Jerry Merryman Penemu Kalkulator Tutup Usia

Jerry Merryman Penemu Kalkulator Tutup Usia
Jerry Merryman Penemu Kalkulator Tutup Usia

Jerry Merryman Penemu Kalkulator Tutup Usia – Jerry Merryman, salah satu penemu kalkulator elektronik gengam, yang menurut mereka yang mengenalnya sebagai orang yang tidak hanya cerdas namun juga baik hati dan memiliki selera humor yang baik, telah tutup usia. Jerry meninggal dunia dalam usia 86 tahun.

Merryman wafat tanggal 27 Februari di sebuah rumah sakit di Dallas akibat komplikasi penyakit jantung dan gagal ginjal, ujar putri trinya, Kim Ikovic. Ia mengatakan Jerry telah dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember setelah mengalami komplikasi selama pembedahan untuk memasang alat pacu jantung.

Ia salah satu dari tiga orang yang dianggap sebagai penemu kalkulator genggam saat bekerja untuk perusahaan Texas Instruments yang berpusat di Dallas. Tim tersebut dipimpin oleh Jack Kilby, yang merintis jalan untuk komputer yang kita kenal sekarang dengan diciptakannya sirkuit terintegrasi yang meraih Hadiah Nobel, selain juga James Van Tassel. Purwarupa dari kalkulator yang mereka ciptakan sekarang tersimpan di Smithsonian Institution.

Baca juga   Michelle Obama akan Rilis Memoar November

“Saya meraih gelar Ph.D. di bidang ilmu pengetahuan tentang materi, dan saya mengenal ratusan ilmuwan, profesor, para pemenang Hadiah Nobel, dan lain-lain. Jerry Merryman adalah yang paling cerdas yang pernah saya jumpai. Titik. Benar-benar, sangat cerdas,” ujar Vernon Porter, mantan kolega dan sahabatnya di Texas Instrument. “Daya ingatnya luar biasa dan ia memiliki kemampuan untuk menciptakan rumus, informasi, pada hampir subyek apapun.”

Merryman lahir dekat sebuah kota kecil yaitu Hearne, di Texas Tengah, pada tanggal 17 Juni 1932. Sebelum menginjak usia 11 tahun, ia telah menjadi teknisi andalan untuk memperbaiki radio di kotanya.

“Ia berhasil mengumpulkan beberapa sen untuk nonton bioskop di siang dan sore hari dan polisi akan menghampirinya karena membutuhkan jasanya untuk …. memperbaiki radio mereka yang rusak dan Jerry harus memperbaikinya,” ujar istri Merryman, Phyllis Merryman.

Baca juga   Mengenal Sutopo Purwo Nugroho, Tetap Giat Bekerja Walaupun Lagi Sakit Kanker Paru

Ia kuliah di Texas A&M University di College Station namun tidak menamatkannya. Sebaliknya, ia bekerja untuk jurusan oseanografi dan metereologi di universitas itu dan tak lama kemudian ia pindah kerja ke sebuah anjungan minyak di Teluk Meksiko dan tugasnya adalah mengukur kekuatan angin topan. Ia mulai bekerja di Texas Instruments tahun 1963, saat ia baru berusia 30 tahun.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News