PNS Pertama di Indonesia, Ini Sosoknya
Connect with us

Tokoh

PNS Pertama di Indonesia, Ini Sosoknya

Published

on

PNS Pertama di Indonesia, Ini Sosoknya
Gusti Mas Dorojatun yang bergelar Sri Sultan Hamengkubuwono IX memiliki memiliki NIP (Nomor Induk Pegawai) 0100000001, dan mulai menjadi menjadi PNS sejak tahun 1940. 📸 twitter Humas Yogyakarta

Gencil News – Apakah anda mengetahui sosok dari PNS atau ASN pertama di Indonesia?. Kami akan mengajak anda untuk mengetahui PNS Pertama di Indonesia, yang kita kupas tuntas sosoknya.

PNS pertama di Indonesia, ternyata adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX, yang memiliki nama asli, Gusti Mas Dorojatun.

Gusti Mas Dorojatun yang bergelar Sri Sultan Hamengkubuwono IX memiliki memiliki NIP (Nomor Induk Pegawai) 0100000001, dan mulai menjadi menjadi PNS sejak tahun 1940.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX diangkat oleh A.E Manihuruk yang merupakan Kepala BKN saat itu, dan statusnya bukan PNS.

Pada tahun yang sama saat ia dinobatkan menjadi Raja Keraton Yogyakarta dan lima tahun sebelum Indonesia memproklamirkan kemerdekaan.

Dikutip dari Tempo, dalam wawancara bersama Romo Tirun Penghageng Tepas Dwarapura Keraton Yogyakarta . Romo menjelaskan proses Sri Sultan bisa menyandang PNS Pertama.

Baca juga   Ilmuwan Pencetus Istilah “Pemanasan Global” Wafat

“Nomor NIP itu diberikan pemerintah pusat karena sikap beliau saat jumenengan (bertahta) di tahun 1940,” ujar Romo Tirun kepada Tempo di sela syawalan Trah Hamengku Buwono di Dalem Benawan Rotowijayan Yogyakarta Minggu 16 Juni 2019.

Tirun menuturkan, saat naik tahta menjadi raja, HB IX mengeluarkan pernyataannya yang cukup fenomenal saat situasi Indonesia belum merdeka.

Dalam pidato jumenengannya tanggal 18 Maret 1940 itu, HB IX mengatakan,’Di pundak saya, ada satu tugas yang berat. Saya harus mengharmoniskan antara yang Barat dan yang Timur, tanpa yang Timur kehilangan kepribadiannya. Walaupun saya mendapatkan pendidikan Barat yang sesungguhnya, saya adalah tetap orang Jawa’.

Baca juga   Hidup Berkualitas dengan Kanker Payudara

Lalu Sultan HB IX pun menutup pidato jumenengannya dengan menyatakan, ‘…Maka saya akan mendharmabaktikan diri saya, kepada nusa dan bangsa sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri saya’.

“Saat itu HB IX mengatakan akan mengabdi untuk republik dengan menyatakan ‘kepada nusa dan bangsa’ bukan ‘kepada negara’ karena saat itu belum merdeka,” ujar Tirun yang merupakan cucu dari Sultan HB VIII itu.

Pidato HB IX sebagai raja yang bersedia mengabdikan diri untuk nusa dan bangsa di tahun 1940 itu membuat pemerintah Indonesia mengapresiasinya dan mencatatnya sebagai pegawai pertama republik dengan memberinya nomor induk pegawai bernomor istimewa yakni 010000001 di tahun 1974.

Baca juga   Berikut Kunci Jawaban Kelas 2 SD Tema 4 Halaman 36 Sampai 41

“Pemberian NIP untuk HB IX itu menjadi salah satu saja bentuk pengakuan pemerintah atas keistimewaan DIY, tapi sejarah seperti itu belum banyak diketahui para trah Hamengku Buwono sampai kenapa DIY sudah selayaknya mendapatkan Undang-Undang Keistimewaan,” kata Tirun.

Tirun menuturkan ia mendapatkan salinan kartu pegawai HB IX karena saat itu bertugas di Keraton untuk mengurusi dana tunjangan pensiunan janda pasca HB IX wafat. Sultan HB IX tercatat menjadi Wakil Presiden Indonesia ke 2 yang menjabat 23 Maret 1973 – 23 Maret 1978.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tokoh

Muhammad Ali Petinju Inspiratif Dari Abad 19

Published

on

Muhammad Ali Petinju Inspiratif Dari Abad 19
Muhammad Ali Petinju Inspiratif Dari Abad 19 - foto wikipedia

Muhammad Ali lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr. di Louisville, Kentucky, pada 17 Januari 1942. Ibunya bernama Odessa O’Grady Clay dan dia memiliki saudara perempuan dan empat saudara laki-laki.

Sang ayah, Cassius Marcellus Clay Senior adalah seorang pelukis papan reklame, sementara ibunya menjadi pekerja rumah tangga.

Dia meraih gelar juara dunia pertamanya pada 25 Februari 1964. Ali yang saat itu masih bernama Cassius Clay keluar sebagai pemenang atas juara kelas berat Sonny Liston.

Dia menang setelah pertandingan berjalan enam ronde dan Liston tak mampu melanjutkan pertarungan ronde ketujuh.

Ditahun ini pula, Ali memilih untuk menganut agama Islam dan resmi berganti nama dari Cassius Clay menjadi Muhammad Ali.

Oleh pemimpin Nation of Islam, Cassius diberi nama baru “Muhammad Ali”. Karena prestasinya yang hebat dan latar belakangnya sebagai seorang muslim, nama Muhammad Ali mulai mendunia.

Baca juga   Sultan Aji Muhammad Idris Sultan Penyandang Nama Nuansa Islam

Ia kemudian berkenalan dengan banyak orang yang memperkenalkannya dengan ajaran Islam yang sejati. Beberapa tahun kemudian ia menjadi seorang muslim sunni yang taat.

Pada tahun 1981 seorang pemuda berusia 21 tahun melakukan percobaan bunuh diri di sebuah bangunan di Los Angeles.

Ia berkata para Vietcong sedang mengejarnya, dan ia mengancam akan melompat dari jendela gedung bertingkat tersebut.

Muhammad Ali yang kebetulan berada di sekitar daerah itu mendengar kejadian ini dan segera bergegas ke sana.

 Ia lalu mendatangi polisi yang sudah berada di sana dan menawarkan diri untuk berbicara dengan pemuda itu.

Polisi melarang Ali karena ditakutkan pemuda itu membawa senjata dan bisa berbahaya bagi keselamatan Ali sendiri. Tetapi Ali tidak perduli dan mengambil resiko untuk menyelamatkan pemuda itu.

Ali kemudian naik ke bangunan tersebut dan berbicara dengan pemuda itu melalui jendela yang bersebelahan.

Baca juga   Chuck Yeager Pilot Yang Berhasil Menembus Kecepatan Suara Meninggal

Sang pemuda yang kaget melihat sang juara dunia  bagai muncul dari ‘antah berantah’ dan berbicara kepadanya. Selama 30 menit Ali berbicara kepadanya.

Si pemuda itu kemudian curhat tentang kesulitan hidupnya. Ali yang mendengar hal ini berjanji untuk membantunya. Katanya, “Kau adalah saudaraku. Aku berjanji untuk membantumu.”

Ali berhasil meyakinkan pemuda itu untuk membuka pintu bagi pasukan penyelamatnya. Pemuda itu diantar turun dan langsung masuk ke mobil Rolls Royce milik Ali.

Bahkan petinju itu menemaninya sampai ke rumah sakit. Ia juga memenuhi janjinya untuk menolong pemuda itu.

“Menyelamatkan nyawa orang lain itu jauh lebih penting bagiku daripada memenangkan kejuaraan dunia,” kata Ali saat diwawancara mengenai hal itu.

Ada satu kisah lain dimana Saat ia menjuarai olimpiade, ia memakai medali emas itu ke mana-mana. Saat berjalan-jalan di tengah kota pun ia tetap memakainya.

Suatu hari ia masuk ke sebuah restoran untuk makan, tetapi pemilik restoran menolaknya dan mengatakan, “Kami tidak melayani orang kulit hitam.”

Baca juga   Membenahi Informasi Kesehatan

Ali begitu terhenyak dengan kenyataan bahwa ia dianggap pahlawan karena memenangkan Olimpiade, tetapi masih saja ditolak orang hanya karena warna kulitnya.

Cerita yang beredar mengatakan bahwa Ali kemudian membuang medali olimpiadenya itu ke sebuah sungai karena kecewa dengan perlakuan rasisme itu.

Di sepanjang hidupnya Ali kemudian menjadi aktivis persamaan hak, dan bahkan menjadi pahlawan pergerakan ini di seluruh dunia, terutama di Afrika.

Menderita gangguan pernapasan, sebuah kondisi komplikasi yang disebabkan oleh penyakit Parkinson yang dideritanya, di sebuah RS di Kota Phoenix negara bagian Arizona. pada tanggal 04 Juni 2006 Muhammad Ali menutup mata selama nya..

Ali adalah seorang yang rendah hati, tidak membeda-bedakan orang, sangat memegang teguh ajaran agama, dan sangat perduli dengan kemanusiaan.

