, dan manggis.

Namun dalam pameran yang digelar di kota sejarah di Provinsi Henan pada 15-17 Oktober itu dihadirkan pula buah durian dari Indonesia. Bahkan Wakil Duta Besar RI untuk China Dino R Kusnadi dan Atase Perdagangan Kedutaan Besar RI di Beijing Marina N Anggraini turut pula mempresentasikan kelezatan durian Indonesia.

Dalam dua tahun terakhir durian Musang King asal Malaysia mendominasi pasar buah impor di China. Sebelumnya, pasar durian sempat dikuasai durian Montong dari Thailand.

Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China. Stan Indonesia mendapat sambutan yang luar biasa dibanding stan negara lain. Di sana selain ada durian, ada juga biji kopi, kopi kemasan, dan sarang burung walet yang berpotensi untuk diekspor ke Henan.

Produk-produk UMKM seperti makanan dan minuman dalam kemasan, permen, dan puding, menambah daya tarik stan Indonesia sehingga diharapkan dapat membuka peluang kerja sama lebih lanjut dengan daerah itu.

Selain melakukan pertemuan dengan Wakil Wali Kota Luoyang Wang Jun, Dino juga bertemu para pejabat dan akademisi pertanian dari Provinsi Henan guna membahas berbagai kerja sama di bidang perdagangan barang, jasa, dan investasi serta pengembangan teknologi pertanian modern.

“Inti pokok dari pertemuan tersebut adalah produk pertanian dan suplai alat pertanian modern bagi kedua pihak dapat saling melengkapi. Masih banyak produk pertanian Indonesia yang belum secara langsung masuk ke Henan sehingga berpotensi bisa tumbuh,” kata Dino.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Unik

Musik Klasik Memberikan Stimulasi Untuk Tingkatkan Daya Ingat

Published

on

Musik Klasik Memberikan Stimulasi Untuk Tingkatkan Daya Ingat

Musik Klasik memang bukan sembarang audio. Musik-musik seperti milik Mozart, Copin, dan Schubert itu mungkin sangat membosankan bagi sebagian orang yang lebih suka lagu pop ataupun rock.

Para peneliti menemukan bahwa musik mengaktifkan otak, menyebabkan seluruh wilayah berkomunikasi.

Dengan mendengarkan soundtrack pribadi, jaringan visual, jaringan arti-penting, jaringan eksekutif dan pasangan jaringan cerebellar dan corticocerebellar semuanya menunjukkan konektivitas fungsional yang secara signifikan lebih tinggi.

“Ini adalah bukti objektif dari pencitraan otak yang menunjukkan musik pribadi berarti adalah rute alternatif untuk berkomunikasi dengan pasien yang memiliki penyakit Alzheimer,” kata Norman Foster, MD, Direktur Pusat Perawatan Alzheimer di U of U Health 

Menurut Reader’s Digest, musik klasik dapat membantu jantung kita untuk bekerja lebih tenang, dan memulihkan stres pada tubuh kita.

selain itu, dapat membantu juga kamu untuk mengurangi rasa gelisah. Karena mendengarkan musik klasik dapat menurunkan kadar darah dalam tubuh.

Tak hanya akan menjadi lebih tenang, kemampuan otak juga akan meningkat.

Sebuah studi pada tahun 2001 mengatakan seseorang yang mendengarkan Mozart selama 10 menit, mengalami peningkatan nilai IQ mereka.

Penyebab Hal tersebut ialah karena adanya peningkatan pemahaman kognitif.

Selain meningkatnya pemahaman, dapat juga mempertajam memori otak.

Sebuah studi dari Learning and Individual Differences melakukan penelitian terhadap sebuah dua grup siswa dalam kelas.

dari Salah satu grup tersebut mendengarkan musik klasik selama kurang lebih 1 jam.

Setelah 1 jam kemudian, hasil studi menunjukkan bahwa grup yang mendengarkan aktivitas tersebut mendapatkan nilai lebih tinggi.

Jadi, hasil tersebut membuktikan bahwa belajar dengan mendengarkan audio klasik membantu menajamkan ingatan.

Musik klasik pun dapat membuat manusia untuk lebih produktif lagi. meningkatkan akurasi, produktivitas, dan kepuasan bekerja. Jadi sambil bekerja, bisa mendengarkan musik klasik akan meningkatkan produktivitas anda.

Continue Reading

Unik

Potret 6 HP jadul yang Membawa Kenangan dan Nostalgia

Published

on

Potret 7 HP jadul ini Membawa Kenangan Nostalgia
Sumber Foto : Story fun/ ilustrasi foto hp jadul tahun 2000an

Sejak awal kemunculannya, HP selalu jadi primadona dan menjadi bagian dari kehidupan manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi.

