Menjaga Imunitas dan Semangat ala Andi Ridwan Ketua IPSI Kalbar
Connect with us

Tokoh

Menjaga Imunitas dan Semangat ala Andi Ridwan Ketua IPSI Kalbar

Selasa 12 oktober 2021 sekira pukul 07.30 wib, kami mendapatkan kesempatan untuk dapat ngobrol pagi dengan Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan dikediamannya. Dengan semangat, Ketua IPSI Kalbar ini menjelaskan menjaga imunitas dan semangat ala dirinya.

Published

on

Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan memiliki sejumlah tips menjaga imunitas dan semangat. Menurutnya, "cara" yang ia lakukan termasuk ampuh dan membuat dirinya tetap semangat dan sehat.

Gencil News – Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan memiliki sejumlah tips menjaga imunitas dan semangat. Menurutnya, “cara” yang ia lakukan termasuk ampuh dan membuat dirinya tetap semangat dan sehat.

“Saya, setelah sholat subuh itu minum air putih hangat dan 3-5 kurma. Setelah itu saya biasanya membaca buku-buku bernuansa islami, Jam 6 saya minum lagi air putih biasa, kemudian saya menyempatkan diri untuk jogging, ya dekat-dekat rumah saja” jelas Ridwan.

Kami pun ditunjukan beberapa koleksi buku islami dari perpustakaan pribadi Andi Ridwan. Seraya kami menanyakan, bagaimana ia bisa menyediakan waktu untuk membaca, sementara koleksi bukunya dapat dibilang banyak.

Baca juga   Mengenal Avril Haines Wanita Pertama yang Memimpin Badan Intelijen Nasional AS

“Saya itu suka membaca dari dulu, bahkan dulu ketika kecil. Apabila diminta orang tua ke warung, kan biasanya bungkusnya koran, itu saya suka membacanya. Nah, beranjak usia, saya mulai menyisihkan uang jajan dari orang tua. Tidak banyak kami diberi orang tua, tapi tetap saya sisihkan, biasanya 3-4 bulan kemudian baru jumlahnya terkumpul lumayan. Baru saya ke toko buku, dan itu belum ada rencana beli buku apa, secukupnya uang saya saja tuh” ujarnya sambil tertawa dan mulai menyeduh teh.

Untuk kegiatan membaca, ini adalah sebuah kewajiban dari orang tua Andi Ridwan, dimana orang tuanya selalu menekankan, bahwa membaca adalah jendela dunia.

Baca juga   Profil Atlet Cantik Goh Liu Ying, Pebulu Tangkis Asal Malaysia

“Jadi, bapak saya selalu bilang dan mengajarkan kepada kami. Beliau minta kepada kami untuk selalu membaca, mendengar dan mau belajar. Menurut bapak, membaca adalah jendela dunia, dengan membaca kalian bisa menguasai dunia” tambahnya.

Andi Ridwan menyempatkan diri untuk melakukan olahraga, sebelum beraktivitas. Ia menyiapkan waktu, seminggu 5 kali untuk berolahraga.

“Saya nih lagi upayakan, kalau bisa seminggu tuh full olahraga. Cuma kata temanya saya yang profesinya dokter. Dia bilang, ikuti aturan yang ada, jangan memaksakan diri, secukupnya namun terukur dan memiliki manfaat. Dan saya pun memilih untuk jalan pagi atau sore ya kurang lebih 1 jam, atau jalan ditempat saja, dirumah. ” papar Ridwan.

“Kalau menurut saya, yang namanya semangat itu akan timbul saat tubuh kita fit dan segar. Asupan oksigen bagus, kita pun dapat berfikir secara jernih. Semangat itukan energi lebih atau ekstra yang kita dapatkan secara tiba-tiba, nah itu kita manfaatkan betul-betul supaya menjadi seperti api PON atau Olimpiade, tetap menyala walaupun tertiup angin.” jelasnya

Baca juga   Rumah Sakit di Pontianak Mulai "Sesak", Wako Ingatkan Soal Prokes

Ridwan pun mengajak seluruh masyarakat, untuk tetap menjaga kesehatan, karena pada saat ini, kesehatan adalah sebuah kata kunci dari semua. Dengan tubuh yang sehat, usaha pun lancar, ekonomi membaik dan berhubungan dengan orang pun menjadi baik.

“Alhamdulillah, sekarang grafik covid-19 melandai, tapi kita waspada saja. Kita lindungi diri kita dan orang-orang terdekat kita. Dan pandemi ini mengajarkan kita untuk kuat dan memiliki tekat untuk bangkit dari keterpurukan, ayo semangat” pungkas Andi Ridwan.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tokoh

PNS Pertama di Indonesia, Ini Sosoknya

Published

on

PNS Pertama di Indonesia, Ini Sosoknya
Gusti Mas Dorojatun yang bergelar Sri Sultan Hamengkubuwono IX memiliki memiliki NIP (Nomor Induk Pegawai) 0100000001, dan mulai menjadi menjadi PNS sejak tahun 1940. 📸 twitter Humas Yogyakarta

Gencil News – Apakah anda mengetahui sosok dari PNS atau ASN pertama di Indonesia?. Kami akan mengajak anda untuk mengetahui PNS Pertama di Indonesia, yang kita kupas tuntas sosoknya.

PNS pertama di Indonesia, ternyata adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX, yang memiliki nama asli, Gusti Mas Dorojatun.

Gusti Mas Dorojatun yang bergelar Sri Sultan Hamengkubuwono IX memiliki memiliki NIP (Nomor Induk Pegawai) 0100000001, dan mulai menjadi menjadi PNS sejak tahun 1940.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX diangkat oleh A.E Manihuruk yang merupakan Kepala BKN saat itu, dan statusnya bukan PNS.

Pada tahun yang sama saat ia dinobatkan menjadi Raja Keraton Yogyakarta dan lima tahun sebelum Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Dikutip dari Tempo, dalam wawancara bersama Romo Tirun Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta . Romo menjelaskan proses Sri Sultan bisa menyandang PNS Pertama.

Baca juga   Penulis Muda Gunakan Imajinasi untuk Suarakan Muslimah Muda

“Nomor NIP itu diberikan pemerintah pusat karena sikap beliau saat jumenengan (bertahta) di tahun 1940,” ujar Romo Tirun kepada Tempo di sela syawalan Trah Hamengku Buwono di Dalem Benawan Rotowijayan Yogyakarta Minggu 16 Juni 2019.

Tirun menuturkan, saat naik tahta menjadi raja, HB IX mengeluarkan pernyataannya yang cukup fenomenal saat situasi Indonesia belum merdeka.

Dalam pidato jumenengannya tanggal 18 Maret 1940 itu, HB IX mengatakan,’Di pundak saya, ada satu tugas yang berat. Saya harus mengharmoniskan antara yang Barat dan yang Timur, tanpa yang Timur kehilangan kepribadiannya. Walaupun saya mendapatkan pendidikan Barat yang sesungguhnya, saya adalah tetap orang Jawa’.

Baca juga   Tingkatkan Kesadaran Risiko Korupsi, Pemkot Pontianak Kenalkan SPI

Lalu Sultan HB IX pun menutup pidato jumenengannya dengan menyatakan, ‘…Maka saya akan mendharmabaktikan diri saya, kepada nusa dan bangsa sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri saya’.

“Saat itu HB IX mengatakan akan mengabdi untuk republik dengan menyatakan ‘kepada nusa dan bangsa’ bukan ‘kepada negara’ karena saat itu belum merdeka,” ujar Tirun yang merupakan cucu dari Sultan HB VIII itu.

Pidato HB IX sebagai raja yang bersedia mengabdikan diri untuk nusa dan bangsa di tahun 1940 itu membuat pemerintah Indonesia mengapresiasinya dan mencatatnya sebagai pegawai pertama republik dengan memberinya nomor induk pegawai bernomor istimewa yakni 010000001 di tahun 1974.

Baca juga   Telkom Buka Lowongan Fresh Graduate Bacth 2

“Pemberian NIP untuk HB IX itu menjadi salah satu saja bentuk pengakuan pemerintah atas keistimewaan DIY, tapi sejarah seperti itu belum banyak diketahui para trah Hamengku Buwono sampai kenapa DIY sudah selayaknya mendapatkan Undang-Undang Keistimewaan,” kata Tirun.

Tirun menuturkan ia mendapatkan salinan kartu pegawai HB IX karena saat itu bertugas di Keraton untuk mengurusi dana tunjangan pensiunan janda pasca HB IX wafat. Sultan HB IX tercatat menjadi Wakil Presiden Indonesia ke 2 yang menjabat 23 Maret 1973 – 23 Maret 1978.

Continue Reading

Tokoh

Disabilitas tidak Menghalangi Stephen Hawking Menjadi Ilmuwan

Published

on

Disabilitas tidak Menghalangi Stephen Hawking Menjadi Ilmuwan
Disabilitas tidak Menghalangi Stephen Hawking Menjadi Ilmuwan (Foto: Time Magazine)

Gencil News– Menderita penyakit langka pada motor neuron dalam tubuh saat berusia 22 tahun tidak menghalangi semangat Stephen Hawking menjadi ilmuwan.

Pakar Fisika Teoritis yang lahir pada 8 Januari 1942 memiliki tingkat intelejensi yang sangat luar biasa, Kecerdasannya seperti kamus berjalan.

Hingga pada suatu waktu pada tahun 1963, Ilmuwan muda ini terdiagnosa oleh dokter mengalami Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS).

Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) atau juga Lou Gehrig’s disease merupakan penyakit yang menyerang sel saraf secara progresif.

Neuron yang mengontrol ototnya rusak sehingga ia terperangkap dalam tubuhnya sendiri, meski pikirannya tetap bebas berkelana.

Penyakit ALS ini menimbulkan kerusakan pada saraf hingga menyebabkan fungsinya hilang sama sekali. menyebabkan sulit bergerak dan sulit berbicara.

Baca juga   Permainan Teka Teki Viral Penguji Tes IQ

Akan tetapi, Stephen Hawking tidak merasa kecil hati, walaupun akhirnya ia menjadi seorang disabilitas Namu, pria pintar ini tetap meraih puncak keilmuwannya.

Akibat dari penyakitnya, Stephen Hawking harus berkomunikasi melalui suara sintetis.

Ilmuwan yang menurut teman sekolahnya memiliki IQ sejajar dengan Einstein tersebut tidak pernah memamerkan kecerdasannya.

Dalam wawancara dengan New York Times pada tahun 2012, Pewawancara bertanya berapa IQ-nya.

Ia menjawab, “Aku tidak tahu. Orang-orang yang membangga-banggakan IQ mereka adalah para pecundang.” ujarnya.

Stephen Hawking adalah orang pertama yang memaparkan teori kosmologi yang dijelaskan dengan menggabungkan teori relativitas umum dan mekanika kuantum.

Baca juga   7 Pahlawan Kemerdekaan dari Pulau Borneo

Ia adalah pendukung interpretasi multidunia teori mekanika kuantum.

Hawking juga meraih puluhan gelar kehormatan dan meraih medali kehormatan Commander of the Order of the British Empire atau CBE dari Ratu Inggris.

Kekurangan pada tubuhnya karena penyakit tidak menghalanginya berkarya dalam bidang fisika teoritis.

Continue Reading

Tokoh

Mengenal Sosok Jenderal Hoegeng Yang Banyak Disegani

Published

on

By

Mengenal Sosok Jenderal Hoegeng Yang Banyak Disegani

Gencil News- Tanggal 14 Oktober merupakan tanggal lahirnya seorang jenderal yang merupakan putra terbaik bangsa Indonesia

Jenderal tersebut adalah Hoegang Imam Santoso atau biasa dikenal dengan Jenderal Hoegeng. Ia merupakan seseorang yang banyak disegani oleh semua kalangan masyarakat dan Kepolisian Republik Indonesia

Dalam perjalanan hidupnya, Ia merupakan seorang polisi yang jujur, tegas, sederhana hingga berani. Ia hidup dengan sederhana dan pas-pasan untuk menjaga integritas sebagai Kapolri

Pada masa kepemmpinannya tiada satu pun pelaku kejahatan yang berani melawan. Akan tetapi sikapnya yang tegas dan keberaniannya malah membuatnya diberhentikan dari jabatannya oleh Presiden Soeharto

Hal ini la yang membuat tanda tanya besar pada masa jabatannya sebagai Kapolri saat itu belum berakhir

Baca juga   Gelaran Acara Ajang Penghargaan Oscar yang Ke-93

Perjalanan hidupnya, Sejak kecil Hoegang hidup dalam keluarga yang sederhana. Namun Hoegeng kecil sudah dididik menjadi pribadi yang disiplin berbagai hal.

Ia merupakan tamatan Holland Inlandsche School (HIS), Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) yang setara pendidikan menengah setingkat SMP di Pekalongan.

Setelah lulus dari MULO ia lansung melanjutkan pendidikannya ke Algemeene Middlebare School (MS) yang pendidikan setingkat SMA di Yogyakarta. Kemudian, ia melanjutkan kuliahnya di Recht Hoge School (RHS) di Batavia

Baca juga   Perjalanan Pendakwah Syekh Ali Jaber, Dari Madinah Ke Indonesia

Keberhasilan Jenderal Hoegeng Masa Kepemimpinannya

Sebelum menjabat menjadi Kapolri, Jenderal sendiri sudah terkenal dengan kejujurannya. Yang mana saat ia masih berpangkat Kompol Hoegeng saat bertugas di Medan ia bisa mengobrak abrik bandar judi

Pada masa ia menjabat menjadi Kapolri ada beberapa kasus yang cukup menyita perhatian masyarakat. Salah satunya kasus Sum Kuning.

Kasus Sum Kuning sendiri merupakan kasus pemerkosaan terhadap penjual telur, Sumaridjen yang terduga pelakunya anak-anak petinggi teras di Yogyakarta

Peristiwa ini terjadi pada 21 September 1970 menjadi pembuktian integritas sosok Kaplori Hoegeng yang berani menyidik kasus tersebut. Pada 1971, ia hampir memasuki tiga tahun masa kerjanya sebagai petinggi kepolisian. Kemudian pada Januari 1971, Ia membentuk Tim Pemeriksa Sum Kuning untuk menyelidiki siapa saja yang terlibat dalam pemerkosaan Sumaridjem.

Baca juga   Jadwal Tayang Sinetron ANJANI di Indosiar Hari Ini

Hingga akhirnya ia menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Jenderal Hoegeng sendiri meninggal dalam usianya yang ke 83 tahun sebab penyakit stroke dan jantung yang ia derita.

Polisi legendaris ini akan selalu masyarakat Indonesia kenang sebagai salah seoang putra terbaik bangsa

Continue Reading

Tokoh

Muhammad Ali Petinju Inspiratif Dari Abad 19

Published

on

Muhammad Ali Petinju Inspiratif Dari Abad 19
Muhammad Ali Petinju Inspiratif Dari Abad 19 - foto wikipedia

Muhammad Ali lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr. di Louisville, Kentucky, pada 17 Januari 1942. Ibunya bernama Odessa O’Grady Clay dan dia memiliki saudara perempuan dan empat saudara laki-laki.

Sang ayah, Cassius Marcellus Clay Senior adalah seorang pelukis papan reklame, sementara ibunya menjadi pekerja rumah tangga.

Dia meraih gelar juara dunia pertamanya pada 25 Februari 1964. Ali yang saat itu masih bernama Cassius Clay keluar sebagai pemenang atas juara kelas berat Sonny Liston.

Dia menang setelah pertandingan berjalan enam ronde dan Liston tak mampu melanjutkan pertarungan ronde ketujuh.

Ditahun ini pula, Ali memilih untuk menganut agama Islam dan resmi berganti nama dari Cassius Clay menjadi Muhammad Ali.

Oleh pemimpin Nation of Islam, Cassius diberi nama baru “Muhammad Ali”. Karena prestasinya yang hebat dan latar belakangnya sebagai seorang muslim, nama Muhammad Ali mulai mendunia.

Baca juga   Gelaran Acara Ajang Penghargaan Oscar yang Ke-93

Ia kemudian berkenalan dengan banyak orang yang memperkenalkannya dengan ajaran Islam yang sejati. Beberapa tahun kemudian ia menjadi seorang muslim sunni yang taat.

Pada tahun 1981 seorang pemuda berusia 21 tahun melakukan percobaan bunuh diri di sebuah bangunan di Los Angeles.

Ia berkata para Vietcong sedang mengejarnya, dan ia mengancam akan melompat dari jendela gedung bertingkat tersebut.

Muhammad Ali yang kebetulan berada di sekitar daerah itu mendengar kejadian ini dan segera bergegas ke sana.

 Ia lalu mendatangi polisi yang sudah berada di sana dan menawarkan diri untuk berbicara dengan pemuda itu.

Polisi melarang Ali karena ditakutkan pemuda itu membawa senjata dan bisa berbahaya bagi keselamatan Ali sendiri. Tetapi Ali tidak perduli dan mengambil resiko untuk menyelamatkan pemuda itu.

Ali kemudian naik ke bangunan tersebut dan berbicara dengan pemuda itu melalui jendela yang bersebelahan.

Baca juga   Lionel Messi Bersiap Menuju PSG dan Tinggalkan Camp Nou

Sang pemuda yang kaget melihat sang juara dunia  bagai muncul dari ‘antah berantah’ dan berbicara kepadanya. Selama 30 menit Ali berbicara kepadanya.

Si pemuda itu kemudian curhat tentang kesulitan hidupnya. Ali yang mendengar hal ini berjanji untuk membantunya. Katanya, “Kau adalah saudaraku. Aku berjanji untuk membantumu.”

Ali berhasil meyakinkan pemuda itu untuk membuka pintu bagi pasukan penyelamatnya. Pemuda itu diantar turun dan langsung masuk ke mobil Rolls Royce milik Ali.

Bahkan petinju itu menemaninya sampai ke rumah sakit. Ia juga memenuhi janjinya untuk menolong pemuda itu.

“Menyelamatkan nyawa orang lain itu jauh lebih penting bagiku daripada memenangkan kejuaraan dunia,” kata Ali saat diwawancara mengenai hal itu.

Ada satu kisah lain dimana Saat ia menjuarai olimpiade, ia memakai medali emas itu ke mana-mana. Saat berjalan-jalan di tengah kota pun ia tetap memakainya.

Suatu hari ia masuk ke sebuah restoran untuk makan, tetapi pemilik restoran menolaknya dan mengatakan, “Kami tidak melayani orang kulit hitam.”

Baca juga   7 Pahlawan Kemerdekaan dari Pulau Borneo

Ali begitu terhenyak dengan kenyataan bahwa ia dianggap pahlawan karena memenangkan Olimpiade, tetapi masih saja ditolak orang hanya karena warna kulitnya.

Cerita yang beredar mengatakan bahwa Ali kemudian membuang medali olimpiadenya itu ke sebuah sungai karena kecewa dengan perlakuan rasisme itu.

Di sepanjang hidupnya Ali kemudian menjadi aktivis persamaan hak, dan bahkan menjadi pahlawan pergerakan ini di seluruh dunia, terutama di Afrika.

Menderita gangguan pernapasan, sebuah kondisi komplikasi yang disebabkan oleh penyakit Parkinson yang dideritanya, di sebuah RS di Kota Phoenix negara bagian Arizona. pada tanggal 04 Juni 2006 Muhammad Ali menutup mata selama nya..

Ali adalah seorang yang rendah hati, tidak membeda-bedakan orang, sangat memegang teguh ajaran agama, dan sangat perduli dengan kemanusiaan.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING