Tanaman Monstera Memikat Hati Masyarakat Ditengah Pandemi
Connect with us

Unik

Tanaman Monstera Memikat Hati Masyarakat Ditengah Pandemi

Published

on

Tanaman Monstera Memikat Hati Masyarakat Ditengah Pandemi
Loading...

Monstera akhir-akhir ini memikat hati masyarakat, Tanaman hias ini sedang ramai diperbincangkan. Bahkan bagi pecinta tanaman rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan tanaman monstera yang tengah viral ini.

Di Indonesia, sebutan “janda bolong” alias “Janbol” bahkan lebih populer dengan Monstera. Para pegiat daur ulang plastik di negeri ini pun sedang ramai-ramai mengkreasi imitasinya dari plastik dan menonjolkan daunnya yang bolong dan banyak orang bangga memilikinya.

Padahal monstera sendiri merupakan tanaman rambat yang berasal dari hutan rimba yang terletak di wilayah Meksiko dan Guatemala. Namun dengan bentuk daun yang unik dan warna hijau mengilap yang ditampilkannya, nggak bisa dipungkiri bahwa monstera memang mampu mendatangkan atmosfer kesejukkan hutan tropis ke dalam ruangan

Sebelum memutuskan menghias rumahmu dengan tanaman hias monstera, ada baiknya untuk mengetahui karakteristik, cara perawatan, dan bahaya yang dimiliki monstera di bawah ini!

  • Daun berlubang jadi karakter khas tanaman hias monstera

Monstera memiliki ukuran daun yang besar dan berbentuk hati. Warnanya hijau pekat dan permukaannya mengilap. Namun yang membuat monstera semakin menarik hati adalah lubang-lubang yang ada pada helai daunnya yang menjari.

Para peneliti berspekulasi bahwa lubang-lubang tersebut terbentuk karena monstera mengalami preforasi (proses  pelubangan akibat tetesan air) yang cukup intens.

  • Simbol kesejahteraan dan umur panjang

Monstera yang merupakan tanaman merambat dapat tumbuh pesat secara vertikal. Akar-akar yang tumbuh di sekitar batangnya (clinging root) juga memungkinkan monstera untuk bertumpu pada pohon dan medium lain.

Alasan inilah yang membuat kepercayaan tradisional Tiongkok menyakini bahwa monstera adalah simbol kemakmuran, kesehatan, dan penghormatan terhadap orang tua dan leluhur.

Selain beberapa ciri diatas tanaman monstera Bisa dijadikan investasi. Nah, ini yang menarik. Siapa sangka, Monstera adalah tanaman yang bisa dijadikan investasi lho karena harganya yang cukup tinggi saat ini. Jika kamu mempunyai tanaman ini di rumah, bisa kamu kembangbiakkan dan dijual. Tenang saja, banyak kok penggemar tanaman ini yang sedang memburunya. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Unik

Lithops Batu Hidup Berbunga yang Tumbuh Alami di Afrika Selatan

Published

on

Lithops Batu Hidup Berbunga yang Tumbuh Alami di Afrika Selatan
Foto: Lithops/ World Travelling
Loading...

Gencil News- Batu hidup berbunga? Pernah mendengar ada nama batu namun ternyata tumbuhan! Lithops adalah sebuah genus dari tanaman sukulenAizoaceae. 

Tanaman ini biasanya tumbuh alami pada sekitar Namibia dan Afrika Selatan, dari area pantai sampai ke pegunungan tinggi.

Sekilas memang penampakannya secara fisik tanaman ini seperti batu, Namun bisa berbunga cantik.

Foto : Lithops/ World of Succulent

Kata lithops berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu lithos yang berarti batu dan ops yang berarti wajah. Tanaman tersebut juga populer dengan sebutan batu hidup. Penampakan tanaman yang satu ini terdiri atas sepasang atau lebih umbi.

Selanjutnya, Daun tumbuhan ini akan saling berhadapan dan tumbuh bunga atau daun baru dari sela keduanya. Daun lithops biasanya akan terkubur dalam bawah tanah. Ketika tumbuh daun baru, daun tuanya akan mongering.

Selain itu, Bunga lithops biasanya berwarna kuning atau putih dengan aroma harum yang “manis”. Ketika berbuah, buah lithops memiliki bentuk yang menyerupai kapsul kering.

Kapsul inilah yang nantinya akan terbuka jika buahnya basah, lalu kembali menutup saat sudah kering.

Jika anda termasuk dalam yang enang dan gemar merawat tanaman unik seperti lithops, Maka harus memperhatikan cara perawatannya.

Karena memiliki habitat pada daerah dataran Afrika, salah satu cara merawat batu hidup adalah memastikan sinar matahari yang cukup.

Idealnya, tanaman unik ini membutuhkan minimal 3-4 jam sinar matahari langsung dalam satu hari.

Setelah itu, bawa kembalikan lithops ke dalam rumah yang teduh. Sebab, terlalu lama meletakannya di bawah sinar matahari, lithops akan mudah hangus atau kering.

Tanaman ini beradaptasi sempurna pada lingkungan yang kering khas Afrika. Di alam liar, batu hidup secara ‘mandiri’ menggali air ke dalam tanah terdalam saat musim kemarau.



Continue Reading

Unik

Inggris Gelar Permainan Sepak Bola di Sungai

Published

on

By

Inggris Gelar Permainan Sepak Bola di Sungai
Loading...

Gencil News – VOA – Siapapun tahu bahwa sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer di Inggris. Negara itu bahkan memiliki klub-klub sepak bola ternama di dunia. Namun tak banyak yang tahu bahwa olahraga yang satu ini juga dilangsungkan di sungai.

Desa Cotswold adalah salah satu desa terindah di Inggris. Namun akhir Agustus lalu, desa itu menjadi pusat perhatian bukan karena keindahannya, melainkan karena pertandingan sepak bolanya yang terkenal dan dijuluki Bourton-on-the-Water.

Di desa ini, tepatnya di Sungai Windrush, berlangsung pertandingan sepak bola yang tidak biasanya. Para pemain mengejar, menggiring, menendang dan menggolkan bola di atas sungai yang airnya dangkal, sekitar pergelangan kaki.

Kedua tim yang bertanding memang bukan dari klub sepak bola terkenal. Mereka adalah para anggota tim sepak bola setempat yang menamakan diri mereka klub Bourton Rovers.

Pesepakbola Bourton Rovers berebut bola di Sungai Windrush dalam pertandingan sepak bola tradisional tahunan di desa Cotswolds, Bourton-in-the-Water, Inggris, Senin, 30 Agustus 2021. (Ben Birchall/PA via AP)
Pesepakbola Bourton Rovers berebut bola di Sungai Windrush dalam pertandingan sepak bola tradisional tahunan di desa Cotswolds, Bourton-in-the-Water, Inggris, Senin, 30 Agustus 2021. (Ben Birchall/PA via AP)

Para pemain menggunakan pakaian sepak bola lengkap, termasuk sepatu. Ratusan penonton berjejer di pinggiran sungai menyaksikan pertandingan yang dipenuhi gelak tawa itu. Pertandingan selama 30 menit itu sendiri berakhir dengan skor 1-1, tanpa disertai perpanjangan waktu atau adu penalti.

“Pertandingan ini menyenangkan dan ada banyak penontonnya,” kata ketua panitia penyelenggara Matt Winter. “Pertandingan ini membuat para pemainnya basah kuyup tapi airnya tidak terlalu dingin dan permukaan lapangannya agak tidak rata,” tambahnya.

Para pesepakbola berebut bola di Sungai Windrush dalam pertandingan sepak bola sungai tradisional tahunan di desa Cotswolds, Bourton-in-the-Water, Inggris, Senin, 30 Agustus 2021. (Ben Birchall/PA via AP)
Para pesepakbola berebut bola di Sungai Windrush dalam pertandingan sepak bola sungai tradisional tahunan di desa Cotswolds, Bourton-in-the-Water, Inggris, Senin, 30 Agustus 2021. (Ben Birchall/PA via AP)

Winter mengatakan tradisi itu dimulai sekitar 120 tahun yang lalu sewaktu sejumlah pengunjung Pub Kingsbridge di tepi sungai itu merasa bosan dan memutuskan untuk mengadakan pertandingan sepak bola dadakan di atas air.

COVID-19 telah menghadirkan tantangan dalam menjaga tradisi itu. Tahun lalu sekelompok kecil pemain tetap melangsungkan pertandingan meski hanya dua babak, yang masing-masing hanya lima menit.

Continue Reading

Unik

Uniknya Sensasi Kopi Turki yang diseduh Menggunakan Pasir

Published

on

Uniknya Sensasi Kopi Turki yang diseduh Menggunakan Pasir
Loading...

Gencil News– Minum kopi bukanlah hal yang aneh saat ini, apalagi saat ini perkembangan dalam menyajikan sensasi kopi semakin bervariatif.

Setiap tempat kini menyediakan berbagai keunikan dalam penyajian baik dengan metode variasi yang berbeda-beda.

Sebut saja salah satunya, penyajian unik dari sensasi menarik kopi turki yang penyeduhannya menggunakan pasir.

Kopi ini merupakan salah satu kopi yang sangat unik. karena menggunakan alat seduh berupa Pot. atau juga ‘cezve’ atau ‘ibrik’.

Dalam cara pengolahannya kopi khas Turki, cezve langsung ditempatkan dalam pasir terbuka sampai panas. Penggunaan pasir sebagai alat untuk memasak dan membantu temperatur dalam memasak kopi.

Uniknya Sensasi Kopi Turki yang diseduh Menggunakan Pasir (Foto: Freepik)

Pasir panas dapat menawarkan pemanasan yang lebih konsisten dan mengeluarkan rasa sensasi tersendiri melalui aromanya.

Jika ingin mencoba bisa memulainya dengan tuangkan jumlah air dan bubuk kopi yang diinginkan ke dalam ibrik.

Selanjutnya, Tempatkan ibrik dalam pasir, sedikit terendam pada bawah permukaan pasir, untuk pemanasan yang merata.

Setelah itu, Saat air mulai panas, aduk campuran dengan lembut sehingga bubuk kopi menyatu ke dalam air dan tidak ada kopi yang menggumpal.

Tunggu sampai adonan hampir mendidih dan sudah berbusa, tapi jangan sampai terlalu mendidih.

Ambil busa dari bagian atas kopi dengan lembut, lalu buang atau letakkan di gelas saji .

Setelah busa keluar dari teko kopi, tuang kopi secara perlahan ke dalam cangkir.

Biarkan kopi selama dua sampai tiga menit agar dasarnya mengendap.

Jangan sekali-kali menyaring kopi Turki karena hal itu bisa mengganggu keseimbangan cita rasa kopi yang lembut.

Continue Reading

Unik

Melihat Keunikan Masjid Education City yang Futuristik

Published

on

Melihat Keunikan Masjid Education City yang Futuristik
Loading...

Gencil News- Melihat keunikan bentuk bangunan masjid education city yang futuristik dan terdapat dalam Kompleks Fakultas Studi Islam Qatar (QFIS)

Masjid Education City terletak dalam area lembaga pendidikan tersebut dan merupakan bagian dari Education City.

Bangunan ini berada dalam sebuah kawasan mandiri seluas 14 kilometer persegi berlokasi di ar-Rayyan, Doha, Qatar.

QFIS menjadi lembaga pertama yang memadukan masjid dengan konsep arsitektur modern dan kontemporer pada kawasan Education City.

eliseo_oberti/ instagram

Masjid Education City menjadi bangunan yang khas serta destinasi utama yang menarik perhatian pengunjung, baik dalam maupun luar negeri.

Selain itu, masjid pertama yang berdesain arsitektur modern pada lingkungan sekitar Doha.

Struktur Masjid Education City yang futuristik ini tidak seperti masjid pada umumnya, dengan bentuk menyerupai cangkang kerang yang berwarna putih berkilau.

Selanjutnya, Ruangan utamanya cukup luas dengan langit-langit berbentuk cekung dan besar dan Pada langit-langit masjid ini, terdapat ratusan lubang-lubang kecil.

Lubang-lubang ini terserak acak, sehingga menyerupai kerlip bintang-bintang. Selain itu, masjid ini memiliki cahaya lampu temaram.

Dan, ada pula guratan kaligrafi besar menampilkan ayat suci Alquran. Kaligrafi ayat Alquran tampak timbul pada permukaan dalam langit-langit masjid ini.

Apalagi ada guratan kaligrafi ayat-ayat suci Alquran juga melapisi dinding yang menuju bagian utama ruang shalat.

Dok: Istimewa

Hamparan sajadah berwarna hijau tampak serasi dengan warna putih pada keseluruhan masjid ini. Ada lima pilar yang menyangga.

Masjid ini juga mampu menampung kapasistas 1.800 orang jamaah. Ruang shalat bagi jamaah laki-laki terletak pada lantai dasar, sedangkan perempuan pada lantai dua.

Bangunan futuristik ini memiliki 2 tower setinggi 90 meter pada bagian depan. Menurut laman qatar foundation, kedua tower tersebut menghadap ke arah Ka’bah di Mekah.

Masjid ini juga menjadi pusat pendidikan ajaran Islam di kota Doha.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING