Berkah dan Rezeki datang Setiap Waktu Dengan Tiba-tiba
Connect with us

Inspirasi

Berkah dan Rezeki datang Setiap Waktu Dengan Tiba-tiba

Published

on

Berkah dan Rezeki datang Setiap Waktu Dengan Tiba-tiba

Gencil News– Berkah atau rezeki akan datang setiap waktu dengan tiba-tiba, Ikhtiar dan Berdoa adalah kunci Iman yang paling sederhana.

Dengan sedekah, Allah akan menambahkan hartanya, Allah turunkan keberkahan dan gantikan hartanya dengan mendatangkan kebaikan juga rezeki yang besar. (HR. Syarh Riyadhul shalihin)

Sebagian orang beranggapan bahwa mengeluarkan harta dalam bentuk zakat, infak dan sedekah fisabilillah akan mengurangi jumlah nominal harta.

Hal ini wajar, karena sifat dasar manusia adalah pelit. Selain itu, setan selalu menggoda orang yang akan berinfak agar takut kepada kefakiran.

Setan ingin agar manusia tidak mendapat pahala dan kebaikan yang menjadi sarana masuk surga.

Allah Ta’ala berfirman:

الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلا وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat buruk (kikir); sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (Qs Al-Baqarah 268).

Manfaat sedekah bukan hanya dapat meringankan beban bagi yang menerimanya, melainkan juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup yang memberinya.

Allah SWT sangat memuliakan orang-orang yang bersedekah bahkan menjanjikan dan menyediakan balasan-balasan rezeki yang sangat besar.

Riwayat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman:

أَنْفِقْ يَا ابْنَ آدَمَ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

Berinfaklah wahai anak Adam, niscaya Aku berinfak kepadamu” (Muttafaq ‘Alaih).

Hadits ini sangat agung. Ia mengandung perintah untuk bersedekah dalam kebaikan dan berinfak fisabilillah. Lalu anjuran untuk bergembira dengan ganti dari kemurahan Allah Ta’ala.

Bahwa sedekah dan infak termasuk sebab utama datangnya keberkahan.

Sumber : Infaq Dakwah Center dan Merdeka

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Inspirasi

Mengenal Madinah Javed, Qoriah Wanita Asal dari Skotlandia

Published

on

Madinah Javed, Qoriah Wanita yang Berasal dari Skotlandia
Madinah Javed (Foto : Hasil Tangkap layar kanal NewHorizons)

Gencil News- Madinah Javed, adalah salah satu dari beberapa ratus qoriah dunia yang memiliki pelafalan Alquran terbaik pada tahun 2017.

Qoriah wanita asal skotlandia tersebut juga pernah meluncurkan kampanye mengenai #FemaleReciters untuk meningkatkan suara para pelafal alquran wanita.

Selain itu, Madinah Javed juga aktif dalam beberapa organisasi wanita islam yang membahas mengenai kehidupan sosial dalam bermasyarakat.

Wanita lulusan sekolah hukum dan aktivis perempuan ini selalu mengkampanyekan mengenai meningkatkan kesadaran suara wanita muslim dalam tradisi.

Qoriah adalah istilah atau sebutan untuk perempuan yang membaca Al-quran dengan lantunan yang merdu. Sedangkan untuk lelaki sebutannya Qori.

Membaca Alquran dengan suara merdu dan berirama yang dalam istilah lainnya taghanni atau tilawah bukanlah hal yang baru dalam sejarah Islam.

Pada zaman Rasulullah SAW, kegiatan semacam itu sudah dilakukan.

Sebagian ulama berpendapat, taghanni tidak sekadar membaca Alquran secara tartil, tetapi juga dengan mengamati aturan tajwid dan mempercantik suara bacaan.

Ketika Rasulullah SAW masih hidup pun, banyak qari atau pembaca Alquran yang mahir dalam bidangnya.

Di antaranya adalah Abdullah ibnu Mas’ud RA dan Abu Musa al-Asy’ari RA.

Dalam sebuah riwayat Rasulullah SAW pernah lewat ketika Abu Musa sedang membaca Alquran. Nabi pun berhenti untuk mendengarkan bacaan sahabatnya itu.

Beliau lalu bersabda, “Sungguh ia (Abu Musa) telah diberi keindahan suara sebagaimana keindahan suara keturunan Nabi Daud.” (HR Bukhari 5048, Muslim 793).

Continue Reading

Inspirasi

Rufaidah Al-Aslamiya, Perawat Kebanggaan Rasulullah

Published

on

Rufaidah Al-Aslamiya, Perawat Kebanggaan Rasulullah
Rufaidah Al-Aslamiya, Perawat Kebanggaan Rasulullah (Foto : Istimewa)

Gencil News– Rufaidah Al-Aslamiya merupakan sosok wanita yang menjadi perawat perempuan Muslim pertama, sekaligus dokter bedah pertama dalam dunia Islam.

Rufaidah Al-Aslamiya, lahir pada 570 Masehi dan tumbuh besar di Madinah, Arab Saudi. Ayahnya, Saad Al Aslami adalah seorang dokter.

Selain itu, Ia juga turut serta dalam Perang Badar sebagai perawat, serta beberapa peperangan lainnya seperti Perang Uhud, Khandaq dan Khaibar.

Pada tahun 672 masehi atau tahun kelima hijriah, perang Khandaq berkecamuk di Madinah.

Medan tempur ini mempertemukan kaum muslimin yang dipimpin oleh Nabi Muhammad dengan pasukan gabungan antara kaum kafir Quraisy Makkah dan Yahudi Bani Nadir (Al-ahzaab) yang Abu Sufyan Pimpin.

Keikutsertaannya dalam perang ini setelah meminta izin terlebih dahulu kepada Nabi Muhammad SAW.

Rufaidah Al-Aslamiya meminta izin apakah boleh ikut dalam garis belakang perang untuk mengobati para pejuang.

Nabi Muhammad SAW pun akhirnya mengizinkan dan meminta Rufaidah untuk menyiapkan tenda dan berjaga-jaga selalu dalam mengobati yang terluka.

Bahkan menurut riwayat, Atas jasanya itu, Rasulullah memberinya bagian ganimah (harta rampasan perang) sama seperti bagian laki-laki untuk Rufaidah, meskipun keterlibatannya dalam peperangan hanya sebagai perawat.

Dalam keseharian, ia membantu orang-orang sakit yang membutuhkan pertolongan. Ia juga merawat anak-anak dan membantu anak yatim, kaum difabel, dan orang miskin.

Kisah inspiratif tentang ketangguhan dan kehebatan Rufaidah dalam dunia keperawatan sealu abadi dari generasi ke generasi.

Kini, Namanya pun menjadi nama dari sebuah gedung Aga Khan University.

Continue Reading

Inspirasi

Kisah Inspiratif From Zero to Hero Yang Menginspirasi

Published

on

From Zero to Hero Yang Menginspirasi

Gencil News- Kisah Inspiratif From Zero to Hero Yang Menginspirasi. Pernahkah anda berharap dapat melakukan sesuatu yang begitu luar biasa dalam hidup Anda? Mungkin, sekarang anda sudah memiliki mimpi ‘besar’ ini dan jangan khawatir teruskan mimpi anda tersebut. keberhasilan  tidak datang dari keberuntungan, bahkan tidak keahlian atau bakat mereka, melainkan dari bekerja sangat keras dan jangan pernah menyerah.

Kisah Inspiratif From Zero to Hero Yang Menginspirasi. Agar Anda bisa berhasil, tak ada salahnya belajar dari pengalaman orang lain. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari kesalahan yang dilakukan orang tersebut sebelum sukses. Anda bisa melihat keberhasilan orang-orang di sekitar atau membaca literatur yang sudah ada dan ambil pelajarannya.

1. Kolonel Sanders- pencipta Kentucky Fried Chicken (KFC)

Anda mungkin tidak menyadarinya dengan namanya, tapi saya cukup yakin Anda terbiasa dengan wajahnya. bahwa dia mungkin salah satu ikon komersial yang paling dikenal di dunia.

Tetapi sebelum semua ketenaran yang dia dapat, Kolonel Sanders hanyalah seorang pensiunan yang tidak memiliki apa-apa selain resep ayam goreng, dan sebuah restoran yang akan hancur.

Satu-satunya hal yang membuatnya berbeda dari orang lain adalah tingkat tekadnya yang luar biasa, untuk mengubah mimpinya menjadi kenyataan di usia 60 tahun, Kolonel Sanders mencoba mempromosikan resep ayam gorengnya dengan menawarkan produk nya menggunakan mobilnya dan mengetuk setiap pintu. Anda tahu berapa kali ia di tolak? ia ditolak 1009 kali sampai akhirnya seseorang berkata ya! Dan itu adalah awal dari kekaisaran KFC terbangun.

