Melihat Peran "Kartini" Masa Kini Melalui 6 Menteri Wanita Indonesia
Connect with us

Inspirasi

Melihat Peran “Kartini” Masa Kini Melalui 6 Menteri Wanita Indonesia

Published

on

Melihat Peran "Kartini" Masa Kini Melalui 6 Menteri Wanita Indonesia

Gencil News- Peran Kartini masa kini tidak hanya sebatas emansipasi saja, Namun juga memiliki banyak peranan dalam segala lini kehidupan.

Peran Kartini masa kini bisa terlihat dari perkembangan dan pergolakan yang masif pada tiap bidang pekerjaan dan juga rumah tangga.

Perempuan masa kini telah memainkan peran penting yang dinamis sehingga membuka peluang bagi siapa pun untuk berkarya.

Salah satunya pada dunia pemerintahan saat ini, ada 6 Menteri wanita yang masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Dengan tambahan 1 Wakil Menteri wanita dalam Kabinet Indonesia Maju maka totalnya ada 7 wanita yang berperan langsung.

Namun, kali ini kita akan melihat perkembangan Peran “Kartini” Masa Kini Melalui 6 Menteri Wanita tersebut.

Perjuangan Kartini dan perempuan-perempuan setelahnya membawa terang pada wajah perempuan Indonesia, Mereka adalah:

1. Menteri Luar Negeri: Retno LP Marsudi

2. Menteri Keuangan: Sri Mulyani

3. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya Bakar

4. Menteri Ketenagakerjaan: Ida Fauziyah

5. Menteri PPPA: Gusti Ayu Bintang Darmavati

6. Menteri Sosial : Tri Rismaharini

Keenam 6 Menteri wanita ini akan berperan langsung dalam pembangunan indonesia.

Setiap Menteri wanita tersebut memiliki peran dan kemampuan untuk menangani juga bekerja sama dalam pemerintahan indonesia.

Integritas ke-6 Menteri wanita indonesia tersebut juga patut kita acungi jempol, berperan aktif dalam pemerintahan dan rumah tangga.

Meskipun tidak mendominasi, namun perempuan juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk membantu presiden dan wakilnya untuk menjalankan tugas. 

Hari Kartini adalah sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita.

Hari ini, 21 April 2021 Kita memperingati Hari Kartini yang merupakan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Inspirasi

Cerebral Palsy Tidak Mampu Mengalahkan Semangat Bill Porter

Published

on

Cerebral Palsy Tidak Mampu Mengalahkan Semangat Bill Porter

Gencil News- Lahir dengan cacat tulang belakang dan kelumpuhan otak atau Cerebral Palsy, tidak mampu mengalahkan semangat hidup Bill Porter.

Pria kelahiran San fransisco California, Amerika Serikat pada tanggal 9 September 1932. Bill Porter terlahir dengan sebuah kekurangan fisik.

Kondisi medis yang Bill alami ialah Celebral Palsy suatu keadaan yang memiliki ketidak mampuan pengendalian otot, kekakuan, kelumpuhan dan gangguan fungsi saraf lainnya.

Selain itu, Semenjak lahir tangan kanannya tak dapat berfungsi dengan baik, serta mengalami hambatan dalam komunikasi lisan yang tidak baik.

Sehingga petugas kesehatan yang berada pada lingkungan Bill Porter menyarakan sang ibu untuk memasukan anaknya ke fasilitas kesehatan gangguan mental dan jiwa,

“The world has no hold on you. Whatever has a hold on you comes from your mind”

-Bill porter

Akan tetapi, sang ibu menolak dan bersikeras membiarkan Bill tetap berada dalam pengawasan mereka sekeluarga saja dirumah.

Sang Ibu tidak pernah hilang semangat dalam merawat dan selalu memberikan anaknya semangat setiap saat dalam kesehariannya.

Bill menerima dukungan mental yang paling besar dan penting dari keluarganya, dan inilah yang membuatnya dapat menyelesaikan sekolah menengah, dan lulus serta mendapatkan ijazah.

Seusai Lulus Sekolah Menengah, Pada tahun 1955 Bill muda mencari peruntungan dengan bekerja namun kerap kali Ia kurang beruntung dalam lingkungan kerja.

Beberapa perusahaan yang sempat menerimanya menganggap Bill Porter tidak mampu dalam mengerjakan setiap pekerjaannya.

Tak terhitung berapa kali ia menerima penolakan dan pemberhentian kerja karena kondisi medis Cerebral Palsy yang ia miliki.

Sampai pada suatu waktu, Bill Porter bertemu dengan direktur dari Watkins Incorporated, salah satu perusahaan manufaktur alat kesehatan Amerika Serikat.

Ia mencoba membujuknya agar memberikan kesempatan pekerjaan untuknya sebagai tenaga penjualan dalam perusahaan tersebut.

Sekalipun ada rasa pesimis dari Watkins Incorporated akhirnya memberikan kepercayaan kepada Bill Porter untuk bekerja sebagai salesman.

Namun, akhir bahagia mulai muncul dalam kehidupan Bill, Barang yang Ia tawarkan selalu habis terjual. Ia menunjukan bahwa Cerebral Palsy tidak mampu mengalahkan semangatnya.

Akhirnya, Pada tahun 1989 Bill Porter meraih penghargaan dari Perusahaan Watkins sebagai Salesman dengan total omset penjualan sebanyak $42.460.

Sayangnya, dalam kesempatan itu, ibunda tercinta tidak sempat melihat langsung kesuksesan puteranya karenakan ibunya telah wafat.

Continue Reading

Tokoh

Mengenang Yuri Gagarin, Ratusan Pesawat Nirawak Terangi Langit Rusia

Published

on

Mengenang Yuri Gagarin, Ratusan Pesawat Nirawak Terangi Langit Rusia
Yuri Gagarin, astronaut Rusia, orang pertama yang berhasil mengorbit Bumi pada 11 April 1962 (foto: dok).

Gencil News- VOA – Lima ratus pesawat nirawak atau drone diluncurkan di langit kota Veliky Novgorod, Rusia, Minggu malam (11/4) dalam suatu pertunjukkan spektakuler untuk memperingati 60 tahun penerbangan manusia pertama ke luar angkasa.

Ratusan pesawat nirawak itu membentuk roket yang digunakan Yuri Gagarin, yang pertama kali melakukan perjalanan ke luar angkasa pada 11 April 1962, dan juga membentuk satelit pertama di dunia “Sputnik” dan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Berbagai acara peringatan dilangsungkan di seluruh Rusia untuk memperingati hal itu.

Misi Gagarin yang berdurasi 108 menit dan membawa Rusia ke Era Antariksa itu menandai pencapaian bersejarah Uni Soviet, yang mengalahkan Amerika dalam pertarungan sengit untuk meluncurkan manusia di luar atmosfir bumi.

Bagi rakyat Uni Soviet – nama lain Rusia ketika itu – penerbangan luar angkasa Yuri Gagarin merupakan kemenangan yang signifikan. Hal ini menambah kebanggaan nasional sejak 12 April 1961, yang merupakan simbol keberanian dan kecakapan teknologi negara.

Continue Reading

Inspirasi

Berkah dan Rezeki datang Setiap Waktu Dengan Tiba-tiba

Published

on

Berkah dan Rezeki datang Setiap Waktu Dengan Tiba-tiba

Gencil News– Berkah atau rezeki akan datang setiap waktu dengan tiba-tiba, Ikhtiar dan Berdoa adalah kunci Iman yang paling sederhana.

Dengan sedekah, Allah akan menambahkan hartanya, Allah turunkan keberkahan dan gantikan hartanya dengan mendatangkan kebaikan juga rezeki yang besar. (HR. Syarh Riyadhul shalihin)

Sebagian orang beranggapan bahwa mengeluarkan harta dalam bentuk zakat, infak dan sedekah fisabilillah akan mengurangi jumlah nominal harta.

Hal ini wajar, karena sifat dasar manusia adalah pelit. Selain itu, setan selalu menggoda orang yang akan berinfak agar takut kepada kefakiran.

Setan ingin agar manusia tidak mendapat pahala dan kebaikan yang menjadi sarana masuk surga.

Allah Ta’ala berfirman:

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلا وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat buruk (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (Qs Al-Baqarah 268).

Manfaat sedekah bukan hanya dapat meringankan beban bagi yang menerimanya, melainkan juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup yang memberinya.

Allah SWT sangat memuliakan orang-orang yang bersedekah bahkan menjanjikan dan menyediakan balasan-balasan rezeki yang sangat besar.

Riwayat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman:

أَنْفِقْ يَا ابْنَ آدَمَ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

Berinfaklah wahai anak Adam, niscaya Aku berinfak kepadamu” (Muttafaq ‘Alaih).

Hadits ini sangat agung. Ia mengandung perintah untuk bersedekah dalam kebaikan dan berinfak fisabilillah. Lalu anjuran untuk bergembira dengan ganti dari kemurahan Allah Ta’ala.

Bahwa sedekah dan infak termasuk sebab utama datangnya keberkahan.

Sumber : Infaq Dakwah Center dan Merdeka

Continue Reading

Inspirasi

Renata Aryanti Sukses Meniti Karir di Facebook, Menlo Park, California

Published

on

Renata Aryanti Sukses Meniti Karir di Facebook, Menlo Park, California

Gencil News – VOA – Renata Aryanti, Diaspora asal Semarang ini adalah Direktur Engineering, Social Impact di kantor pusat Facebook, Menlo Park, California. Kesuksesannya tak lepas dari strateginya memilih karir yang tepat dan sikap kerja yang berfokus pada pengembangan diri bukan kompetisi.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING