Kunci Jawaban

15 Contoh Kalimat Bioindikator Lengkap Beserta Artinya

15 Contoh Kalimat Bioindikator Lengkap Beserta Artinya

Gencil News – Bioindikator merupakan organisme atau tanda biologis yang digunakan untuk mengukur kualitas lingkungan. Keberadaan atau aktivitas bioindikator dapat memberikan informasi tentang kesehatan ekosistem, tingkat polusi, atau perubahan lingkungan secara keseluruhan.

Berikut adalah 15 contoh kalimat mengenai bioindikator beserta artinya, sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

1.            Kupu-kupu adalah bioindikator yang sangat sensitif terhadap perubahan kualitas udara. (Artinya: Kupu-kupu bisa menunjukkan perubahan kualitas udara dengan sangat sensitif.)

2.            Ikan tropis tertentu digunakan sebagai bioindikator kebersihan perairan di kawasan pesisir. (Artinya: Beberapa spesies ikan tropis digunakan untuk mengindikasikan tingkat kebersihan perairan di wilayah pesisir.)

3.            Pohon mahoni menjadi bioindikator perubahan suhu dan curah hujan di daerah pegunungan. (Artinya: Pohon mahoni menjadi petunjuk perubahan suhu dan pola hujan di wilayah pegunungan.)

Baca juga   Soal Dan Kunci Jawaban Kelas 1 Tema 3 Hal 32-36: Kegiatan Pagi Hari

4.            Kepadatan populasi serangga tertentu bisa berfungsi sebagai bioindikator tingkat kesehatan ekosistem. (Artinya: Jumlah individu serangga tertentu dapat menunjukkan seberapa sehatnya ekosistem.)

5.            Kehadiran lumut di batuan adalah bioindikator kelembapan lingkungan. (Artinya: Kehadiran lumut pada batu merupakan indikasi tingkat kelembapan lingkungan.)

6.            Karakteristik morfologi tanaman ini digunakan sebagai bioindikator kondisi tanah yang sesuai. (Artinya: Ciri fisik tanaman ini digunakan untuk mengindikasikan kondisi tanah yang cocok.)

7.            Keragaman hayati menjadi bioindikator kesehatan ekosistem di suatu wilayah. (Artinya: Tingkat keragaman hayati menjadi petunjuk kesehatan ekosistem di suatu area.)

8.            Kualitas telur burung sebagai bioindikator kesehatan reproduksi dan lingkungan. (Artinya: Kualitas telur burung menjadi tanda kesehatan reproduksi dan lingkungan.)

Baca juga   Kata "Ikoy-Ikoy" Arief Muhammad Menjadi Trending Jagat Media

9.            Kepadatan lumut air membantu sebagai bioindikator kebersihan sungai. (Artinya: Jumlah lumut air dapat membantu menunjukkan seberapa bersihnya sungai tersebut.)

10.         Bioindikator tanah ini mampu mendeteksi tingkat toksisitas logam berat. (Artinya: Organisme bioindikator di tanah dapat mendeteksi konsentrasi logam berat yang berbahaya.)

11.         Ragam jenis ikan sungai dapat berperan sebagai bioindikator kualitas habitat perairan. (Artinya: Banyaknya jenis ikan sungai dapat menjadi petunjuk tentang kualitas habitat perairan.)

12.         Kehadiran alga tertentu menjadi bioindikator tingkat keasaman dan kejernihan air. (Artinya: Alga tertentu dapat menandakan tingkat keasaman dan kejernihan air.)

13.         Serangga tertentu dianggap sebagai bioindikator adanya pencemaran tanah oleh pestisida. (Artinya: Kehadiran serangga tertentu dapat menunjukkan ada tidaknya pestisida dalam tanah.)

Baca juga   Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Pemilih Pemula di Pemilu 2024

14.         Peningkatan populasi burung pemakan serangga bisa berfungsi sebagai bioindikator ketidakseimbangan ekosistem. (Artinya: Jumlah burung pemakan serangga yang meningkat bisa menandakan ketidakseimbangan dalam ekosistem.)

15.         Pengamatan pertumbuhan lumut merupakan metode bioindikator yang sederhana namun efektif. (Artinya: Melihat pertumbuhan lumut dapat menjadi cara sederhana namun efektif sebagai bioindikator.)

Semoga contoh kalimat di atas dapat memberikan gambaran tentang berbagai organisme dan tanda biologis yang berperan sebagai bioindikator dalam mengukur kualitas lingkungan. Ingatlah bahwa penggunaan bioindikator ini sangat penting untuk pemantauan dan konservasi lingkungan agar kita dapat menjaga keberlanjutan ekosistem yang kita tinggali.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top