2. Howard Schultz -CEO dari Starbucks

Terlahir dari keluarga miskin di Brooklyn, Howard Schultz adalah atlet berprestasi di masa mudanya, yang memungkinkannya kuliah di sebuah beasiswa atletik. Setelah lulus, ia bekerja sebagai salesman untuk Xerox, dan kemudian sebagai general manager untuk pembuat kopi Swedia di Hammarplast.

kala itulah ia pertama kali bersentuhan dengan kedai kopi kecil berbasis di Seattle bernama Starbucks. Dia terus bekerja untuk perusahaan tersebut dan akhirnya menjalankan bisnis tersebut melalui kopi dan mengubah Starbucks menjadi merek global seperti sekarang ini.

3. Michael Jordan

Sebagai seorang anak, Michael dipandang sebagai anak aneh yang menyukai bola basket. Dia tidak terlalu tinggi dan tidak berasal dari keluarga atletik seperti faktor utama yang harus dimiliki bintang bola basket pada masa itu, tapi dia bertekad.

Michael menemui banyak kemunduran dan kegagalan dalam olahraga basket saat itu, bahkan saat disekolah menengah, dia ditolak beberapa kali dari tim bola basket, sulit dipercaya bukan?

 tetapi akhirnya, kerja kerasnya akhirnya membuahkan hasil. Di hari pertama Michael memasuki liga, tembakan lompatannya dievaluasi sebagai “tidak cukup baik”. Dia menghabiskan musim liburnya untuk berlatih ratusan tembakan lompat setiap hari sampai sempurna.

4. Thomas Edison

Akan jadi seperti apa dunia jika Thomas Edison berhenti berusaha menemukan bola lampu?

Dia gagal 10.000 dan tidak pernah berhenti melakukan penemuan nya tersebut. sebenarnya, selama masa sekolah, ia mengalami kesulitan belajar dalam metode pengajaran tradisional dan gurunya sering mengatakan kepadanya bahwa ia “terlalu bodoh untuk belajar apa pun”.

Bahkan saat beranjak dewasa pernah beberapa kali ia bahkan dipecat dari dua pekerjaan pertamanya karena kinerja yang terlalu “tidak produktif”.

Terlepas dari kesulitan dan kegagalannya, Thomas tidak pernah berhenti mengejar mimpinya.

Dia sekarang adalah salah satu orang yang paling sukses dan berpengaruh dan menginspirasi di dunia, tidak hanya menemukan bola lampu, film, tasimeter juga fonograf.

Rahasia kesuksesan bukanlah keberuntungan atau nasib, melainkan kerja keras dan ketekunan yang dapat membantu Anda mencapai impian besar anda tidak peduli apa yang anda lakukan sekarang atau dari mana Anda berasal.

Continue Reading

Tokoh

Profil Atlet Cantik Goh Liu Ying, Pebulu Tangkis Asal Malaysia

Published

on

Profil Atlet Cantik Goh Liu Ying, Pebulu Tangkis Asal Malaysia

Gencil News- Goh Liu Ying Pebulu tangkis kelahiran Malaysia, pada 30 Mei 1989 ini adalah salah satu atlet yang tampil awet muda dan selalu fresh.

Selain itu, Goh Liu Ying telah memenangkan berbagai kejuaraan, Salah satunya seperti Olimpiade Rio de Janeiro pada tahun 2016.

Bahkan Ia juga sempat beberapa kali mendapatkan medali emas, perak, dan perunggu pada ajang SEA Games.

Dengan memiliki wajah yang cantik kerap kali atlet asal Malaysia ini mendapat tawaran untuk beberapa brand atau produk.

Dalam ajang olimpiade tokyo yang akan terselenggara pada bulan Juli mendatang Goh Liu Ying mendapat kepercayaan untuk membawa bendera Malaysia.

Atlet cantik ini tak bisa menyembunyikan kebanggaannya lantaran mendapatkan amanah tersebut.

Wanita kelahiran negeri jiran tersebut juga tercatat sudah pernah bermain di dua sektor yakni ganda putri dan ganda campuran.

Total 370 kemenangan berhasil Ia raih selama berkarir di dua sektor tersebut.

Sektor ganda campuran menjadi titik terbaik dimana Goh Liu Ying mampu menorehkan berbagai prestasi dalam karirnya.

Berpasangan dengan Chan Peng Soon, Ia kini menduduki ranking 7 dunia sektor ganda campuran.



Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING