Konflik Rusia Ukraina

Menlu Lavrov: Rusia Ingin Rebut Lebih Banyak Teritori di Ukraina

Menlu Lavrov
Sergey Viktorovich Lavrov is a Russian diplomat and politician who has served as the Foreign Minister of Russia since 2004. 📸AP

Gencil News – VOA – Menlu Rusia Sergey Lavrov hari Rabu (20/7) mengatakan, Moskow ingin merebut lebih banyak teritori di Ukraina selatan, melampaui kawasan Donbas di mana pasukannya kini sedang bertempur dengan pasukan Ukraina untuk menguasai wilayah itu.

Rusia gagal dalam tahap-tahap dini ofensifnya yang sudah berlangsung lima bulan untuk menggulingkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy atau menguasai ibu kota Kyiv di Ukraina utara.

Namun, Lavrov mengatakan dalam wawancara baru dengan media pemerintah bahwa Rusia tidak lagi merasa mendapat perlawanan dalam bertempur di Donbas di mana separatis Rusia telah bertempur melawan pasukan Kyiv sejak 2014 ketika Rusia merebut Semenanjung Krimea.

Rusia baru-baru ini merebut kendali di provinsi Luhansk di Donbas, dan sedang berusaha merebut provinsi di sebelahnya, Donetsk.

Baca juga   Rusia Serang Sasaran di Odesa, Donbas dan Donetsk

Lavrov mengatakan kepada media pemerintah, televisi RT dan kantor berita RIA Novosti, “Kini geografinya berubah. Bukan hanya Donetsk dan Luhansk, tetapi Kherson, Zaporizhia, dan beberapa bagian wilayah lain. Proses ini berlangsung terus secara konsisten dan gigih.”

Lavrov, diplomat tertinggi Rusia, mengatakan tujuan teritorial Moskow akan semakin diperluas kalau negara-negara Barat terus memberi rudal jarak jauh kepada Kyiv.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top