Continue Reading

Tokoh

Mengenal Avril Haines Wanita Pertama yang Memimpin Badan Intelijen Nasional AS

Published

on

Mengenal Avril Haines Wanita Pertama yang Memimpin Badan Intelijen Nasional AS
Sumber Foto : istimewa/ Avril Haines

Gencil News- Mengenal sosok Avril Danica Haines adalah tokoh yang menjadi wanita pertama memimpin badan intelijen nasional As.

Ia menjadi wanita pertama AS, yang terpilih untuk mengepalai komunitas intelijen paling kuat untuk negara adidaya tersebut.

Senat AS, pada Kamis (21/1/2021) dini hari WIB, menyetujui Avril Haines (51) sebagai Direktur Intelijen Nasional AS.

lahir pada tanggal 29 Agustus 1969. Ia seorang berlatar belakang pengacara, yang lalu karirnya melesat dalam dunia intelijen.

Pada era pemerintahan Barrack Obama, Haines menduduki jabatan Wakil Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, menggantikan Antony Blinken.

Ia lalu jadi Wakil Direktur Central Intelligence Agency (CIA) Haines lahir di Manhattan, New York dari pasangan Adrian Rappin (née Adrienne Rappaport) dan Thomas Haines.

Baca juga   KUNCI GITAR Runtuh Feby Putri, Tak Perlu Khawatir Ku hanya Terluka

Ibunya seorang pelukis dan Ayahnya ahli biokimia juga profesor emeritus di City College, yang membantu mendirikan CUNY School of Medicine.

Pada tahun 1988, Haines mendaftar ke Universitas Chicago dan belajar fisika teoretis. Dalam sela-sela kuliahnya, Haines bekerja memperbaiki mesin mobil di Hyde Park.

Avril Haines pada tahun 1991 mengambil kursus tambahan sebagai penerbang, saat itulah ia bertemu dengan calon suaminya, David Davighi.

Haines akhirnya lulus kuliah bergelar Bachelor of Arts di bidang fisika pada 1992, lalu pindah ke Baltimore, Maryland.

Ia mendaftar sebagai mahasiswa doktoral di Universitas Johns Hopkins. Namun segera keluar begitu ia membeli sebuah bar di Fell’s Point, Baltimore, yang disita menyusul penggerebekan narkoba.

Baca juga   Membenahi Informasi Kesehatan

Bersama pacarnya, Haines mengubah lokasi tersebut menjadi toko buku dan kafe independen.  Dia menamai toko tersebut Adrian’s Book Café.

Dari 2003 sampai 2006, Haines bekerja di Kantor Penasihat Hukum Departemen Luar Negeri. Tugas pertamanya di di Kantor Urusan Perjanjian,  kemudian di Kantor Urusan Politik Militer.

Dari 2007 hingga 2008, Haines bekerja untuk Komite Senat Amerika Serikat untuk Hubungan Luar Negeri sebagai Wakil Ketua Penasihat untuk Senat Mayoritas Demokrat (di bawah ketua saat itu Joe Biden).

Selanjutnya Haines bekerja untuk Departemen Luar Negeri, sebagai asisten penasihat hukum untuk urusan perjanjian dari 2008 hingga 2010.

Karirnya terus menanjak, ketika 2010 ia menjadi Wakil Penasihat Presiden untuk Urusan Keamanan Nasional di Gedung Putih.

Baca juga   Contoh Soal Tes Psikotes Berserta Jawabannya

Sebagai tokoh intelijen berlatar non-intelijen, Avril Haines sempat mengundang perhatian ketika ia menduduki jabatan Wakil Direktur CIA pada 2015.

Continue Reading

Tokoh

Disabilitas tidak Menghalangi Stephen Hawking Menjadi Ilmuwan

Published

on

Disabilitas tidak Menghalangi Stephen Hawking Menjadi Ilmuwan
Disabilitas tidak Menghalangi Stephen Hawking Menjadi Ilmuwan (Foto: Time Magazine)

Gencil News– Menderita penyakit langka pada motor neuron dalam tubuh saat berusia 22 tahun tidak menghalangi semangat Stephen Hawking menjadi ilmuwan.

Pakar Fisika Teoritis yang lahir pada 8 Januari 1942 memiliki tingkat intelejensi yang sangat luar biasa, Kecerdasannya seperti kamus berjalan.

Hingga pada suatu waktu pada tahun 1963, Ilmuwan muda ini terdiagnosa oleh dokter mengalami Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS).

Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) atau juga Lou Gehrig’s disease merupakan penyakit yang menyerang sel saraf secara progresif.

Neuron yang mengontrol ototnya rusak sehingga ia terperangkap dalam tubuhnya sendiri, meski pikirannya tetap bebas berkelana.

Penyakit ALS ini menimbulkan kerusakan pada saraf hingga menyebabkan fungsinya hilang sama sekali. menyebabkan sulit bergerak dan sulit berbicara.

Baca juga   Penuhi 3 Syarat ini Supaya Tidak Gagal Dalam Melakukan Pinjol

Akan tetapi, Stephen Hawking tidak merasa kecil hati, walaupun akhirnya ia menjadi seorang disabilitas Namu, pria pintar ini tetap meraih puncak keilmuwannya.

Akibat dari penyakitnya, Stephen Hawking harus berkomunikasi melalui suara sintetis.

Ilmuwan yang menurut teman sekolahnya memiliki IQ sejajar dengan Einstein tersebut tidak pernah memamerkan kecerdasannya.

Dalam wawancara dengan New York Times pada tahun 2012, Pewawancara bertanya berapa IQ-nya.

Ia menjawab, “Aku tidak tahu. Orang-orang yang membangga-banggakan IQ mereka adalah para pecundang.” ujarnya.

Stephen Hawking adalah orang pertama yang memaparkan teori kosmologi yang dijelaskan dengan menggabungkan teori relativitas umum dan mekanika kuantum.

Baca juga   PC IPNU IPPNU Kota Pontianak Gelar Sosialisasi 4 Pilar Bersama MPR RI

Ia adalah pendukung interpretasi multidunia teori mekanika kuantum.

Hawking juga meraih puluhan gelar kehormatan dan meraih medali kehormatan Commander of the Order of the British Empire atau CBE dari Ratu Inggris.

Kekurangan pada tubuhnya karena penyakit tidak menghalanginya berkarya dalam bidang fisika teoritis.

Continue Reading

Tokoh

Kiprah Programer Penemu World Wide Web, Tim Berners-Lee

Published

on

Kiprah Programer Penemu World Wide Web, Tim Berners-Lee
Foto: Sir Tim Berners-Lee/ Wikipedia

Gencil News- Tim Berners-Lee programer sekaligus penemu World Wide Web (www) asal london, Inggris yang memiliki kontribusi luar biasa dalam dunia informasi.

Programer ternama asal London, Inggris ini menyandang rentetan gelar dalam namanya.

Pria kelahiran 8 Juni 1955 ini memiliki nama resmi ‘Sir Timothy John ‘Tim’ Berners-Lee, OM, KBE, FRS, FREng, FRSA, DFBCS’.

Rentetan gelar tersebut ia sandang atas kiprahnya di dunia ilmu pengetahuan, informasi, teknologi hingga sosial-budaya.

Tim Berners-Lee, sang ilmuwan komputer dan juga penemu situs website. (Doc: Wired)

Kiprahnya berawal ketika ia menjadi seorang ilmuwan di pusat Organisasi Penelitian Nuklir Eropa (CERN).

Saat itu, hingga tahun 1989 internet hanya bisa terakses oleh pihak-pihak tertentu saja. selain itu, cakupannya pun sempit. belum ada konsep yang mengkoneksikan banyak orang pada media internet.

Baca juga   Wajah Mirip Soeharto, Indentitasnya Terungkap

Sebagai peneliti, konsep internet yang sangat terbatas saat itu ia merasa tidak dapat membantu dalam meraih informasi yang komprehensif.

Ia pun merasa kurang puas karena satu-satunya cara untuk berkomunikasi via internet saat itu hanya terbatas pada email.

Menyadari potensi besar dalam dunia internet kala itu, Tim Benners-Lee bersama dua orang temannya Vannevar Bush dan Douglas Engelbart–pencipta mouse–mulai merintis konsep World Wide Web.

Baca juga   Penuhi 3 Syarat ini Supaya Tidak Gagal Dalam Melakukan Pinjol

Hal pertama yang mereka lakukan adalah merancang HyperText Transfer Protocol (HTTP). Bahasa program tersebut mengatur bagaimana sebuah data didistribusikan ke banyak komputer.

Setelah itu Lee pun menciptakan Hyper Text Markup Languange (HTML) sebagai pondasi sebuah laman website.

“Saya hanya mencoba mengambil gagasan Hypertext dan menghubungkannya dengan Transmission Control Protoco lalu dengan ide-ide sistem domain, dan akhirnya, ta-da! Terciptalah World Wide Web,” ungkap Lee saat diwawancari situs Achievment.org.

Meski memiliki kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan dunia teknologi, sosial dan budaya manusia, namun pria ini tak menjadikan ciptaannya tersebut sebagai lumbung keuntungan secara finansial.

Ia tidak pernah mendaftarkan hak paten dari World Wide Web. Konsep dan teknologi www bebas digunakan dan dimanfaatkan oleh siapa pun.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING