Connect with us

HEADLINE

Tips Aman Saat Mendaki Gunung

Published

on

Setiap orang tentu saja memiliki caranya tersendiri untuk melakukan liburan seperti dengan bepergian ke mall, kemudian bepergian ke kebun binatang, pergi ke Museum, dan lain sebagainya. Ada salah satu cara yang paling banyak diminati oleh banyak orang yaitu bepergian ke beberapa tempat yang ada di Indonesia. Dengan melakukan perjalanan memang merupakan salah satu cara berlibur yang sangat menyenangkan, apalagi kini munculnya sebuah trend baru yaitu trend Adventure.

Trend Adventure ini adalah trend dalam melakukan perjalanan ke alam bebas. Beberapa contoh trend Adventure adalah travelling ke air terjun, travelling ke hutan, travelling ke sungai dan travelling ke danau. Akan tetapi di antara perjalanan-perjalanan tersebut ada lagi travelling atau sebuah perjalanan berlibur yang di bilang agak sulit dalam melakukan perjalanannya yaitu travelling ke gunung. Travelling ke gunung ini merupakan bentuk perjalanan yang anti mainstream karena dalam perjalanan ini tidak semua orang dapat melakukannya. Dalam melakukan travelling ke gunung yang perlu di persiapkan adalah mental dan fisik karena saat di perjalanan fisik dan mental kita sangat lah di uji karena beratnya medan yang ada di sana.

Di Indonesia terdapat cukup banyak sekali gunung yang dapat kita pilih sebagai tujuan travel kita. Seperti mendaki keindahan Gunung Rinjani, kemudian mendaki keindahan Gunung Semeru, mendaki keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia. Dalam melakukan travelling ke beberapa gunung yang ada di Indonesia juga memiliki beberapa peraturan seperti tidak boleh membunuh apapun selain waktu, tidak boleh mengambil apapun selain foto, dan tidak boleh meninggalkan apapun selain jejak kaki. Peraturan itu harus di lakukan di setiap kita melakukan travelling ke gunung-gunung yang ada di Indonesia.

Selain itu Anda juga harus membawa beberapa barang yang dibutuhkan sebelum mendaki gunung. Yuk simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaki Gunung

Mendaki gunung memang merupakan aktivitas yang kini sangat banyak disukai oleh banyak orang bahkan dari usia remaja hingga dewasa, hal ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara untuk menikmati liburan, kemudian untuk melihat bahwa betapa indahnya alam Indonesia, dan juga ingin bersyukur dan menganggap dirinya sangat kecil di hadapan sang pencipta. Banyak orang yang mungkin belum pernah mendaki gunung akan sangat penasaran bahwa apa sensasi dari naik gunung, namun bagi Anda yang ingin mendaki sebuah gunung, maka Anda juga harus mempersiapkan beberapa peralatan maupun perlengkapan yang sangat dibutuhkan selama mendaki gunung. Mau tahu apa sajakah hal-hal yang dibutuhkan? Simak beberapa penjelasannya berikut ini.

  1. Mempersiapkan fisik dan mental.
    Tips yang pertama yaitu mempersiapkan fisik dan juga mental. Mendaki gunung tentu saja bukan hal yang mudah apalagi medan yang curam, terjal dan juga selalu menanjak akan membuat Anda lelah. Maka dari itu jika Anda memutuskan untuk mendaki gunung maka Anda harus mempersiapkan diri Anda dengan sangat pasti dan yakin.
  2. Mengetahui informasi gunung yang akan didaki.
    Tips yang kedua yaitu mengetahui informasi tentang gunung apa yang akan Anda daki, Anda wajib mengetahui tentang jalur-jalurnya, kemudian juga mengetahui apakah ada sumber mata airnya atau tidak, kemudian apakah ada hewan buasnya atau tidak, dan lain sebagainya.
  3. Mempersiapkan logistik (makanan dan minuman).
    Tips yang ketiga yaitu mempersiapkan berbagai perlengkapan logistik seperti makanan, minuman, yang akan Anda bawa tentunya selama mendaki gunung. Perkirakan juga waktu yang kira-kira dibutuhkan ketika mendaki gunung tersebut, jadi Anda juga bisa memperkirakan makanan maupun minuman-minuman yang akan Anda bawa tentunya selama dalam perjalanan.
  4. Mempersiapkan obat-obatan.
    Tips yang keempat yaitu dengan mempersiapkan obat-obatan. Obat-obatan ini memang sangatlah penting tentunya untuk mengantisipasi jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalkan lecet terkena kayu, atau luka karena sepatu, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membawa minyak kayu putih atau semacamnya yang akan membuat Anda menjadi hangat karena tentu saja di gunung suhu nya akan jauh lebih dingin dibandingkan dengan di kota.
  5. Mempersiapkan barang yang penting.
    Tips yang kelima yaitu mempersiapkan barang-barang yang penting seperti mempersiapkan tenda, kemudian mempersiapkan carrier, mempersiapkan nesting atau alat memasak, kompor, pisau, piring, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membawa plastik sampah untuk menampung sampah-sampah yang kita bawa untuk kemudian dibuang ke bawah yaitu ke tempat sampah yang mungkin disediakan di basecamp.

Tips Aman Ketika Akan Mendaki Gunung

Setelah Anda mempersiapkan beberapa hal-hal apa sajakah yang harus Anda bawa ketika akan melakukan perjalanan khususnya mendaki gunung, ada juga beberapa hal atau tips aman ketika Anda akan mendaki beberapa gunung yang ada di Indonesia, diantaranya adalah:

  1. Melakukan olahraga sebelum melakukan pendakian.
    Tips yang pertama yaitu melakukan olahraga sebelum mendaki gunung. Mendaki gunung ini juga sama dengan melatih fisik, maka dari itu untuk mendapatkan fisik dan juga stamina yang kuat maka tentu saja dibutuhkan juga dengan adanya latihan-latihan agar nantinya saat Anda mendaki gunung akan jauh lebih kuat, terutama dalam mengatur napas. Ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan misalkan dengan jogging, push up, sit up (senam lantai), dan lain sebagainya.
  2. Membawa perlengkapan yang lengkap.
    Tips yang kedua yaitu membawa perlengkapan yang lengkap. Seperti yang sudah disebutkan di atas Anda harus mempersiapkan berbagai macam perlengkapan sebelum mendaki gunung misalkan tenda, sleeping bag, carrier, jaket, pisau, jas hujan, dan lain sebagainya. Dan tak lupa juga untuk membawa makanan dan juga minuman untuk bekal perjalanan.
  3. Membawa jaket yang tebal.
    Tips yang ketiga yaitu membawa jaket yang tebal. Hal ini tentu akan membuat Anda menjadi jauh lebih hangat, usahakan juga untuk membawa jaket yang anti air dan juga anti angin agar Anda akan selalu hangat ketika berada di gunung.
  4. Memakai peralatan yang sesuai standar.
    Tips yang keempat yaitu menggunakan peralatan-peralatan yang sesuai standar. Anda harus menggunakan jaket yang khusus untuk mendaki gunung, kemudian menggunakan sepatu khusus mendaki gunung, menggunakan tenda yang anti angin dan juga kuat, dan lain sebagainya.
  5. Mengetahui cuaca.
    Tips yang kelima yaitu dengan memperhatikan perubahan cuaca. Kini sudah banyak aplikasi-aplikasi cuaca yang bisa Anda download dan juga pantau terhadap cuaca yang sedang terjadi di beberapa gunung yang akan Anda daki.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai salah satu pilihan untuk berlibur yang cukup dan juga sangat menyenangkan bahkan anti mainstream yaitu dengan mendaki gunung-gunung yang ada di Indonesia. Selain itu di atas juga sudah disebutkan beberapa tips atau hal-hal yang harus Anda persiapkan dengan cukup matang khususnya bagi yang akan mendaki gunung. Ada juga penjelasan mengenai tips aman yang bisa Anda lakukan juga ketika akan mendaki gunung yang ada di Indonesia ini. Yang terpenting adalah selalu sopan dimana pun kita berada, dan juga jangan sombong. Semoga dengan penjelasan-penjelasan di atas dapat membantu Anda yang akan melakukan liburan khususnya dengan mendaki gunung-gunung yang ada di Indonesia.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

HEADLINE

Suplemen Minyak Ikan Dapat Tingkatkan Kesuburan Pria

Published

on

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Gencil News – Sebuah studi dari Denmark menunjukkan pria yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan, yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi, mungkin dapat meningkatkan kesuburannya.

Dalam laporan yang diterbitkan di jurnal JAMA Network Open, setelah meneliti data dari hampir 1.700 pria muda, para peneliti yakin bahwa konsumsi suplemen minyak ikan terkaitdengan jumlah sperma yang lebih tinggi, testis yang lebih besar dan peningkatan kadar hormon yang berkontribusi pada kesuburan pria.

Tina Kold Jensen, profesor dari di Rigshospitalet dan University of Southern Denmark yang juga salah satu penulis stuid itu, mengatakan pria mendapatkan manfaat asam lemak omega-3 dengan menambahkannya dalam diet mereka. Namun, imbuh Jensen, konsumsi asam lemak omega-3 paling besar dampaknya untuk para pria yang memiliki kualitas sperma yang buruk.

Hal ini terjadi karena jenis asam lemak ini penting untuk kesuburan, kata Jensen dalam email.

“Komposisi membran sel sperma dengan kandungan asam lemak kaya sangat penting untuk fungsi sperma yang tepat,” jelas Jensen. “Membran sel sperma memainkan peran penting dalam peristiwa pembuahan utama. Omega-3 dalam membran sperma meningkat saat sperma matang dan tidak dapat disintesis. . . pada manusia dan perlu berasal dari diet. “

Untuk meneliti kemungkinan minyak ikan dan nutrisi lain dapat memengaruhi kesuburan pria, Jensen dan rekan-rekannya melibatkan para pria yang sedang sedang menjalani ujian fisik sebagai bagian dari prosedur wajib militer Denmark. Hal tersebut dilakukan antara 1 Januari 2012 dan 31 Desember 2017.

Mereka diundang untuk berpartisipasi dalam studi fungsi testis dan mereka yang mendaftar diberi jadwal pemeriksaan dan disediakan kompensasi sebesar 500 Denmark krone (AS$ 74,23).

Dalam proses tersebut, para pria mengisi kuesioner, menjalani pemeriksaan fisik, mengirim sampel air mani dan diambil darahnya. Mereka ditanya tentang diet, vitamin atau suplemen makanan, masalah gaya hidup dan kesehatan, dan khususnya tentang masalah kesehatan testis, seperti hernia inguinalis, dan tentang penyakit menular seksual.

Para pria juga ditanyai tentang konsumsi alkohol, penggunaan tembakau dan ganja, dan apakah ibu mereka merokok selama kehamilan.

Ketika Jensen dan rekan-rekannya menganalisis data mereka, ditemukan fakta pria yang mengonsumsi suplemen minyak ikan kurang dari 60 hari dalam tiga bulan terakhir memiliki volume semen 0,38 mL lebih tinggi dibanding mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Pria yang mengonsumsi minyak ikan pada 60 hari atau lebih selama periode itu memiliki volume semen 0,64 mL lebih tinggi dibanding pria yang tidak menggunakan suplemen.

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)
Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Demikian pula, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Ukuran testis pada pria yang mengonsumsi minyak ikan kurang dari 60 hari adalah 0,8 mL lebih besar dan di antara mereka yang mengkonsumsinya selama 60 hari atau lebih, itu adalah 1,5 mL lebih besar.

Pria yang mengonsumsi minyak ikan juga memiliki jumlah sel-sel sperma yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Selain itu, mereka memiliki persentase sperma yang lebih tinggi yang berenang lurus ke depan, dibandingkan dengan sperma yang berenang dalam lingkaran, misalnya. Dan itu memiliki bentuk yang lebih sehat secara keseluruhan.

Studi baru ini menarik karena melihat laki-laki dari populasi umum yang muda dan sehat, kata Albert Salas-Huetos, seorang peneliti di unit urologi, andrologi dan IVF di Universitas Utah di Salt Lake City. 

Continue Reading

HEADLINE

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

Published

on

Nutrisi Ini Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Terhadap Stress

GENCIL NEWS – Menurut ahli gizi dari Amerika Serikat Anthony William, makanan penuh nutrisi lebih baik dikonsumsi di pagi hari. Tepatnya saat kondisi perut masih kosong. Ini karena tubuh menerima nutrisi lebih optimal serta mencernanya lebih baik saat pagi hari.

Tetapi bagaimana jika makanan berikut akan membuat efek lebih relaks setelah anda mengkonsumsi nya, daya tahan tubuh terbentuk,metabolisme terjaga dan Secara biologis tubuh Anda dipersenjatai dengan zat-zat anti stres yang ada pada sistem kekebalan tubuh Anda

Amunisi yang penting diperoleh dari nutrisi yang Anda dapatkan dari setiap menu masakan yang mampu memicu hormon khusus di dalam tubuh yang meningkatkan daya tahan terhadap stres dan relaks

  1. Sup 

Dengan aneka racikan sayur dan daging lembut membuat Anda dapat lebih rileks. Tak hanya hangatnya sup saja yang membuat Anda nyaman, tetapi nutrisi yang Anda dapatkan dari tomat, kacang-kacangan, bawang putih, dan brokoli yang kaya vitamin C menekan stres hingga ia tak muncul kembali di saat itu. Tubuhpun terasa lebih bugar dan bersemangat. 

2. Mint Aneka kesegaran mint yang Anda dapatkan dari banyak produk, termasuk permen, inilah yang membuat Anda merasa lebih rileks dan segar. Selain itu mint dapat mengusir bau mulut tak sedap, sehingga Anda bebas bercuap-cuap dengan siapapun dalam jarak dekat. Mint bekerja melepaskan zat tertentu yang meregangkan otot-otot tegang, meredakan sakit kepala dan melonggarkan saluran respirasi Anda. Inilah yang membuat Anda jauh lebih rileks

3. Teh Bunga Chamomile 

Teh selalu menjadi daftar utama dalam makanan relaksasi, namun teh unik yang diperoleh dari bunga Chamomile ini benar-benar mujarab sebagai anti stres, dan tidak membuat Anda ketergantungan. Aroma khasnya begitu menggoda dan menenangkan, sehingga pas untuk diseduh di sore hari sambil menikmati semilir angin yang menerpa wajah. 

4. Kacang-kacangan 

Jika selama ini Anda malah takut berjerawat karena mengonsumsi kacang, Anda boleh berlega hati. Banyak zat penting di dalam kacang yang efektif menekan stres di tubuh, magnesium salah satunya. Magnesium yang terkandung pada kacang mencapai 12%, dan nilai ini cukup efektif untuk menekan stres dan membuat otot tubuh lebih rileks. 

5. Susu hangat 

Anda mungkin masih ingat saat kecil dulu Anda selalu dibuatkan segelas susu hangat oleh ibu. Kemudian Anda beranjak dan mulai terlelap dalam tidur nyenyak. Kandungan tryptophan dalam susu memicu peningkatan serotonin di dalam tubuh, sehingga menimbulkan perasaan nyaman dan membuat Anda terlelap dalam tidur. 

6. Pasta/ nasi/ risotto 

Kandungan karbohidrat menstimulasi peningkatan produksi insulin dalam tubuh, yang kemudian membersihkan dan memperlancar peredaran darah. Saat peredaran darah lancar, Anda pun lebih rileks dan timbul rasa kantuk. Demikianlah mengapa Anda selalu merasa mengantuk dan nyaman seusai santap makan

7. Buah-buahan Buah-buahan kaya vitamin C juga turut memacu produksi seratonin. Buah-buahan tersebut di antaranya: apel, mangga, jeruk, nanas, strawberry, anggur, pisang, dll. 

8. Cokelat Seperti yang pernah Anda dengar, cokelat merupakan makanan relaksasi yang manis dan menyenangkan, terutama bagi wanita. Tak hanya produksi seratonin saja, antioksidannya membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman saat memakannya. Kulit menjadi lebih halus lembut dan rileks. 

9. Ice Cream Selain rasa yang ada dalam ice cream, kandungan kalsium inilah yang memegang peranan tak kalah penting. Bantuan dari tryptophan membuat otak merasa lebih rileks dan nyaman. Untuk hasil yang terbaik pilih ice cream yang rendah lemak sehingga kesehatan jantung Anda tetap terjaga. 

10. Seafood Sudah terbayangkan kelezatan aneka seafood ini? Asam amino yang terkandung dalam seafood membantu Anda lebih bersemangat dalam beraktivitas dan memberikan asupan energi yang luar biasa. Ciptakan menu relaksasi ini dengan mengkombinasikannya ke dalam menu makan Anda.

Continue Reading

Gaya Hidup

Ini Dia 2 Tempat Wisata Terkenal di Sukadana Kayong Utara

Published

on

GENCIL NEWS – TEMPAT WISATA KAYONG UTARA – Bagi Anda yang tengah berada atau hendak pergi ke Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, alangkah baiknya menyempatkan/meniatkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisatanya.

Untuk menuju ke Kabupaten Kayong Utara Anda dapat menggunakan transportasi seperti pesawat, kapal maupun jalan darat. Jika ingin menggunakan jalur sungai kapuas, bisa melalui pelabuhan Kapuas Pontianak dengan speadboat.

Jarak tempuh menggunakan speadboat sekitar 5 – 6 jam perjalanan dengan biaya 230 ribu rupiah. Serunya menggunakan speadboad, Anda juga bisa melihat pemandangan sepanjang jalur sungai Kapuas yang ditumbuhi tumbuhan mangrove.

Nah, jika menggunakan pesawat Anda bisa melalui bandara Supadio Pontianak menuju Rahadi Oesman, selanjutnya bisa menggunakan taksi menuju Sukadana dengan jarak tempuh sekitar 1.5 jam.

Berikut beberapa tempat wisata yang berada di Sukadana Kayong Utara yang layak Anda singgahi, antara lain:

Pantai Pulau Datok

Pantai Pulau Datok terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung yang berada di Desa Sutra Kecamatan Sukadana. Tempat wisata ini sudah terkenal di Kalimantan Barat, terutama di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang.

Tempat ini menjadi favorit bagi masyarakat sekitar dan pelancong dikarenakan suasanya tempatnya yang nyaman, jauh dari kebisingan. Para pengunjung bisa merasakan segarnya tiupan angin pantai, hamparan pasir yang luas memanjang dan ombak di tepian pantai.

Aksesnya pun mudah dijangkai, sekitar 10 menit perjalanan dari Kota Sukadana dengan menggunakan roda dua.

Lubuk Baji

Lokasi tempat Lubuk Baji masih dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Palung, letaknya di Desa Benawai Agung Kabupaten Kayong Utara. Di tempat ini Anda akan menemukan jejak-jejak orang utan liar dan jika beruntung Anda dapat melihat langsung orang utan tersebut.

Hewan lain yang bisa Anda lihat, Owa-owa, Monyet Merah Daun, Beruang Madu Malaya, Rangkong, Pelatuk dan binatang lainnya.

Akses ke Lubuk Baji dapat Anda capai dengan berjalan kaki selama kurnag dari 8 jam melalui pintu masuk di Air Pauh Desa Sutra Kecamatan Sukadana. Untuk keluar dari tempat ini membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam menuju pintu keluar di Dusun Begasing Desa Benawai Agung Kecamatan Sukadana.

Anda tertarik mengungjungi kedua tempat wisata di Kabupaten Kayong Utara ini? Baiknya jika sudah berada di Sukadana, Anda ‘wajib’ mengunjunginya dan buktikan keindahan tempat tersebut. Selamat berlibur di Sukadana Kayong Utara.

 

Continue Reading

TRENDING