Connect with us

Bisnis

Jokowi Bukukan 16 Perjanjian Kerjasama Selama Lawatan ke Abu Dhabi

Published

on

Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed, mengadakan pertemuan bilateral di Istana Qasr Al Watan, Minggu sore (12/1). (Courtesy : Setpres RI).
Dalam pertemuan bilateral di Istana Qasr Al Watan dengan Putra Mahkota Abu Dhabi yang juga Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab [PEA], Mohamed bin Zayed, Minggu sore (12/1), Presiden Jokowi menyaksikan penandatanganan kerjasama di antara delegasi Indonesia dan PEA.

GENCILNEWS – VOA Enam belas perjanjian kerjasama dalam bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan dan penanggulangan terorisme berhasil dicapai dalam lawatan Presiden Joko Widodo ke Abu Dhabi pekan lalu.

Selain 16 perjanjian itu, disepakati pula 11 perjanjian bisnis dalam bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset. Total nilai investasi yang disepakati mencapai 22,89 miliar dolar Amerika atau sekitar 314,9 triliun rupiah.

Presiden Jokowi juga ingin menjadikan Persatuan Emirat Arab PEA sebagai mitra dalam pendidikan Islam yang modern, moderat dan penuh toleran. “Hal ini sangat penting artinya bagi upaya mencegah ekstremisme dan terorisme,” ujar presiden.

Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed, mengadakan pertemuan bilateral di Istana Qasr Al Watan, Minggu sore (12/1). (Courtesy : Setpres RI).
Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed, mengadakan pertemuan bilateral di Istana Qasr Al Watan, Minggu sore (12/1). (Courtesy : Setpres RI).

Harapan serupa disampaikan Putra Mahkota Mohamed bin Zayed yang menggarisbawahi Islam sebagai agama perdamaian. “Islam tidak pernah mengajarkan terorisme. Islam selalu mengedepankan kedamaian,” tegasnya. Ia juga memuji Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, dan mengatakan “Islam di Indonesia dapat menjadi contoh Islam yang damai.”

Selain menandatangani perjanjian kerjasama, Jokowi juga melihat kemungkinan pembentukan “Indonesian Sovereign Wealth Fund,” yaitu semacam dana abadi untuk mengatur dana publik dan menginvestasikannya ke aset-aset yang luas dan beragam untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Bisnis

Kegiatan Sosial Meningkat di Tengah Pandemi

Published

on

Kegiatan Sosial Meningkat di Tengah Pandemi

GencilNews – VOA – Kegiatan Sosial Meningkat di Tengah Pandemi. Di tengah keresahan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di AS yang telah mengakibatkan lebih dari 10 juta orang kehilangan pekerjaan justru semakin banyak pula yang tergerak beramal.

Ariadne Budianto dan Dhania Iman mengajak Anda melihat berbagai bakti sosial yang dilakukan warga Amerika.

Continue Reading

Bisnis

Starr, Kisah Daerah Miskin di AS Berjuang Menghadapi Pandemi

Published

on

Starr, Kisah Daerah Miskin di AS Berjuang Menghadapi Pandemi

Gencil News – VOA – Kabupaten Starr atau sebutan lainya adalah Country merupakan salah satu kabupaten termiskin di Texas Amerika Serikat, yang memiliki populasi yang mayoritasnya warga Latin. County atau Kabupaten Starr di perbatasan Texas dan Meksiko menghadapi tantangan yang berbeda dibandingkan daerah-daerah lain yang lebih urban.

Ketika banyak pertokoan di Amerika berjuang mati-matian untuk tetap bertahan selama pandemi, usaha kecil Veronica Gonzalez justru berkembang pesat.

Akan tetapi, ia tidak menganggapnya sebagai suatu berkat. Veronica menuturkan, “Sekarang sudah jam 7 malam dan kami harus mengantarkan karangan bunga untuk pemakaman besok, dan ini menambah bisnis kami, tetapi ini bukanlah sesuatu yang harus disyukuri.”

Gonzales tinggal di perbatasan Texas, tepatnya di kota Roma yang berpopulasi kurang dari 12.000 orang. “Kami berbatasan dengan kota Miguel Aleman, Meksiko. Jaraknya sekitar 3 blok dari sini.”

Roma dan lingkungan sekitarnya di Kabupaten Starr terdampak parah oleh perebakan virus corona. Akan tetapi, kondisinya berbeda dengan banyak kabupaten lainnya di Texas. Starr, yang merupakan salah satu kabupaten termiskin di Texas, memiliki populasi yang mayoritasnya warga Latin.

Seringkali karena terpaksa, keluarga besar tinggal di bawah satu atap yang sama. Kawasan tersebut juga merupakah salah satu daerah dengan tingkat diabetes dan obesitas tertinggi di Texas, sehingga siapapun yang terinfeksi COVID-19 berisiko tinggi mengalami komplikasi.

Selama dua bulan pertama karantina wilayah di Amerika, Kabupaten Starr hampir tidak memiliki kasus infeksi Covid-19, kata Dr. Jose Vasquez, otorita kesehatan kabupaten setempat.

“Sehari-harinya, kami mendapati satu hingga tiga kasus. Ada satu masa, dari pertengahan April hingga Mei, ketika kami selama 21 hari berturut-turut tidak memiliki satu pun kasus positif di Kabupaten Starr.”

“Pada beberapa bulan pertama kami baik-baik saja. Saya rasa wabah ini baru saja meledak sekarang,” imbuh Gonzales.

Lalu, di akhir April, Texas mulai membuka kembali aktivitas perekonomiannya. Hal itu, diikuti dengan dua hari libur dan Hari Ayah, menyebabkan lonjakan kasus COVID-19 di Kabupaten Starr. Dr. Vasquez mengatakan, “Kami tentu menyadari di mana peningkatan jumlah kasus secara signifikan terjadi. Semua (itu di) acara reuni keluarga, barbekyu luar ruangan, pesta kolam renang.”

Dengan hanya satu rumah sakit dan kurang dari dua dokter untuk setiap 10 ribu warga, sistem penanganan kesehatan di Kabupaten Starr sangat kewalahan.

Pada satu titik, di bulan Juli, pejabat tinggi kabupaten setempat mengumumkan pada laman Facebooknya bahwa para dokter pada akhirnya harus memutuskan siapa yang dirawat, dan siapa yang harus pulang tanpa pertolongan.

Dr. Vasquez mengatakan bahwa hal itu tidak akan terjadi. Pemerintah negara bagian dan federal akhirnya ikut membantu. Angkatan Laut mengirimkan dua tim medisnya. Rumah sakit veteran di San Antonio – kota terbesar kedua di Texas – juga menerima pasien dari Kabupaten Starr.

Lebih dari 20 warga Kabupaten Starr meninggal dunia akibat COVID-19. Namun, angka sebenarnya lebih tinggi karena adanya keterlambatan pencatatan dokumen, kata Vasquez. “Sekarang, sayangnya, kita melihat lebih dari satu kasus kematian dalam suatu keluarga.”

Yang semakin memperberat beban rumah sakit Starr County Memorial adalah kedatangan pasien COVID-19 dari Meksiko.

“Bagi kami, setiap pasien sama pentingnya. Bagi kami, setiap nyawa pasien sama berharganya dengan yang lain.”

Veronica Gonzales pun mengungkapkan perasaannya, “Ini pengalaman yang sungguh berat.”

Veronica pun ikut berperan meringankan beban dan duka yang dirasakan mereka yang kehilangan orang-orang tercinta.

Continue Reading

Bisnis

43 Tahun Pasar Modal Indonesia Dan Geliat Indeks Harga Saham Gabungan

Published

on

Gencil News– 43 Tahun Pasar Modal Indonesia Dan Geliat Indeks Harga Saham Gabungan yang saat ini ada di indonesia tidak mematahkan semangat para investor untuk berusaha membangkit kan ekonomi pasar modal.

Dengan tema “Meningkatkan Stabilitas Pasar Modal pada Era New Normal”, Peringatan 43 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia dibuka dengan Seremoni Pembukaan Perdagangan dan dilanjutkan dengan Konferensi Pers Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Self-Regulatory Organization (SRO) pada Senin (10/8) secara semi virtual di Main Hall BEI dan via Zoom webinar.

Direktur Utama PT BEI, Inarno Djajadi menyampaikan, selama 43 tahun, pasar modal Indonesia telah melampaui capaian tiga juta investor. Pertumbuhan terpesat terjadi dalam empat tahun terakhir. Jumlah investor Indonesia tercatat sebesar 3,02 juta yang tumbuh tiga kali lipat sejak 2016.

“Satu hal yang menarik adalah adanya peningkatan jumlah investor ritel yang aktif bertransaksi saham sejak Maret 2020 meski berada dalam kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” katanya dalam sambutan acara perayaan ulang tahun 43 tahun pasar modal Indonesia.

Ke depannya, Inarno menambahkan, pasar modal selalu berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh stakeholder. BEI juga sigap menyiapkan kebijakan dan penyesuaian baru  di tengah pandemi covid-19.

Tahun 2020, ia akui adalah masa yang cukup berat. Kinerja IHSG  mengalami penurunan sebesar -18,3 persen yang dipengaruhi oleh respon pasar terhadap pandemi Covid-19. Level terendah terjadi pada tgl 24 Maret 2020 yakni di level 3.937 atau turun 37,5 persen dibandingkan penutupan tahun 2019.

Sedangkan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wim boh Santoso mengatakan pasar modal di Bursa Efek Indonesia mulai menunjukkan tanda-tanda pulih dari dampak pandemi Covid-19.

“Secara gradual di mana volatilitas yang mereda. Hal itu terlihat IHSG sudah kembali atas 5.000,” kata Wimboh dalam perayaan hari jadi Pasar Modal Indonesia yang ke-43 sejak diaktifkannya kembali oleh pemerintah, Senin, 10 Agustus 2020.

Dia mengatakan pada Jumat lalu IHSG ditutup di level 5.143,89. Angka itu menunjukkan penurun 0,11 persen secara month to date.

Sampai saat ini secara year to date nilai IHSG masih turun sebesar -18,34 persen dibandingkan posisinya pada 27 Desember 2019, yang berada di level 6.299,54 poin.

Kinerja IHSG sempat terpuruk di titik terendahnya pada 24 Maret 2020, yakni sebesar 3.937,63 terkoreksi 37 persen dari penutupan tahun lalu. Penurunan terjadi sebagai dampak dari berbagai strategi pemulihan ekonomi yang telah dan sedang dijalankan pemerintah bersama para pelaku ekonomi.

IHSG pernah berada pada level tertingginya 6.325,41 pada penutupan tanggal 14 Januari 2020.

Continue Reading

TRENDING