3 Siswa Smk Berhasil Menciptakan Alat Pendeteksi Gas

Tiga pelajar asal SMK 1 Muhammadiyah Lamongan berhasil menciptakan  alat visioner yang di beri nama Si Gacor atau kepanjangan dari pendeteksi gas bocor.

alat ini bertujuan untuk dapat membantu banyak masalah yang terjadi akibat kebocoran gas.  Alat ini merupakan serangkaian  antara alat deteksi suhu dan gas dengan mikrontroler(arduino). Dari sinilah alat itu dapat  di atur secara headless supaya dapat mendeteksi suhu yang di inginkan.

Ketiga pelajar SMK, Alfina Rossi Pratama, M Solahudin Fahmi dan Kania Kurniawati menciptakan alat ini memberi waspada terhadap orang-orang agar bisa memperhatikan apabila ada kebocoran gas terutama Ibu-Ibu yang sering memasak dan melakukan kegiatan di dapur.

Alfina pun menjelaskan tentang alat tersebuh ke khalayak, di lansir Indozone.id Alfina mengatakan “Untuk mendeteksi gas, Ibu-ibu tingggal meletakkan alat kecil ini di dekat kompor, alat ini memiliki sensor suhu dan sensor gas yang di setting dengan suhu di atas 40 Derajat. Bila mendeteksi suhu di atas itu akan secara mengirimkan sinyal . Alat ini juga dapat mendeteksi gas yang mudah terbakar, seperti gas elpiji” jelas Alfina

Baca juga   Gua Bawah Air Terbesar di Dunia Ditemukan di Meksiko

Dan canggihnya alat ini bisa memberikan peringatan atau alarm langsung melalui email, twitter serta aplikasi. hal ini dilakukan agar lebih praktis dan efektif, sehingga apabila kita tidak berada di tempat lokasi kebocoran gas, kita bisa mengetahui langsung dengan melalui email dan aplikasi yang terhubung dengan alat ini.

Nah, untuk aplikasi, sudah tersedia di palystore dan di beri nama “Blynk”, jadi tinggal di download dan di hubungkan dengan alat tersebut, cukup praktis bukan.

Dalam membuat alat ini, ketiga siswa tersebut hanya menghabiskan dana  150 ribu  dan menghabiskan waktu selama seminggu untuk tahap pengerjaannya.

Dan mereka pun berharap alat ini bisa di produksi secara massal, dan di bisa digunakan oleh masyrakat.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News