Kunci Jawaban

Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil, Materi Kelas 5 SD

Sistem Peredaran Darah Besar dan Kecil, Materi Kelas 5 SD

Gencil News – Sistem peredaran darah adalah salah satu sistem yang sangat penting dalam tubuh manusia.

Ini adalah jaringan pembuluh darah yang mengangkut darah ke seluruh tubuh, memastikan oksigen dan nutrisi mencapai sel-sel kita, serta membawa kembali limbah dan karbon dioksida ke organ-organ yang dapat mengeluarkannya.

Dalam pembelajaran materi sains kelas 5 SD, kita akan memahami perbedaan antara dua bagian penting dalam sistem peredaran darah: sistem peredaran darah besar dan kecil.

1. Sistem Peredaran Darah Besar

Sistem peredaran darah besar adalah bagian dari sistem peredaran darah yang bertanggung jawab mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh. Berikut adalah beberapa karakteristik utama sistem peredaran darah besar:

Baca juga   Soal Dan Kunci Jawaban UAS IPS Kelas 5 SD

Peran Jantung: Jantung adalah pusat utama dari sistem peredaran darah besar. Darah kaya oksigen dipompa keluar dari jantung melalui arteri besar yang disebut aorta.

Pembawa Oksigen: Arteri besar ini bercabang menjadi arteri-arteri yang lebih kecil dan membawa darah kaya oksigen ke berbagai organ dan jaringan tubuh.

Pembuluh Darah: Arteri besar kemudian membagi menjadi pembuluh darah yang lebih kecil lagi, yang disebut arteriol. Arteriol membawa darah ke kapiler, yaitu pembuluh darah yang sangat kecil yang memungkinkan pertukaran oksigen dan nutrisi dengan sel-sel tubuh.

Baca juga   Polisi Tangkap Selebgram @ajudan_pribadi Terkait Penipuan Senilai Rp 1,3 Miliar

2. Sistem Peredaran Darah Kecil

Sistem peredaran darah kecil adalah bagian dari sistem peredaran darah yang membawa darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Berikut adalah beberapa ciri utama sistem peredaran darah kecil:

Peran Vena: Vena adalah pembuluh darah yang membawa darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Darah yang kembali ini kaya akan karbon dioksida dan limbah.

Pembuluh Darah Menuju Jantung: Vena-vena kecil bergabung menjadi vena besar yang mengalirkan darah ke dalam atrium kanan jantung.

Ke Jantung: Dari atrium kanan, darah kemudian dipompa ke ventrikel kanan, dan selanjutnya dikeluarkan oleh jantung ke paru-paru melalui arteri pulmonalis.

Baca juga   Tanah Bumbu Diguncang Gempa Magnitudo 7,4: Tidak Berpotensi Tsunami

Pertukaran Gas: Di paru-paru, pertukaran gas terjadi, karbon dioksida dikeluarkan, dan oksigen diambil. Darah yang sudah diperbarui kembali ke atrium kiri jantung.

Dengan demikian, perbedaan utama antara sistem peredaran darah besar dan kecil adalah dalam peran dan aliran darah. Sistem peredaran darah besar membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh, sedangkan sistem peredaran darah kecil membawa darah kembali ke jantung setelah karbon dioksida dan limbah telah dihilangkan. Keduanya bekerja bersama-sama untuk menjaga tubuh kita tetap berfungsi dengan baik, memberikan oksigen dan nutrisi yang diperlukan, serta menghilangkan limbah yang tidak diperlukan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top