Pelantikan Gubernur dan Wagub Mungkin Diundur, Ini Kata PJ Gubernur Kalbar

PONTIANAK – Gubernur Kalbar terpilih, Sutarmidji memghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi pengumuman pengusulan pengesahan pengangkatan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih periode 2018 – 2024 yang dilaksanakan di gedung Paripurna kantor DPRD Provinsi Kalbar, Selasa (31/7/18). 

Sutarmidji didampingi istri datang lebih awal dari jadwal acara pukul 09.00 WIB. Sebagaimana diketahui sebelumnya, penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar oleh KPU Kalbar telah dilakukan pada Selasa (24/7/2018) malam.

Penetapan KPU Kalbar menetapkan nomor urut 3, Sutarmidji dan Ria Norsan sebagai pasangan terpilih dalam Pilkada Kalbar 2018. Hal ini berdasarkan keputusan MK dengan nomr surat KPU, 739/TY.03-SP/03/KPU/VII/2018 tanggal 23 Juli, tentang penetapan paslon terpilih tanpa permohonan perselisihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2018.

Baca juga   Midji Norsan terus Edukasi Masyarakat Pelosok

Sementara itu, menurut Penjabat (PJ) Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmaji yang diwawancari saat menghadiri Rapat Paripurna mengatakan mungkin saja pelantikan Gubernur dan Wagub Kalbar terpilih bakal diundur.

Dodi mengatakan jika sidang paripurna yang dilakukan di DPRD Kalbar merupakan proses pengadministrasian dari apa yang sudah diputus oleh KPU Provinsi. 

“Kemudian nanti diproses lebih lanjut di Presiden.

Tata caranya, harus lapor ke DPRD dan DPRD yang akan mengirimkan surat-surat secara administratif kepada Presiden melalui Mendagri,” kata Dodi.

Sebagaimana diketahui, jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur tahap pertama melalui surat edaran yakni tanggal 17 September.

“Namun saya dengar informasi berhubung ada kesibukan Presiden setelah selesai Asian Games kemungkinan ada yang diselesaikan dulu, jadi kemungkinan besar pelantikan mundur beberapa hari, kami belum memperoleh kepastian, namun kami dengar-dengar seperti itu,” jelas Dodi.

Baca juga   Pj Gubernur Kalbar Lantik Dewan Hakim MTQ Ke 27

Namun kata Dodi, semua persyaratan baik politik yang rakyat memberikan suara, lalu administratif dilembagakan KPU dan DPRD, kemudian akan disampaikan kepada Presiden melalui Mendagri, sudah memenuhi persyaratan.

“Semunya sudah memenuhi syarat, kita tunggu info selanjutnya saja,” tutupnya.

Penulis yang suka nulis