Connect with us

Nongkrong

Nasi Lemang Suku Dayak Kalimantan Barat yang Lezat

Published

on

Nasi Lemang adalah kuliner  lezat khas kalimantan barat yang berasal dari Suku Dayak  kalimantan Barat.

Suku Dayak juga memiliki kuliner khas yang lezat dan nikmat. Seperti halnya dengan suku lain yang ada di Indonesia,

Kuliner yang terkenal kelezatannya dari suku dayak Kalimantan Barat yaitu nasi lemang. Makanan yang lezat ini berbahan dasar dari ketan yang diolah dengan cara yang unik. Pertama dengan mengolah beras ketan bersama dengan bumbu-bumbu khas suku dayak, kemudian di bungkus dengan daun pisang agar memiliki rasa yang gurih. Setelah dibungkus rapat dan dibakar selama 5 jam.

Kelezatan yang dihasilkan oleh nasi lemang khas suku dayak Kalimantan ini, karena diolah dengan santan dan dengan acara dibungkus daun pisang kemudian di bakar. Dengan begitu maka nasi lemang ini memiliki aroma yang sangat lezat.

Nasi lemang merupakan kuliner yang harus ada ketika pesta suku dayak. meskipun begitu, nasi lemang juga kerap di sajikan oleh masyarakat Kalimantan Barat ketika Idul Fitri atau hari-hari besar lainnya

Nasi lemang akan nikmat bila disantap ketika masih hangat, dan sangat cocok disajikan dengan lauk-pauk lainnya seperti; telur sambal, rendang bumbu habang dan lauk-pauk lainnya. Bahkan ada juga yang disajikan dengan makanan manis seperti kacang merah dan kinca (lelehan gula merah). Dan jika anda mengunjungi Kalimantan Barat anda bisa menemukan banyak pedagang yang menjual nasi lemang ini.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nongkrong

Ketupat Colet, Menu Wajib Saat Lebaran Di Melayu Kayong Utara

Published

on

GENCIL NEWS – Ketupat Colet, Menu Wajib Saat Lebaran Di Melayu Kayong Utara. Ketupat colet merupakan menu wajib yang harus ada ketika lebaran, baik ketika Idul Adha maupun Idul Fitri. Meskipun begitu ketupat colet juga disajikan ketika ada acara seperti pindah rumah, syukuran dan acara lainnya.

Masyarakat Melayu Kayong Utara biasanya akan menyuguhkan ketupat colet ketika hari raya Idul Fitri hari pertama maupun kedua. Menurut masyarakat melayu Kayong Utara, tak lengkap rasanya jika tidak ada ketupat colet dalam menu lebaran.

Untuk ketupat colet khas melayu ini memiliki berbagai bentuk seperti; ketupat biasa, ketupat bawang merah, ketupat bawang putih, ketupat jontong, ketupat ketam, ketupat kumbek dan masih banyak bentuk ketupat lainnya.

Cara makan ketupat colet pada umumnya masyarakat Melayu Kayong Utara langsung memakannya tanpa menggunakan sendok, hal ini sebagai simbol kebersamaan dan kesederhanaan keluarga. Di dalam masyarakat Melayu Kayong Utara, seorang wanita harus dapat membuat kupat, karena jika tidak maka wanita tersebut akan di anggap pemalas.

Untuk cara membuat ketupat colet, sama seperti membuat ketupat pada umumnya, yaitu dengan menganyam daun kelapa. Biasnya masyarakat Melayu Kayong Utara, menyajikan ketupat colet dengan lauk pauk seperti rendang, daging ayam, ikan tenggiri, ikan pari, ikan teri, ikan roman dan lauk pauk lainnya.

Meskipun ketupat colet menjadi menu wajib atau makanan khas ketika lebaran bagi masyarakat Melayu Kayong Utara, namun ketupat colet juga bisa anda temukan di beberapa warung makan di Kayong Utara.

Continue Reading

Nongkrong

Hasil Studi: Kucing Mengenali “Nama” Karena Imbalan

Published

on

Hasil Studi: Kucing Mengenali "Nama" Karena Imbalan
Hey Kitty! Iya, kamu. Sebuah studi menyatakan kucing peliharaan dapat memahami suara panggilan nama yang diberikan kepadanya.
Hasil Studi: Kucing Mengenali "Nama" Karena Imbalan
Hasil Studi: Kucing Mengenali “Nama” Karena Imbalan

Jadi kucing agak-agak mirip dengan anjing, dimana komunikasi dengan manusia telah banyak dipelajari, dan telah ditunjukkan bahwa mereka dapat mengenal ratusan kata apabila mereka terlatih dengan baik. Maaf, apabila perbandingan tadi membuat kamu tersinggung, Kitty.

Sama sekali tidak mengejutkan bagi anda atau kebanyakan pemelihara kucing, bukan? Namun para ilmuwan Jepang hari Kamis mengatakan bahwa mereka telah memberikan bukti percobaan pertama bahwa kucing dapat membedakan kata-kata yang diucapkan manusia.

Atsuko Saito dari Sophia University di Tokyo mengatakan tidak ada bukti bahwa kucing dapat menghubungkan kata-kata dengan maknanya, bahkan tidak juga pada nama-nama mereka sendiri. Sebaliknya, mereka belajar saat mereka mendengar nama-nama itu mereka mendapat imbalan seperti makanan atau mainan, atau sesuatu yang buruk seperti dibawa ke tempat praktek dokter hewan. Dan mereka banyak mendengar namanya disebut. Jadi suara itu menjadi spesial, bahkan saat mereka tidak paham bahwa suara itu merujuk pada identitas mereka.

Saito dan para koleganya menjelaskan hasil dari penelitian mereka dalam jurnal Scientific Reports. Dalam empat percobaan yang dilakukan pada 16 hingga 34 hewan, masing-masing kucing mendengar rekaman dari suaranya sendiri, atau suara orang lain, yang perlahan-lahan membacakan daftar empat kata benda atau nama-nama kucing lain, diikuti dengan nama kucing itu sendiri.

Banyak kucing awalnya bereaksi – seperti menggerak-gerakan kepalanya, telinganya atau ekornya – namun lama-lama mereka kehilangan minat saat kata-kata itu dibacakan. Pertanyaan krusial adalah apakah mereka lebih merespon pada namanya.

Seperti yang diperkirakan, rata-rata, kucing-kucing ini menjadi sangat riang saat mendengar nama-nama mereka.

Kristyn Vitale, yang mempelajari tingkah laku kucing dan ikatan antara kucing dan manusia di Oregon State University di Corvallis namun tidak ikut serta dalam studi ini, mengatakan hasilnya “sangat masuk akal bagi saya.”

Vitale, yang mengatakan ia telah melatih banyak kucing untuk merespon pada perintah lisan, sepakat bahwa hasil temuan baru tidak berarti kucing mengerti namanya sendiri. Namun, lebih karena ia dilatih untuk mengenali suara, ujarnya.

Monique Udell, yang juga mempelajari perilaku hewan di Oregon State, mengatakan hasil studi tersebut menunjukkan “kucing-kucing memberi perhatian pada anda, apa yang anda katakan dan apa yang anda lakukan, dan mereka belajar dari situ.” [ww/fw]

Continue Reading

Nongkrong

Podcast, Ketika Stasiun Radio Ada Digenggamanmu Sendiri

Published

on

Podcast, ketika seolah stasiun radio ada digenggamanmu sendiri

Podcast, ketika seolah stasiun radio ada digenggamanmu sendiri

Podcast, ketika seolah stasiun radio ada digenggamanmu sendiri

Di era berbagi seperti ini hampir tidak ada lagi sumberdaya sosial yang di miliki oleh korporat tertentu, segala sesuatu bisa dilakukan sendiri lewat media Smartphone.

Pernah berfikir nggak kalau radio yang sering anda dengar lewat smartphone, hp, atau perangkat radio, isi nya adalah suara kita semua dan
anda bisa bahas apapun yang kita inginkan untuk di sebarkan ke orang lain.

Nah mungkin anda semua hari ini sudah tidak asing dengan sebuah media audio bernama “Podcast”

Saat anda mendengar sebuah podcast pertama kali, mungkin muncul di pikiran adalah lho ini mirip radio! Memang betul mirip, tapi beda he..he..

Podcast itu memang mungkin mirip dengan radio, tapi sebenarnya beda . Kesamaannya ya podcast umumnya berupa audio (walaupun sekarang juga ada podcast video) yang didengarkan seperti Anda mendengar radio.

Kesamaan lain adalah seperti radio dimana anda harus memilih mau mendengarkan stasiun radio A atau stasiun radio B dan seterusnya.Di Podcast juga sama, anda juga perlu memilih mau mendengarkan podcastnya siapa di topik apa.

Anda mau dengar apa saja juga ada. Saat ini ada lebih dari 200.000 podcast saya rasa di  semua kategori tersebut dan terus bertambah. Tentu Anda tidak perlu mendengarkan semuanya he..he..  Cukup yang menarik minat Anda saja.

Saya memang lebih banyak mendengar podcast di kategori literasi dan diskusi terkini. Tapi ada banyak orang di Amerika yang dengar podcast tentang TV Series yang populer seperti Lost, Walking Dead dll atau dengar podcast tentang games seperti Clash of Clan, Minecraft dan game populer lainnya.

Terus terang sulit bagi saya membayangkan mendengarkan podcast tentang games he..he.. 

Saat ini membuat podcast jauh lebih mudah dan tidak butuh investasi besar seperti buat stasiun radio sehingga akhirnya industri podcast berkembang pesat.

Industri radio sendiri di Amerika mengalami penurunan karena semakin banyak orang memilih untuk mendengar podcast daripada radio.

Memang kebanyakan podcast yang ada memang masih dalam Bahasa Inggris. Hampir tidak ada yang Bahasa Indonesia, paling dari Radio BBC Indonesia. Mungkin itu sebabnya mengapa di Indonesia, podcast masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Jadi melalui artikel ini, saya ingin memperkenalkan Podcast agar semakin banyak dikenal dan banyak yang mendengarkan sehingga akhirnya banyak yang memproduksinya.

Saya yakin podcast akan berkembang di Indonesia karena di kota-kota besar, kita terbiasa menghabiskan banyak waktu di perjalanan karena jalanan macet sehingga bisa mendengarkan podcast di banyak topik adalah sesuatu yang menarik untuk dilakukan.

Bedanya podcast dengan radio adalah podcast merupakan rekaman. Biasanya tidak ada atau jarang ada iklan, tidak ada selingan lagu yang berkepanjangan dan kita bisa pilih mau dengar topik apa, gak usah ngikuti jadwal atau maunya radio 

Biasanya podcast terbagi atas episode-episode dimana tiap episode biasanya ada judul tertentu, jadi biasanya tahu bahas apa. Panjang tiap episode biasanya antara 10 menit s/d 90 menit lebih (tergantung maunya si pembuat podcast).

Jadi apa sebenarnya kelebihan podcast dibanding radio atau dengarin rekaman audio MP3? Kelebihan utama podcast menurut saya adalah:

  • Ada banyak pilihan podcast yang bisa Anda dengar. Ada ratusan kategori dan puluhan atau bahkan ratusan ribu podcast yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan hobi Anda. Bandingkan dengan radio, ada berapa banyak stasiun radio di kota Anda? Ada radio untuk orang bisnis, radio untuk wanita dan sebagainya, tapi ada berapa banyak? Paling juga 15-an.
  • Tidak ada iklan berlebihan seperti radio, yang rasanya tiap 10 menit ada iklan atau selingan lagu.
  • Anda bisa mendengarkan podcast sesuai dengan waktu yang Anda miliki. Jadi misal Anda jogging jam 5 pagi, Anda bisa mendengarkan podcast yang bermanfaat atau yang Anda sukai. Kalau radio jam 5 pagi ya cuma lagi instrumen doang he..he.. karena penyiar radio masih tidur 
  • Anda otomatis menerima episode baru di smartphone (sudah di download dan siap didengarkan) dari podcast yang Anda langganan. Jadi tidak perlu repot-repot lagi harus download di komputer, lalu pindahkan filenya ke smartphone (itu juga kalau Anda ngerti caranya he..he..).
  • Podcast yang sudah didengar, bisa otomatis dihapus sehingga tidak menghabiskan space memori di smartphone Anda.

Sejarah Singkat Podcast

Podcast sudah ada sejak tahun 2005, tetapi memang baru hits sejak tahun 2007 di luar negeri mulai banyak digunakan dan momentumnya berkembang cepat sejak 2011 hingga sekarang.

Podcast itu sebenarnya berasal dari kata iPod + Broadcasting. Oooh, begitu mendengar kata iPod, Anda pasti langsung ingat Apple 

Ya memang betul, walaupun rekaman audio sebenarnya merupakan hal yang dari jaman dulu juga sudah ada, tetapi cara untuk mendapatkan audio podcast, cara berlangganan, cara mendownload dan mendengarkannya adalah sesuatu konsep yang diciptakan oleh Apple (saat mulai launch iPod lalu iPhone dll) sehingga jauh lebih mudah dan menyenangkan prosesnya bagi konsumen.

Ya Apple memang jago dalam urusan merubah sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih sederhana sehingga lebih mudah digunakan. Saya akan ceritakan di bawah soal mekanismenya dan cara menggunakannya.

Tetapi jangan khawatir, Podcast sekarang bisa diakses dan digunakan dengan smartphone apapun, tidak harus iPhone atau iPod dari Apple.

Anda juga bisa pakai Android, Blackberry (walaupun tidak disarankan, sorry) atau Windows Phone tidak ada masalah karena memang di semua OS tersebut sudah ada aplikasi untuk mendengarkan podcast.

Untuk aplikasi yang sering saya gunakan untuk mendengar podcast adalah Spotify, kategori podcastnya bisa anda pilih sendiri sesuai selera dan suara

Ok saya rasa Anda sudah cukup jelas dengan gambaran apa itu podcast, yang penting langsung coba. Jangan salahkan saya kalau Anda terus jadi kecantol 

Continue Reading

Kumpulan Resep Masakan Enak

TRENDING