Skandal Korupsi Terbesar di Persepakbolaan Belgia

Skandal korupsi besar-besar menyeruak di dunia persepakbolaan Belgia setelah pihak berwenang, Rabu (10/10), menggelar 57 pengerebekan di negara itu dan kawasan Eropa lainnya sebagai bagian dari penyelidikan korupsi dan pengaturan pertandingan.

Kantor jaksa federal Belgia mengatakan, 44 penggerebekan dilakukan di berbagai penjuru Belgia, sementara 13 lainnya di Perancis, Luksemburg, Siprus, Montenegro, Serbia dan Macedonia.

Pernyataan kantor kejaksaan menyebutkan, penyelidikan selama setahun di dunia sepakbola menunjukan adanya bukti-bukti operasi keuangan ilegal yang dilakukan agen-agen olahraga dan praktik mempengaruhi pertandingan.

“Pengaturan pertandingan merusak integritas olahraga. Departemen Kehakiman mengusahakan pertandingan olahraga yang jujur adil,” kata Menteri Kehakiman Belgia, Koen Geens.

Penyelidikan tak terduga itu berlangsung hanya tiga bulan setelah tim sepakbola nasional Belgia mencapai semifinal Piala Dunia dan meraih urutan ketiga di turnamen yang diselenggarakan di Rusia itu.

Baca juga   Pebisnis Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Menurut media setempat, agen terkenal Belgia, pelatih klub Brugge Ivan Leko dan mantan pejabat klub sepakbola Anderlecht termasuk di antara mereka yang diinterogasi. [ab/uh]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.