Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China
Connect with us

Unik

Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China

Published

on

Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China

GenciL News- Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China. Buah dengan julukan “The King of Fruits” ini termasuk dalam famili Bombaccaceae dan banyak ditemukan di daerah tropis. Tiap pohon durian dapat menghasilkan 80 sampai 100 buah, bahkan hingga 200 buah terutama pada pohon yang tua. Tiap rongga buah terdapat 2 sampai 6 biji atau lebih.

Durio zibethinus merupakan spesies durian yang paling banyak berkembang dan menjadi komoditas komersial. Tanaman ini memiliki banyak variasi nama lokal seperti kadu, thurian, drien, duren, dan lain-lain. Indonesia merupakan satu dari delapan pusat keanekaragaman genetik tanaman  dunia  terutama untuk buah tropis seperti durian.

Dilansir dari Republika.co.id, Durian Indonesia diperkenalkan di Pameran Produk Pertanian Kerja Sama Internasional Prakarsa Sabuk dan Jalan (BRAC) di Luoyang, Ibu Kota China kuno. Biasanya dalam ajang sejenis di China, Indonesia hanya mengandalkan kopi, sarang burung walet, dan manggis.

Namun dalam pameran yang digelar di kota sejarah di Provinsi Henan pada 15-17 Oktober itu dihadirkan pula buah durian dari Indonesia. Bahkan Wakil Duta Besar RI untuk China Dino R Kusnadi dan Atase Perdagangan Kedutaan Besar RI di Beijing Marina N Anggraini turut pula mempresentasikan kelezatan durian Indonesia.

Dalam dua tahun terakhir durian Musang King asal Malaysia mendominasi pasar buah impor di China. Sebelumnya, pasar durian sempat dikuasai durian Montong dari Thailand.

Pertama kalinya durian Indonesia dipamerkan di Luoyang China. Stan Indonesia mendapat sambutan yang luar biasa dibanding stan negara lain. Di sana selain ada durian, ada juga biji kopi, kopi kemasan, dan sarang burung walet yang berpotensi untuk diekspor ke Henan.

Produk-produk UMKM seperti makanan dan minuman dalam kemasan, permen, dan puding, menambah daya tarik stan Indonesia sehingga diharapkan dapat membuka peluang kerja sama lebih lanjut dengan daerah itu.

Selain melakukan pertemuan dengan Wakil Wali Kota Luoyang Wang Jun, Dino juga bertemu para pejabat dan akademisi pertanian dari Provinsi Henan guna membahas berbagai kerja sama di bidang perdagangan barang, jasa, dan investasi serta pengembangan teknologi pertanian modern.

“Inti pokok dari pertemuan tersebut adalah produk pertanian dan suplai alat pertanian modern bagi kedua pihak dapat saling melengkapi. Masih banyak produk pertanian Indonesia yang belum secara langsung masuk ke Henan sehingga berpotensi bisa tumbuh,” kata Dino.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Unik

6 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Asia

Published

on

6 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Asia

Gencil News-6 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Asia. Perpustakan bukan hanya sebagai tempat yang bisa menyimpan buku. Namun perpustakaan menjadi salah satu bukti kecintaan masyarakat terhadap literasi di suatu tempat tertentu.

Dari perpustakaan maka manusia bisa mendapatkan banyak informasi dari beragam buku yang bisa dibaca. Tidak hanya itu, perpustakaan juga dipercaya untuk menyimpan sejumlah naskah-naskah sejarah yang bisa menjadi bahan pembelajaran.

Di berbagai dunia ini terdapat sejumlah perpustakaan terbesar di dunia yang mungkin belum diketahui banyak orang. 6 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Asia. Tidak tanggung-tanggung perpustakaan ini menyimpan jutaan jurnal dan buku.

Dikutip dari laman World Atlas, berikut ini daftar perpustakaan terbesar yang ada di dunia.

1. Russian State Library

foto files : Russia Beyond

Perpustakaan ini masuk dalam salah satu perpustakaan terbesar di dunia bukan karena tempatnya yang besar. Melainkan, perpustakaan ini juga menyimpan 17 juta buku, 13 juta jurnal serta 150 ribu maps. Perpustakaan ini sendiri terletak di pusat kota Moscow.

2. Library of the US Congress

foto files : pixabay/MonicaVolpin

Perpustakaan terbesar kedua di dunia ini terletak di Washington DC. Di perpustakaan ini memiliki materi penelitian di dunia denga 450 bahasa. Telah berdiri sejak 1800, perpustakaan ini juga dibuka untuk publik guna keperluan tour.

3. Library and Archives, Kanada

Foto files : ttglibrary.com/ Library in the National Art Gallery – Victoria and Albert Museum

Kanada juga diklaim sebagai salah satu negara yang memiliki perpustakaan terbesar di dunia, berlokasi di jalan Wellington 395, Ottawa, perpustakaan tersebut bisa diakses oleh sejumlah masyarakat. Perpustakaan ini sendiri memiliki koleksi sekira 24 juta buku, 24 juta foto, serta majalah original.

4. New York Public Library

foto files : istimewa

Inilah perpustakaan paling terkenal di dunia. karena perpustakaan ini memiliki sekurangnya 53 juta item yang terdiri dari buku, rekaman musik, album sampai publikasi lainnya. Perpustakaan ini sendiri juga memiliki empat perpustakana riset dan cabang perpustakaan lainnya.

5. British Library

Foto Files : dailymail.co.uk

Inilah perpustakaan terbesar yang ada di dunia. Terletak di Inggris dengan koleksi mencapai 170 juta buku, naskah, majalah, rekaman musik dan database. Perpustakaan ini sudah berdiri sejak 1973.

6. The National Library of China

Files Foto : saporedicina

Sebagai perpustakaan terbesar di Cina, The National Library of China memiliki banyak koleksi kuno yang sangat menarik. Dari 35,1 juta koleksinya terdapat buku-buku kuno, tulang belulang peramal, barang dari dinasti Shang, hingga manuskrip Budha dari abad ke-6.

Continue Reading

Unik

Jangan Sampai Salah, Ini perbedaan Tofu dan Tahu

Published

on

Jangan Sampai Salah, Ini perbedaan Tofu dan Tahu
sumber foto dari tofutoday - what is tofu made of and how

Tidak banyak yang paham bahwa tahu dan tofu adalah jenis olahan kedelai yang berbeda. Sekilas memang tampak mirip karena sama-sama seperti tahu. Tofu bahkan menjadi istilah Bahasa Inggris untuk semua jenis tahu.

Namun, Perbedaan tekstur kandungan air yang cukup jauh bisa membuat perbedaan antara kedua bahan makanan tersebut. sehingga karakter kedua makanan ini sudah tentu berbeda.

Tofu

1. Tampilan dan tekstur

Tofu memiliki tampilan lebih halus, tidak terlihat kasar seperti tahu dan bertekstur lebih lembut saat anda makan.

Tofu lebih licin saat anda pegang. Bahkan makanan ini cenderung lebih mudah hancur ketimbang tahu. dan makanan yang berasal dari bahan dasar kacang kedelai ini biasa nya lebih terkenal dengan sebutan tahu sutra.

2. Cara membuat

Ternyata alasan utama banyaknya perbedaan antara kedua makanan ini ialah terletak dari bahan penggumpal tofu.

Tofu menggunakan bahan penggumpal yaitu Glucono Delta Lactone (GDL) dengan porsi sedikit pada susu kedelai Sebelum proses masak, cairan susu kedelai juga harus ada proses penyaringan, tidak seperti tahu.

Tahu

1. Tampilan dan tekstur

Tahu memiliki tekstur permukaan yang lebih kasar meskipun tetap mudah hancur.

makanan olahan ini juga terasa lebih bertekstur dibandingkan tofu yang lembut dan lunak.

karena kandungan air dalam tahu lebih sedikit jika kita bandingkan dengan tofu.

Bahkan, tahu juga tidak licin di tangan karena kulitnya yang agak kasar.

2. Cara membuat

Tahu tidak menggunakan bahan penggumpal khusus untuk membuatnya padat dan keras.

Setelah dimasak, tahu akan diperas dari airnya, dan dicetak dalam kain serta ditahan dengan pemberat agar airnya keluar.

Karena tidak disaring sebelum dimasak, tahu terasa lebih padat dibandingkan tofu.

Continue Reading

Unik

Tanaman Monstera Memikat Hati Masyarakat Ditengah Pandemi

Published

on

By

Tanaman Monstera Memikat Hati Masyarakat Ditengah Pandemi

Monstera akhir-akhir ini memikat hati masyarakat, Tanaman hias ini sedang ramai diperbincangkan. Bahkan bagi pecinta tanaman rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan tanaman monstera yang tengah viral ini.

Di Indonesia, sebutan “janda bolong” alias “Janbol” bahkan lebih populer dengan Monstera. Para pegiat daur ulang plastik di negeri ini pun sedang ramai-ramai mengkreasi imitasinya dari plastik dan menonjolkan daunnya yang bolong dan banyak orang bangga memilikinya.

Padahal monstera sendiri merupakan tanaman rambat yang berasal dari hutan rimba yang terletak di wilayah Meksiko dan Guatemala. Namun dengan bentuk daun yang unik dan warna hijau mengilap yang ditampilkannya, nggak bisa dipungkiri bahwa monstera memang mampu mendatangkan atmosfer kesejukkan hutan tropis ke dalam ruangan

Sebelum memutuskan menghias rumahmu dengan tanaman hias monstera, ada baiknya untuk mengetahui karakteristik, cara perawatan, dan bahaya yang dimiliki monstera di bawah ini!

  • Daun berlubang jadi karakter khas tanaman hias monstera

Monstera memiliki ukuran daun yang besar dan berbentuk hati. Warnanya hijau pekat dan permukaannya mengilap. Namun yang membuat monstera semakin menarik hati adalah lubang-lubang yang ada pada helai daunnya yang menjari.

Para peneliti berspekulasi bahwa lubang-lubang tersebut terbentuk karena monstera mengalami preforasi (proses  pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens.

  • Simbol kesejahteraan dan umur panjang

Monstera yang merupakan tanaman merambat dapat tumbuh pesat secara vertikal. Akar-akar yang tumbuh di sekitar batangnya (clinging root) juga memungkinkan monstera untuk bertumpu pada pohon dan medium lain.

Alasan inilah yang membuat kepercayaan tradisional Tiongkok menyakini bahwa monstera adalah simbol kemakmuran, kesehatan, dan penghormatan terhadap orang tua dan leluhur.

Selain beberapa ciri diatas tanaman monstera Bisa dijadikan investasi. Nah, ini yang menarik. Siapa sangka, Monstera adalah tanaman yang bisa dijadikan investasi lho karena harganya yang cukup tinggi saat ini. Jika kamu mempunyai tanaman ini di rumah, bisa kamu kembangbiakkan dan dijual. Tenang saja, banyak kok penggemar tanaman ini yang sedang memburunya. 

Continue Reading

TRENDING