Nasional

HET Dicabut, Minyak Goreng Kemasan Naik Jadi Rp24 Ribu Per Liter

minyak goreng kemasan
Minyak Goreng Kemasan Naik

Gencil News –Di tengah kelangkaan minyak nabati di pasaran, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan kemarin Selasa (15/3).

Sementara itu, harga minyak goreng kemasan sederhana dan berkualitas tinggi yang dirilis berdasarkan harga pasar yang tinggi.

Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) juga telah memastikan pasokan minyak goreng kemasan akan membanjiri pasar konsumen kembali. Pasalnya, harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan sudah tidak berlaku lagi.

“Segera industri (minyak goreng) akan membanjiri pasar dengan minyak goreng premium dan sederhana. Karena itu sudah dilepas sesuai mekanisme pasar,” kata Sahat mengutip dari Republika, Rabu (16/3).

Baca juga   Warga Kalbar dan NTT Penerima Vaksin Sekali Suntik Sulit Dapat Booster

Dengan kebijakan terbaru pemerintah, harga minyak goreng kemasan pada tingkat konsumen dipastikan akan naik. Kenaikan ini seiring dengan tingkat harga minyak sawit (CPO) internasional.

“Untuk kemasan premium, kami perhitungkan itu maksimum Rp 24.800 per liter jika dengan patokan harga CPO saat ini,” kata Sahat.

Menurut Sahat, harga CPO KBPN Dumai saat ini Rp 15.864 per kilogram, dan harga minyak goreng kemasan sederhana di tingkat konsumen bisa mencapai Rp 23.000 per liter. Saat ini, minyak goreng kemasan tercatat hanya menyumbang sekitar 35% dari rata-rata permintaan bulanan sekitar 330.000 ton per bulan. Porsi minyak curah mencapai 65%.

Harga Minyak Goreng Curah

Untuk minyak goreng curah, harganya diatur sebesar Rp 14 ribu per liter. Harga tersebut dinilai masih terjangkau oleh masyarakat meski naik dari sebelumnya Rp 11.500 per liter.

Baca juga   Dugaan Korupsi BPJS Ketenagakerjaan, Kejagung Periksa 8 Saksi

“Bedanya harga ini bisa sampai Rp 7.500 per liter antara HET Rp 14 ribu per liter dengan real price (harga keekonomian) sekarang Rp 21.340 per liter,” ujar dia.

Sementara saat ini harga minyak goreng kemasan di toko-toko ritel telah dipatok sesuai harga keekonomian pada hari ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top