Ayani Mega Mall: Mall Keluarga yang Fokus pada Pelayanan Prima

 

 

 

Pontianak merupakan salah satu kota di Indonesia yang telah berkembang dengan pesat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya fasilitas publik yang telah mendukung. Kota Pontianak telah memiliki banyak pusat perbelanjaan yang ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Pontianak yang selalu ramai dikunjungi adalah Ayani Mega Mall. Konsep yang diusung oleh Ayani Mega Mall adalah konsep mall keluarga. Ayani Mega Mall mulai resmi dibuka pada September 2005. Untuk pengembangan konsepnya sendiri, sejak sedari dulu hingga sekarang menggunakan konsep mall keluarga, namun tentunya tetap melakukan update dan upgrade sesuai dengan perkembangan zaman.

“Konsep Ayani Mega Mall menggunakan konsep mall keluarga, di dalamnya ada hiburan, ritel, restoran, fashion, toko buku, permainan keluarga. Dan hingga kini konsep yang dijalankan masih tetap, namun tetap melakukan update dan upgrade sesuai dengan life style dan kebutuhan masyarakat sekarang,” ungkap Manager TR & Promotion Ayani Mega Mall, Edy Sudarmanto.

Perubahan konsep yang dilakukan sendiri melibatkan tenant-tenant yang ada di mall. Selain itu, Ayani Mega Mall juga mengubah merek lokal menjadi produk Nasional mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat Kota Pontianak, umumnya Kalimantan Barat.

Pihak Ayani Mega Mall selalu mengevaluasi para tenant yang ada di mall. Menurut Edy jika terdapat penyewa yang kurang bagus dari sisi kemasan, maka pihak pihaknya akan mengharuskan penyewa tersebut untuk mengupgrade atau mengganti ke yang lebih baik. Semisal, jika jenis permainannya sudah kurang bagus, maka penyewa harus menggantinya dengan yang terbaru.

“Contoh jika permainannya kurang bagus maka kita minta penyewa yang bersangkutan mengganti ke yang lebih bagus,” kata Edy.

Baca juga   Berbagai Upaya Untuk Menanggulangi Tindakan Bunuh Diri

Selain itu, Ayani Mega Mall juga merenovasi sebagian sisi bangunan untuk memperbagus penampilan. Hal tersebut juga dilakukan pihaknya karena sudah seharusnya diganti karena sudah satu dekade.

“Kita ubah dari sisi penampilan gedung, kita akan upgrade ke yang lebih baik. Dan kami baru melakukan rekonstruksi satu kali setelah satu dekade,” ujarnya.

Target pengunjung yang disasar oleh Ayani Mega Mall lebih menargetkan kelas menengah ke atas. Meski demikian, semua kalangan tetap dijangkaunya.

“Sebenarnya yang kita harapkan dimana pun semua mall pasti mengharapkan menengah ke atas. Jadi kita filter pada kalangan bawah. Tapi kenyataanya semua kalangan datang berkunjung,” jelas Edy.

Maraknya mall baru yang ada di Kota Pontianak, Edy mensikapinya positif. Dia beralasan karena memang setiap mall lama tidak bisa menghalangi mall lain untuk berkembang atau berdiri.

“Adanya pesaing atau mall baru kita tak bisa menghalangi, dan kita senantiasa lebih positif dengan kehadiran mall baru,” ungkapnya.

Dalam menghadapi persaingan dan menarik masyarakt untuk berkunjung ke Ayani Mega Mall, strategi yang digunakan adalah dengan membenahi diri dengan terus memberikan pelayanan pelanggan yang prima.

Selain membenahi pelayanan pelanggan, Ayani Mega Mall juga membenahi dari sisi produk, salah satunya adalah mengupgrade merek, yakni dari merek lokal ke merek Nasional. Pihak Ayani Mega Mall juga tidak segan-segan untuk memutuskan kontrak dengan tenant yang tidak mau meng-upgrade produknya.

“Dalam gedung ini kan sewa menyewa, jika penyewa tidak bisa upgrade maka kita akan ganti dengan tenant lain,” jelas Edy.

Kegiatan marketing dan promosi, Ayani Mega Mall lebih menitik beratkan pada kegiatan event dengan mengundang artis Ibu Kota. Event yang diselenggarakan pun lebih sering dilakukan secara rutin. Dalam event tersebut biasanya dibundling dengan promo diskon produk.

Baca juga   Festival Meriam Karbit 2017 Kota Pontianak, Terlaksana Meriah

Selain event yang rutin dilakukan, Ayani Mega Mall juga menggunakan channel digital untuk kegiatan promosinya, seperti melakukan promosi secara online melalui website, Instagram dan juga Facebook.

Diakui Edy, dengan aktivitas marketing dan promosi tersebut, juga pembenahan pelayanan pelanggan, Ayani Mega Mall selalu ramai dikunjungi masyarakat. Tercatat setiap harinya pengunjung bisa mencapai 20.000 hingga 23.000 pengunjung. Dan jika ada hari besar menurut Edy akan meningkat hingga 35.000 hingga 40.000 pengunjung.

“Rata-rata 35.000 sampai 40.000 kalau pada hari besar, 20.000 – 23.000 kalau hari biasa,” ujarnya.

Dari sekian banyaknya pengunjung di Ayani Mega Mall, presentasi baik yang berbelanja, mencari hiburan, kuliner sebenarnya hampir sama. Tapi menurut Edy, jika tenant melakukan kegiatan promo, maka presentase penjualan mungkin akan lebih banyak ke tenant tersebut.

Meski sudah cukup bagus dalam hal pelayanan pelanggan, Ayani Mega Mall menyediakan kotak saran di bagian informasi. Hal ini tujuannya adalah sebagai sarana komplain baik untuk karyawan, pihak penyewa ataupun pengunjung.

“Komplain kita siapkan di meja informasi. Jadi keluhan apapun baik penyewa maupun pengunjung bisa dilakukan di sana,” jelas Edy.

Dalam mensikapi persaingan sekali lagi Ayani Mega Mall lebih mengutamakan dan fokus pada pelayanan pelanggan sehingga dapat memberikan pelayanan prima dan pengunjung menjadi puas.

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.