Pada akhir tahun 90an hingga pertengahan 2000an. pengguna HP banyak mengenal berbagai fitur, dari beragam bentuk HP yang sangat unik.

Bentuk yang unik dari beberapa HP jadul ini mungkin akan membuat generasi saat ini belum sempat merasakan dan melihat bentuknya yang kurang lumrah.

Bahkan beberapa di antaranya punya bentuk yang seakan nggak masuk akal. Penasaran seunik apa bentuknya?

berikut 6 potret HP jadul yang Membawa Kenangan Nostalgia pada tahun 2000an

1. Sony Ericsson T10

HP Sony Ericsson keluaran 1999 ini menjadi yang paling populer pada masanya. dengan memiliki pelindung keypad yang dapat diflip, dan antena ericsson T10 masuk dalam urutan pertama HP Jadul.

2. Nokia 3210

Dengan bentuk yang padat dalam genggaman ponsel jadul ini menjadi cikal bakal pertama kali produk Nokia yang paling laku kala itu. Hp yang rilis pertama kali tahun 1999 ini menjadi pelopor Nokia untuk generasi keluaran berikutnya.

3. Motorola Accomplis 009

Ponsel tahun 2001 ini juga mengusung layar CSTN dengan resolusi 240 x 160 pixels. Fitur lainnya yang ada pada Motorola Accomplis 009 ini yakni game, jam, dan alarm.

4. Nokia 5510

Penyempurnaan Produk Nokia 5510 yang rilis pada tahun 2001 akhirnya memiliki terobosan keypad QWERTY yang memiliki tambahan MP3 recorder dan radio FM. selain bentuk yang unik Ponsel ini sudah termasuk keren pada tahun tersebut.

5. Nokia N-Gage

Para pecinta Games juga pasti ingat kalau Nokia N-Gage yang rilis pada tahun 2003 sudah menjadi idaman para gamers, selain bentuk penyempurnaan fitur yang polyphonic membuat HP Jadul ini terlihat keren.

6. Siemens M 55

Ponsel keluaran tahun 2003 yang memberi warna dan pilihan dalam bergaya, Siemens M55. Ponsel ini merupakan pengembangan seri A55 dengan ukuran lebih kecil dan layar lebih lebar.

Continue Reading

Unik

4 Negara Eropa Penghasil Keju Terbesar di Dunia

Published

on

4 Negara Eropa Penghasil Keju Terbesar di Dunia

Keju adalah salah satu makanan olahan yang bahan baku terbuat dari susu. Keju menjadi produk makanan yang menarik. Tidak hanya di dunia, salah satu nya asia seperti Negara Indonesia.

Sering kali kita jumpai restoran-restoran yang menggunakan keju sebagai bahan masakan untuk produknya.

Ada banyak makanan menarik dengan varian keju, sebut saja roti keju, wafer keju, pizza dan masih banyak lagi.
Sejak zaman dahulu orang-orang sudah menyukai keju.

Saat ini beberapa negara telah memproduksi keju dan menjualnya ke pasar internasional. Berikut adalah negara-negara Eropa produsen keju terbesar dunia.

1. Italia

Bukan hal yang aneh bila Italia merupakan salah satu negara penghasil keju terbaik mengingat makanan khas ini berasal dari sana.

Negara ini memiliki beraneka ragam keju seperti pecorino, keju biru, keju pedas, keju Sardinia atau casu marzu (termasuk keju ilegal karena dibuat dari belatung hidup), serta keju tradisional.

2. Belanda

Negeri kincir angin ini termasuk negara penghasil keju terbaik. Di Belanda, wisatawan bisa mendapatkan keju di Pasar Keju Alkmar, Waagplein Square. Di sana wisatawan bisa menemukan semua jenis keju termasuk Edam dan Gouda.

3. Jerman

jerman adalah benua Eropa yang paling banyak menghasilkan produk keju dan menduduki posisi kedua sebagai negara penghasil keju terbesar pada tahun 2018

dan menghasilkan 2.047.453 metrik keju pertahunnya. Jerman memproduksi banyak jenis keju seperti Allgauer Bergkase, Butterkase, Combozola, Tilsit, dan Zeigel.

4. Perancis

Perancis menjadi negara ketiga penghasil keju terbesar dunia. Pertahunnya negara ini dapat menghasilkan 1.942.375 metrik ton keju.

Prancis terkenal sebagai negara yang memiliki banyak jenis keju, ada 1000 jenis keju yang dapat ditemui jika berkunjung ke negara Perancis.

Kota penghasil keju terbesar berada pada bagian utara, Pas De Calais, Normandia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING