Connect with us

Nongkrong

7 Pahlawan Kemerdekaan dari Pulau Borneo

Published

on

GENCILNEWS – Negara yang besar adalah negara yang menghargai jasa pahlawannya, begitulah titah Bung Karno selaku bapak proklamator dan founding fat her Indonesia. Namun selama ini kebanyakan dari kita hanya mengenal pahlawan-pahlwan nasional yang terkenal saja, seperti Cut Nyak Dien, Imam Bonjol, Antasari, ataupun Christina Martha Tiahahu.

Peran mereka dalam bergelirya melawan penjajah memang sudah tidak diragukan. Kisah mereka terkenal dan tertuang di dalam buku-buku sejarah pelajaran sekolah. Namun, selain pahlawan-pahlawan tersebut, tetap ada pahlawan-pahlawan lain yang jasanya tidak kalah penting dalam merebut kemerdekaan. Dan berikut ini, adalah pahlawan-pahlawan pejuang kemerdekaan dari Kalimantan Barat yang kisahnya tidak banyak diketahui orang-orang.

pahlawan pontianak

Al Habib Hamid II (foto house -shine)

1. Al Habib Hamid II
Mungkin namanya terasa asing di teling anda, tapi jasanya pasti anda kenal. Pria berkharisma yang pada zamannya dikenal dengan nama Sultan Abdurrahman Hamid Alkadrie ini adalah pencetus lambang negara kita, Sang Garuda. Ia juga merupakan salah satu delegasi Konfrensi Meja Bundar yang digelar di Den Haag, Belanda yangmana saat itu beliau menjadi salah satu wakil negara buatan Belanda.
Beliau terkenal sebagai orang yang cerdas, sepantaran dengan Bung Karno, Bung Hatta, dan oran-orang penting pada zamannya. Ia juga merupakan orang pertama yang menempuh pendidikan di Akademi Militer Belanda dan menjadi ajudan Ratu Julliana dengan pangkat terakhir mayor jendral.
Sayangnya, beliau diduga memiliki peran pada pertistiwa Westerling sehingga ia harus menjalani hukuman penjara selama 16 tahun. Karena peristiwa itu pula lah, namanya kerap kali dihapuskan pada buku-buku yang mencantumkan daftar nama pahlawan asal borneo.

2. Abdul Kodir
Kepala pemerintahan Melawi pada tahun 1845 yang menyandang gelar Raden Temenggung itu adalah ahli siasat nan cerdas dan berbakat. Beliau bisa tetap menyatu dengan rakyatnya sekaligus bermuslihat dengan pihak Belanda sampai akhirnya beliau dapat membangung sepasukan lengkap bersenjata yang anti-Belanda. Dengan semua hadiah dan gelar yang dijanjikan oleh pemerintahan Belanda supaya Raden Temenggung ini mau melunakkan sikapnya, Abdul Kodir tetap tegar pada pendiriannya membela ibu pertiwi.

Beliau memang bukan petarung garis depan, namun beliau adalah ahli siasat perang nan hebat dan penuh perhitungan. Beliau berhasil memporak poradakan semua rencana penyerangan yang disusun oleh Belanda dengan kelihaiannya memanfaatkan posisinya sebagai pemimpin Melawi. Meski pada akhirnya Belanda mengetahui siasat Abdul Kodir dan memenjarakannya di banteng Belanda yang kokoh, Abdul Kodir sudah menyumbangkan banyak jasanya dalam memperjungkan kemerdekaan Indonesia.

 

 

3. J.C Oevaang Oeray
Jika sekilas mendengar namanya, anda mungkin akan mengira bahwa beliau ini bukanlah orang Indonesia. Namun siapa sangka, J.C Oevaang Oeray ini adalah pejuang asli Indonesia yang sangat gigih dalam meperjuangkan kemerdekaan. Terlihat dari kegigihannya dalam menempuh pendidikan, mulai dari Sekolah Rakyat, Sekolah Guru, Sekolah Seminari Nyarumkop, bahkan sekolah pastor pernah ia jalani, meskipun pada akhirnya ia tidak menyelesaikan pendidikannya di sekolah pastor.

J.C Oevaang Oeray ini aktif menyumbangkan pendapat dan pandangannya kepada masyarakat luas, hingga pada akhirnya masyarakat dapat melihat bakat kepemimpinan di dalam dirinya. J.C Oevaang Oeray menjadi bagian dari pemerintahan masa itu, sampai akhirnya Belanda datang dan mengganti sistem pemerintahan untuk menjauhkan rakyat dari pemerintahan nasional. J.C Oevaang Oeray bersama beberapa orang pejuang dari Kalimantan terus beusaha mengembalikan system pemeintahan Indonesia seperti seharusnya. Perjuangan mereka tidak sia-sia, J.C Oevaang Oeray dan teman-teman seperjuangannya turut merasakan detik-detik kemerdekaan Indonesia. Bahkan setelah itu, J.C Oevaang Oeray diangkat menjadi Gubernur Kepala Daerah Kalimantan Barat. J.C Oevaang Oeray terus mengabdikan dirinya di bidang pemerintahan sampai akhir hayatnya pada tahun 1986.

4. Rahardi Oesman
Pria berperawakan tinggi, tegap, dan berkacamata ini adalah salah satu pahlawan nasional asal Kalimantan barat yang memiliki kecakapan dan kecerdasan setara dengan orang eropa pada masa itu. Lulus dari sekolah ELS, yangmana adalah sekolah Belanda yang mengizinkan anak-anak pribumi untuk mengenyam pendidikan di dalamnya, lelaki berlatar belakang keluarga terhormat yang memiliki nama di bidang percetakan ini melanjutkan sekolahnya ke kota Jakarta, dimana ia pertama kali mengikuti organisasi bertaraf nasional, Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI).

Kemudian, beliau melanjutkan pendidikannya ke sekolah kedoteran yangmana sekarang adalah fakultas kedokteran Universitas Indonesia. Sebagai mahasiswa, ia mulai mengikuti jejak orang tuanya dengan berperan di bidang media. Beliau berabung dalam Angkatan Pemuda Indonesia yang kemudia berperan dalam penyebaran informasi terkait kemerdekaan ke seluruh Indonesia melalui studio yang selalu diawasi secara ketat oleh pemerintah jepang. Tak hanya melalui siaran udara, Rahardi Oesman bahkan mengupayakan kembali ke kampong halamannya di Kalimantan Barat untuk mengabarkan secara langsung kemerdekaan Indonesia dengan berkedok sebagai anggota Palang Merah Indonesia. Jasanya tak hanya sampai disana, beliau bahkan salah satu pencetus dan pengupaya terbentukanya Tentara Keamanan Rakyat yang bertugas menjaga kemerdekaan Indonesia.

 

ali anyang (foto mister pangalayo)

5. Ali Anyang
Jika Rahardi Oesman mengharumkan nama Kalimantan barat dengan melebarkan kiprahnya di pusat negeri, Ali Anyang berjuang mengorbankan darah dan keringatnya di tanah kelahirannya langsung, pontianak. Ali Anyang adalah salah satu penggerak masyarakat Kalimantan barat untuk berperang melawan Belanda yang berusaha merebut kembali Indonesia khususnya daerah Kalimantan. Ali Anyang adalah pemimpin pemberontakan terhadap pemerintah Belanda yang sempat berhasil membangun kembali kuasanya setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan. Dengan menyerbu gudang-gudang persenjataan dan gudang makanan musuh, Ali Anyang menjadikan dirinya target palin dicari Belanda. Bahkan pemerintah Belanda menciptakan sayembara seharga 25.000 gulden bagi siapa saja yang dapat menyerahkan Ali Anyang. Ali anyang dan pasukannya bahkan harus mundur sampai ke hutan-hutan untuk mempertahankan diri. Setelah beberapa kali pertempuran, akhirnya Ali Anyang dapat hidup dengan tenang dan berkeluarga setelah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia. Ia bahkan pernah menduduki kursi ketua DPRD di daerah Singkawang.

6. Siradj Sood
Lelaki pejuang dari Sambas, Kalimantan barat ini adalah salah satu pejuang borneo yang memiliki darah keturunan muslim nan kental. ibundanya adalah Hajjah Zaenab, dan Ayahandanya adalah Haji Sood, yangmana adalah penasehat perekonomian dan perdagangan di kerajaan Sambas.

Siradj Sood adalah pembentuk organisasi Persatuan Bangsa Indonesia Sambas atau yang kemudian dikenal dengan nama Perbis. Organisasi Perbis ini dibentuk sekitar 2 bulan setelah proklamasi kemerdekaan dalam rangka menyebarluaskan kabar kemerdekaan di daerah sambas yang masih dijaga ketat oleh polisi Belanda. Bahkan, komandan polisi Belanda saat itu mengajak Siradj Sood untuk melakukan kerjasama menjalankan pemerintahan Belada di sambas.

Permintaan tersebut pastinya ditolak mentah-mentah oleh seluruh anggota organisasi, yangmana akhinya berujung pada pengawasan ketat oleh pemerintah Belanda. Saat akhirnya Perbis melakukan parade kemerdekaan, mereka mendapati bendera merah-putih-biru kebanggan Belanda berkibar di Kantor Kontrolir Sambas. Dengan emosi yang meluap-luap, masyarakat menarik turun bendera Belanda dan merobek bagian birunya sebelum kemudian dikibarkan lagi dengan pekikan “merdeka! Merdeka! Merdeka!” yang mengiringi.

Saat seorang anggota Perbis hendak mengibarkan bendera merah putih, tentara Belanda menembaki pejuang tersebut hingga tewas. Siradj Sood segera berlari untuk merebut bendera merah putih tersebut supaya tidak jatuh dan terinjak di tanah.

Karena perbuatannya yang gagah berani, Siradj Sood mendapatkan banyak luka tembak yang mengharuskan dirinya berpura-pura mati untuk menghindari serangan lanjutan Belanda.

Perjuangannya tidak sia-sia, setelah berpura-pura tewas, Siradj Sood diselamatkan oleh warga setempat dan semua luka di dalam dirinya berhasil diobati. Dengan adanya tragedi tersebut,semangat juang masyarakat Sambas kontan berkobar dan berakhir dengan keruntuhan Belanda di wilayah tersebut

 

7. Utin Patimah
Utin patimah adalah seorang pejuang kemerdekaan wanita yang berperang melawan pemerintahan jepang di pontianak pada ahun 1943.

Ia memimpin perjuangan kaum Dayak pedalaman yang didukung oleh masyarakat asli hutan yang sudah muak dengan pemerintahan jepang nan semena-menaTidak banyak yang tahu tentang Palawan wanita satu ini. Pun referensi tentang perjuangannya sangat terbatas yang diabadikan.

Namun, jasa dan perjuangan wanita satu ini patut dikenang da dijadikan pelajaran untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nongkrong

Hasil Studi: Kucing Mengenali “Nama” Karena Imbalan

Published

on

Hasil Studi: Kucing Mengenali "Nama" Karena Imbalan
Hey Kitty! Iya, kamu. Sebuah studi menyatakan kucing peliharaan dapat memahami suara panggilan nama yang diberikan kepadanya.
Hasil Studi: Kucing Mengenali "Nama" Karena Imbalan
Hasil Studi: Kucing Mengenali “Nama” Karena Imbalan

Jadi kucing agak-agak mirip dengan anjing, dimana komunikasi dengan manusia telah banyak dipelajari, dan telah ditunjukkan bahwa mereka dapat mengenal ratusan kata apabila mereka terlatih dengan baik. Maaf, apabila perbandingan tadi membuat kamu tersinggung, Kitty.

Sama sekali tidak mengejutkan bagi anda atau kebanyakan pemelihara kucing, bukan? Namun para ilmuwan Jepang hari Kamis mengatakan bahwa mereka telah memberikan bukti percobaan pertama bahwa kucing dapat membedakan kata-kata yang diucapkan manusia.

Atsuko Saito dari Sophia University di Tokyo mengatakan tidak ada bukti bahwa kucing dapat menghubungkan kata-kata dengan maknanya, bahkan tidak juga pada nama-nama mereka sendiri. Sebaliknya, mereka belajar saat mereka mendengar nama-nama itu mereka mendapat imbalan seperti makanan atau mainan, atau sesuatu yang buruk seperti dibawa ke tempat praktek dokter hewan. Dan mereka banyak mendengar namanya disebut. Jadi suara itu menjadi spesial, bahkan saat mereka tidak paham bahwa suara itu merujuk pada identitas mereka.

Saito dan para koleganya menjelaskan hasil dari penelitian mereka dalam jurnal Scientific Reports. Dalam empat percobaan yang dilakukan pada 16 hingga 34 hewan, masing-masing kucing mendengar rekaman dari suaranya sendiri, atau suara orang lain, yang perlahan-lahan membacakan daftar empat kata benda atau nama-nama kucing lain, diikuti dengan nama kucing itu sendiri.

Banyak kucing awalnya bereaksi – seperti menggerak-gerakan kepalanya, telinganya atau ekornya – namun lama-lama mereka kehilangan minat saat kata-kata itu dibacakan. Pertanyaan krusial adalah apakah mereka lebih merespon pada namanya.

Seperti yang diperkirakan, rata-rata, kucing-kucing ini menjadi sangat riang saat mendengar nama-nama mereka.

Kristyn Vitale, yang mempelajari tingkah laku kucing dan ikatan antara kucing dan manusia di Oregon State University di Corvallis namun tidak ikut serta dalam studi ini, mengatakan hasilnya “sangat masuk akal bagi saya.”

Vitale, yang mengatakan ia telah melatih banyak kucing untuk merespon pada perintah lisan, sepakat bahwa hasil temuan baru tidak berarti kucing mengerti namanya sendiri. Namun, lebih karena ia dilatih untuk mengenali suara, ujarnya.

Monique Udell, yang juga mempelajari perilaku hewan di Oregon State, mengatakan hasil studi tersebut menunjukkan “kucing-kucing memberi perhatian pada anda, apa yang anda katakan dan apa yang anda lakukan, dan mereka belajar dari situ.” [ww/fw]

Continue Reading

Nongkrong

Podcast, Ketika Stasiun Radio Ada Digenggamanmu Sendiri

Published

on

Podcast, ketika seolah stasiun radio ada digenggamanmu sendiri

Podcast, ketika seolah stasiun radio ada digenggamanmu sendiri

Podcast, ketika seolah stasiun radio ada digenggamanmu sendiri

Di era berbagi seperti ini hampir tidak ada lagi sumberdaya sosial yang di miliki oleh korporat tertentu, segala sesuatu bisa dilakukan sendiri lewat media Smartphone.

Pernah berfikir nggak kalau radio yang sering anda dengar lewat smartphone, hp, atau perangkat radio, isi nya adalah suara kita semua dan
anda bisa bahas apapun yang kita inginkan untuk di sebarkan ke orang lain.

Nah mungkin anda semua hari ini sudah tidak asing dengan sebuah media audio bernama “Podcast”

Saat anda mendengar sebuah podcast pertama kali, mungkin muncul di pikiran adalah lho ini mirip radio! Memang betul mirip, tapi beda he..he..

Podcast itu memang mungkin mirip dengan radio, tapi sebenarnya beda . Kesamaannya ya podcast umumnya berupa audio (walaupun sekarang juga ada podcast video) yang didengarkan seperti Anda mendengar radio.

Kesamaan lain adalah seperti radio dimana anda harus memilih mau mendengarkan stasiun radio A atau stasiun radio B dan seterusnya.Di Podcast juga sama, anda juga perlu memilih mau mendengarkan podcastnya siapa di topik apa.

Anda mau dengar apa saja juga ada. Saat ini ada lebih dari 200.000 podcast saya rasa di  semua kategori tersebut dan terus bertambah. Tentu Anda tidak perlu mendengarkan semuanya he..he..  Cukup yang menarik minat Anda saja.

Saya memang lebih banyak mendengar podcast di kategori literasi dan diskusi terkini. Tapi ada banyak orang di Amerika yang dengar podcast tentang TV Series yang populer seperti Lost, Walking Dead dll atau dengar podcast tentang games seperti Clash of Clan, Minecraft dan game populer lainnya.

Terus terang sulit bagi saya membayangkan mendengarkan podcast tentang games he..he.. 

Saat ini membuat podcast jauh lebih mudah dan tidak butuh investasi besar seperti buat stasiun radio sehingga akhirnya industri podcast berkembang pesat.

Industri radio sendiri di Amerika mengalami penurunan karena semakin banyak orang memilih untuk mendengar podcast daripada radio.

Memang kebanyakan podcast yang ada memang masih dalam Bahasa Inggris. Hampir tidak ada yang Bahasa Indonesia, paling dari Radio BBC Indonesia. Mungkin itu sebabnya mengapa di Indonesia, podcast masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Jadi melalui artikel ini, saya ingin memperkenalkan Podcast agar semakin banyak dikenal dan banyak yang mendengarkan sehingga akhirnya banyak yang memproduksinya.

Saya yakin podcast akan berkembang di Indonesia karena di kota-kota besar, kita terbiasa menghabiskan banyak waktu di perjalanan karena jalanan macet sehingga bisa mendengarkan podcast di banyak topik adalah sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

Bedanya podcast dengan radio adalah podcast merupakan rekaman. Biasanya tidak ada atau jarang ada iklan, tidak ada selingan lagu yang berkepanjangan dan kita bisa pilih mau dengar topik apa, gak usah ngikuti jadwal atau maunya radio 

Biasanya podcast terbagi atas episode-episode dimana tiap episode biasanya ada judul tertentu, jadi biasanya tahu bahas apa. Panjang tiap episode biasanya antara 10 menit s/d 90 menit lebih (tergantung maunya si pembuat podcast).

Jadi apa sebenarnya kelebihan podcast dibanding radio atau dengarin rekaman audio MP3? Kelebihan utama podcast menurut saya adalah:

  • Ada banyak pilihan podcast yang bisa Anda dengar. Ada ratusan kategori dan puluhan atau bahkan ratusan ribu podcast yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan hobi Anda. Bandingkan dengan radio, ada berapa banyak stasiun radio di kota Anda? Ada radio untuk orang bisnis, radio untuk wanita dan sebagainya, tapi ada berapa banyak? Paling juga 15-an.
  • Tidak ada iklan berlebihan seperti radio, yang rasanya tiap 10 menit ada iklan atau selingan lagu.
  • Anda bisa mendengarkan podcast sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Jadi misal Anda jogging jam 5 pagi, Anda bisa mendengarkan podcast yang bermanfaat atau yang Anda sukai. Kalau radio jam 5 pagi ya cuma lagi instrumen doang he..he.. karena penyiar radio masih tidur 
  • Anda otomatis menerima episode baru di smartphone (sudah di download dan siap didengarkan) dari podcast yang Anda langganan. Jadi tidak perlu repot-repot lagi harus download di komputer, lalu pindahkan filenya ke smartphone (itu juga kalau Anda ngerti caranya he..he..).
  • Podcast yang sudah didengar, bisa otomatis dihapus sehingga tidak menghabiskan space memori di smartphone Anda.

Sejarah Singkat Podcast

Podcast sudah ada sejak tahun 2005, tetapi memang baru hits sejak tahun 2007 di luar negeri mulai banyak digunakan dan momentumnya berkembang cepat sejak 2011 hingga sekarang.

Podcast itu sebenarnya berasal dari kata iPod + Broadcasting. Oooh, begitu mendengar kata iPod, Anda pasti langsung ingat Apple 

Ya memang betul, walaupun rekaman audio sebenarnya merupakan hal yang dari jaman dulu juga sudah ada, tetapi cara untuk mendapatkan audio podcast, cara berlangganan, cara mendownload dan mendengarkannya adalah sesuatu konsep yang diciptakan oleh Apple (saat mulai launch iPod lalu iPhone dll) sehingga jauh lebih mudah dan menyenangkan prosesnya bagi konsumen.

Ya Apple memang jago dalam urusan merubah sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih sederhana sehingga lebih mudah digunakan. Saya akan ceritakan di bawah soal mekanismenya dan cara menggunakannya.

Tetapi jangan khawatir, Podcast sekarang bisa diakses dan digunakan dengan smartphone apapun, tidak harus iPhone atau iPod dari Apple.

Anda juga bisa pakai Android, Blackberry (walaupun tidak disarankan, sorry) atau Windows Phone tidak ada masalah karena memang di semua OS tersebut sudah ada aplikasi untuk mendengarkan podcast.

Untuk aplikasi yang sering saya gunakan untuk mendengar podcast adalah Spotify, kategori podcastnya bisa anda pilih sendiri sesuai selera dan suara

Ok saya rasa Anda sudah cukup jelas dengan gambaran apa itu podcast, yang penting langsung coba. Jangan salahkan saya kalau Anda terus jadi kecantol 

Continue Reading

Nongkrong

Cari Tau Fakta-Fakta Tentang Emoji

Published

on

Cari Tau Fakta-Fata Tentang EmojiCari Tau Fakta-Fata Tentang Emoji

Emoji atau gambar-gambar hidup yang lucu dan menyemarakkan email dan pesan teks, tampaknya akan hadir dalam berbagai bentuk, warna dan ukuran. Selain “the smiley face,” lambang jempol ke atas, kue ulang tahun dan es krim misalnya. Kini ada lagi emoji yang menggambarkan pasangan antar-ras.

Cari Tau Fakta-Fata Tentang EmojiCari Tau Fakta-Fata Tentang Emoji
Cari Tau Fakta-Fata Tentang Emoji

Emoji, yang berasal dari Jepang, kini tidak lagi identik sebagai trend yang disukai remaja, tetapi sebagai cara berkomunikasi di seluruh dunia. Saat ini ada lebih dari 2.000 emoji. Untuk emoji yang melambangkan wajah orang saja, ada lima warna kulit yang tersedia.

Masalahnya, emoji yang menggambarkan orang berpasangan – entah pacar atau suami-istri – memiliki warna yang sama. Salah seorang pendiri “Emojination” dan wakil ketua sub-komite Unicode Consortium’s Emoji, Jennifer Lee, mengatakan.

“Emoji pasangan antar-ras merupakan suatu masukan yang kerap kami dengar dari orang-orang di Twitter. Orang-orang sudah terbiasa menggunakan emoji dan melihat beragam warna kulit baik untuk tanda jempol, mermaid, bayi atau perempuan. Juga ketika mereka menekan tanda keluarga atau pasangan, dan merasa ‘oh hanya ada satu warna?’ Ini dikarenakan mereka dilatih untuk terbiasa dengan warna kulit berbeda,” ujar Lee.

Dan ternyata begitu banyak hal yang harus dilakukan untuk menelurkan satu emoji baru. Pekerjaan itulah yang harus dilakukan Unicode Consortium, suatu LSM yang beranggotakan sejumlah relawan yang piawai dengan sistem kodifikasi, sehingga komputer dan telpon dapat saling memahami satu sama lain. Kelompok itu saat ini bekerja untuk menciptakan emoji bagi warga Mongolia dan Rohingya, guna dimasukkan dalam Unicode Standard. Direktur Unicode Consortium Greg Welch mengatakan.

“Sebagaimana misi utama yang kami emban, kami ingin memastikan bahwa setiap bahasa dapat masuk atau diterima di era digital,” ujar Greg.

Unicode, yang mulai tahun 2010 berupaya mengadopsi emoji ke dalam standarnya, memiliki tujuan sederhana yaitu memastikan agar ketika seseorang mengirim wajah tersenyum atau “smiley face” – tidak peduli jenis atau usia piranti telpon seluler atau komputer – penerima tetap melihat wajah yang tersenyum.

“Jika melihat perkembangan bahasa seperti bahasa Inggris atau Rusia atau China, perkembangannya terjadi sangat lambat dalam beberapa puluh tahun. Tetapi jika Anda melihat emoji, maka dalam lima tahun terakhir saja begitu banyak yang digunakan. Kosa kata emoji pun sangat beranekaragam. Ini hampir seperti menonton bahasa proto terbaru yang terjadi tepat di depan kita,’’ papar Greg.

Siapa pun dapat menyampaikan gagasan untuk membuat emoji baru. Sebuah kampanye yang dimulai oleh Jennifer Lee dengan bantuan situs kencan ‘’Tinder’’ misalnya, mengirim petisi ke Unicode untuk menemukan cara untuk menunjukkan emoji beragam orang dengan beragam warna kulit.

‘’Salah satu alasannya adalah emoji yang menggambarkan karakter dua orang yang berpegangan tangan misalnya, tidak harus dianggap sebagai memiliki hubungan romantis. Emoji dua orang berpegangan tangan bisa saja dua sahabat, bisa juga pasangan, bisa juga mewakili kakak-adik dalam keluarga. Kami merasa ini adalah emoji yang paling serba guna,” jelas Jennifer.

Unicode menerima usul emoji baru itu dan memberikan kode pasangan antar-ras tersebut kepada perusahaan-perusahaan seperti Apple, Microsoft, Google dan lainnya. Mereka akan menampilkan emoji dengan versi tersendiri.

Selain emoji yang menggambarkan pasangan antar-ras, akan dirilis pula emoji yang menggambarkan menstruasi pada akhir tahun ini. [em]

Continue Reading

TRENDING