Nasional

Tiga Ilmuwan Baterai Lithium-ion Menangkan Nobel Kimia

Tiga Ilmuwan Baterai Lithium-ion Menangkan Nobel Kimia – Peneliti John Goodenough dari Amerika Serikat (AS), Stanley Whittingham dari Inggris, dan Akira Yoshino dari Jepang pada Rabu (9/10) meraih Hadiah Nobel Kimia atas pengembangan baterai lithium-ion, yang telah membuka jalan bagi penggunaan ponsel (smartphone) dan masyarakat bebas bahan bakar fosil.

Ketiga pemenang itu akan menerima hadiah dari Raja Carl XVI Gustaf dalam upacara resmi di Stockholm pada 10 Desember 2019, yang sekaligus untuk memperingati tanggal wafatnya ilmuwan Alfred Nobel.

Baca juga   KPU Kota Pontianak Gelar Rekapitulasi Surat Suara 5 Juli

Komite Nobel, Rabu (9/10) mengumumkan hadiah $918.000 akan dibagi secara merata di antara tiga ilmuwan: John Goodenough dari Amerika Serikat, Stanley Whittingham dari Inggris dan Akira Yoshino dari Jepang.

“Baterai lithium-ion telah merevolusi kehidupan kita sejak pertama kali memasuki pasar pada tahun 1991,” kata komite itu. “Batere jenis itu telah menjadi dasar bagi masyarakat nirkabel, tanpa bahan bakar fosil, dan memberikan manfaat terbesar bagi umat manusia.”

Hadiah Nobel juga diberikan untuk bidang kedokteran dan bidang fisika minggu ini. Hadiah Nobel untuk Sastra akan diumumkan hari Kamis dan Hadiah Nobel Perdamaian pada hari Jumat.

Baca juga   Menghitung Untung-Rugi Perjanjian FIR Indonesia-Singapura
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top