Luka Modric Rebut Ballon d’or 2018 Akhiri Era Messi dan Ronaldo

Luka Modric mengalahkan kompetitor besar seperti Cristiano Ronaldo, Antoine Griezmann, dan Lionel Messi untuk merebut penghargaan prestisius ini.

Gelandang andalan Real Madrid itu memainkan peranan vital bagi klub untuk merebut gelar Liga Champions kali ketiga secara beruntun, juga menjadi kapten bagi timnas Kroasia, yang keluar sebagai runner-up di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dengan timnas Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia, Griezmann, Kylian Mbappe dan bahkan rekan setim Modric di Madrid Raphael Varane berada di antara nama-nama favorit untuk merusak dominasi Ronaldo dan Messi.

Pemenang penghargaan Ballon d’Or akan diumumkan di Paris pada Senin (3/12) petang. Tapi pemain asal Kroasia, Luka Modric, dan timnas Perancis, yang memenangkan Piala Dunia, berharap bisa mengakhiri dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selama 10 tahun, kantor berita AFP melaporkan.

Ronaldo dan Messi mendominasi penghargaan tersebut selama satu dasawarsa terakhir. Masing-masing sudah mengantongi lima penghargaan. Tapi harapannya, ada nama baru yang diumumkan dalam acara mewah di Grand Palais, tak jauh dari Champs-Elysees.

Baca juga   Pogba Dikabarkan Bakal Bergabung dengan AC Milan

Meski Ronaldo berhasil memenangkan Piala Liga Champion bersama Real Madrid, dan Messi terus memberikan penampilan memukau untuk Barcelona, kedua pemain sudah menginjak usia 30an. Selain itu, keduanya juga tidak menunjukkan permainan dominan selama gelaran Piala Dunia di Rusia.

Dan hal itu menjadi penilaian penting. Seperti diungkapkan oleh Presiden FIF Gianni Infantino baru-baru ini: “Anda bisa menganugerahkan penghargaan Ballon d’Or kepada setengah anggota timnas Perancis atas penampilan mereka di Piala Dunia.”

Enam anggota timnas Perancis masuk dalam daftar nominasi yang berisi 30 pemain. Ballon d’Or adalah penghargaan sepak bola yang diselenggarakan oleh majalah France Footbal dan dipilih oleh 180 wartawan olahraga dari seluruh dunia.

Diantara mereka adalah pemain depan remaja Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, penyerang Atletico Madric Antoine Griezman, dan bek Real Madrid Raphael Varane. Hugo Lloris, Paul Pogba dan N’Golo Kante juga masuk nominasi.

Foto kombinasi 1 Desember 2018, dari kiri atas, gelandang Kroasia, Luka Modric; pemain depan Atletico Madrid asal Perancis Antoine Griezmann; dan pemain depan Juventus, Cristiano Ronaldo. Dari kiri bawah: Kylian Mbappe; bek Real Madrid asal Perancis, Raphael Varane; dan gelandang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah.
 Foto kombinasi 1 Desember 2018, dari kiri atas, gelandang Kroasia, Luka Modric; pemain depan Atletico Madrid asal Perancis Antoine Griezmann; dan pemain depan Juventus, Cristiano Ronaldo. Dari kiri bawah: Kylian Mbappe; bek Real Madrid asal Perancis, Raphael Varane; dan gelandang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah.

Pesepak bola terakhir yang memenangkan Ballon d’Or adalah Zinedine Zidane pada 1998 atas prestasi Perancis memenangkan Piala Dunia di kandang sendiri pada tahun itu.

Baca juga   Jelang Final Piala Dunia: Pilih mana Perancis atau Kroasia

Tapi tidak ada kandidat dari timnas Perancis yang menonjol mungkin bisa memuluskan jalan Modric memenangkan penghargaan tersebut. Pemain berusia 33 tahun itu tampil brilian saat membela Real Madrid yang membuahkan Piala Liga Champion untuk tahun kedua berturut-turut.

Real Madrid tentunya ingin Modric menggantikan Ronaldo, pemenang penghargaan 206 dan 2017, yang meninggalkan Bernabeu untuk bergabung dengan Juventus.

Penghargaan Ballon d’Or kali ini juga istimewa karena untuk pertama kali akan memberikan penghargaan untuk pesepak bola putri. Penghargaan untuk pemain putri dipilih oleh 45 wartawan olahraga. Ada 15 pemain yang masuk nominasi, termasuk Marta dari Brazil, yang baru-baru ini memenangkan penghargaan FIFA. [ft/au]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.