Nusantara

Cara Lakukan Pemutihan Kendaraan Program Bapenda Jabar 1 Juli 2022

Cara Lakukan Pemutihan Kendaraan Program Bapenda Jabar 1 Juli 2022
BPKB dan STNK. (Foto: Ilustrasi)

Gencil News – Pemerintah Jawa Barat melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) membuka program pemutihan pajak kendaraan bermotor pada 1 Juli hingga akhir Agustus 2022. Program tersebut bertujuan untuk menyelesaikan kewajiban pajaknya.

Kepala Bapenda Jabar Dedi Taufik mengatakan, program ini merupakan bagian dari pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, selama pandemi pendapatan daerah sempat menyusut.

“Program ini merupakan salah satu bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional. Meringankan beban karena ada insentif pajak dan lain-lain. Mudah-mudahan kebijakan ini bisa dimaksimalkan dengan baik oleh masyarakat,” kata Dedi Taufik dikutip dari Kompas, Senin (27/6).

Ini 5 program pemutihan pajak kendaraan:

1. Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor Seluruh warga Jawa Barat dibebaskan dari pembayaran denda atas keterlambatan pembayaran pajak.

Baca juga   Terjadi 103 Kecelakaan Lalu Lintas di Jawa Barat Selama Musim Mudik

2. Diskon Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Pertama Pengurangan pokok BBNKB I diberikan pada wajib pajak atas permohonan kendaraan baru sebesar 2,5 persen.

3. Bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bemotor Kedua Pembebasan bea balik nama kendaraan kedua ini dapat dimanfaatkan seluruh warga Jawa Barat yang akan mengurus balik nama kendaraan kedua dan seterusnya.

4. Bebas Tunggakan Pajak Kendaraan tahun ke-5 Berlaku untuk seluruh warga Jawa Barat yang memiliki kewajiban tunggakan pajak lebih dari 5 tahun.

5. Diskon Pajak Kendaraan Bermotor Terdapat pengurangan pokok pajak, tapi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, yakni sebagai berikut:

  • Saat jatuh tempo sampai dengan 30 hari sebelum jatuh tempo, diskon 2 persen.
  • Saat jatuh tempo sampai dengan 30-60 hari sebelum jatuh tempo, diskon 4 persen.
  • Saat jatuh tempo sampai dengan 60-90 hari sebelum jatuh tempo, diskon 6 persen.
  • Saat jatuh tempo sampai dengan 90-120 hari sebelum jatuh tempo, diskon 8 persen.
  • Saat jatuh tempo sampai dengan 120-180 hari sebelum jatuh tempo, diskon 10 persen.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top