“ChiPS”, Program Satpol PP Pontianak Yang Inovatif

Gencil News – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mempunyai tugas membantu kepala daerah untuk menciptakan suatu kondisi daerah yang tentram, tertib dan teratur sehingga penyelenggaraan roda pemerintahan dapat berjalan dengan lancer dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman. Dan dalam melaksanakan tugasnya Satpol PP rawan bebenturan dengan masyarakat,  terutama saat merapikan, penertiban  lapak liar-liar, dan tak jarang terjadi kerusuhan saat penertiban dilaksanakan.

Tentunya ini menjadi ironi dikarenakan Satpol PP sendiri memiliki tugas untuk menjalankan kebijakan pemerintah, yang nantinya kebijkan itu bermafaat juga untuk masyarakat. Di karenakan banyak terjadi kerusuhan di saat pelaksanaan penertiban. Melihat peristiwa yang seperti ini  Satpol PP Pontianak membuat suatu Program yang Inovatif  dan menjadi salah satu trobosan yang di berinama “ChiPS”, mungkin dari kalian banyak yang tidak asing dengan kata “ChiPS”, karna Chips sangat familiar dan  dulu sering di tayanging di telivisi yaitu Polisi luar negeri yang di berinama Chips bertugas sebagai penertib pelanggar-pelanggar lalu lintas di California. Hampir sama program “ChiPS” di Pontianak juga tugasnya menertibkan akan tetapi disini yang di tertibkan adalah lapak-lapak liar atau gerobak-gerobak liar yang melanggar ketertiban umum dan peraturan Pemerintah.

Baca juga   Festival Sahur-Sahur ke XVI se-Kalimantan Barat

“ChiPS” sendiri merupakan singkatan dari Cegah Kumuh Melalui Penertiban subuh, Program ini adalah kegiatan penertiban lapak / rak / gerpbal / bangunan liar yang ditinggalkan atau berada diatas Fasilitas Umum  atau diatas Saluran Air yang dilaksanakan setiap Senin – Jum’at pada waktu Subuh pukul 05:00 – 08.00 wib, tujuan dibuatnya Program ChiPS ini adalah untuk meminimalisir pergesekan antara petugas penertiban dengan masyarakat  serta menghindari kemacetan lalulintas akibat penertiban, maka dari itu Program ChiPS ini sangat efektif karna dilaksanakan pada subuh hari. ChiPS ini juga manusiawi karna masyrakat yang melenggar aturan di beri peringatan secara tertulis berupa stiker yang di temple di gerobak, rak atau lapak yang berposisi melanggar aturan.

Baca juga   Harga Minyak Anjlok Terseret Perang Dagang AS-China

Dan Inovasi Program ChiPS di Pontianak ini bisa di manfaatkan  atau di Implementasikan daerah lain karna tidak perlu menggunakan teknologi yang tinggi, Muhammad Firdaus selaku ketua PROSPEK LAN mengatakan “Siapapun Pemerintah daerah yang memiliki komitmen tinggi untuk memberikan pelayan kepada masyarakat dapat memimplementasi Program ChiPS ini karna tidak perlu menggunakan teknologi yang tinggi” ujarnya

Dan beliau berharap Program ChiPS ini dapat terus berjalan, bisa lebih di perbaiki lagi agar lebih maksimal “Semoga Program ChiPS dapat berjalan seterusnya, dan bisa di implementasikan di daerah lain”

Penulis : Suka Musik, Suka Film dan Suka Menulis