Opini

Pertengkaran Yang Terlalu Dini Bisa Membuat Publik Tidak Tertarik

Pertengkaran Yang Terlalu Dini Bisa Membuat Publik Tidak Tertarik
(Ireng Maulana, Pengamat Politik)

Hangat suhu panggung politik di daerah sudah mulai terasa walaupun pemilihan kepala daerah masih akan di tahun 2024, dan situasi ini normal dan biasa.

Hari-hari ini publik sudah mulai merasakan aksi saling lempar sindiran dan isu oleh elite politik yang berkepentingan kepada agenda Pilgub 2024.

Sekali lagi, manuver seperti ini bukan satu keburukan dan boleh saja dikerjakan tapi belum tentu penting.

Politik gagasan memang berbeda dengan politik reaksioner. Kalau elite politik di daerah ingin mendorong diri Mereka selangkah lebih maju, maka mereka seharusnya memperkuat politik gagasan.

Sebaliknya, jika masih bertahan dengan berpolitik praktis cara lama, maka pesan yang tiba ke dalam pikiran publik dalam tampilan gaduh dan polemik.

Baca juga   Persepsi Konsumen CSR Yang Diberikan Oleh Online Retail

Kita tentu mengharapkan elite politik kita di daerah lebih memilih memperlihatkan ketajaman gagasan dan ide yang otentik jika punya target akan menjadi kandidat pada pemilihan kepala daerah mendatang.

Kapasitas melihat pekerjaan kemajuan dimasa depan yang akan membedakan calon pemimpin kita di daerah nanti, bukan gimmick, sindiran, apalagi isu dangkal.

Gagasan harus di adu sejak sekarang dan tidak harus menunggu masuknya waktu kampanye formal. Publik menunggu pikiran pemimpin mereka sejak awal bukan di waktu injury time akan dilaksanakan pemilihan.

Kapabilitas sesuai bidang dapat menjadi modal besar untuk dipertontonkan kepada publik untuk mengetahui kemampuan memimpin.

Masih terlalu pagi untuk beradu kampanye negatif. Kita khawatir publik tidak tertarik dengan pertengkaran yang terlalu dini tanpa bobot substansi yang bermanfaat untuk pendidikan politik masyarakat.

Elite politik kita di daerah seharusnya jauh lebih cerdas untuk mengemas tampilan citranya yang sejati. Perlihatkan keseriusan untuk memberikan opsi kepemimpinan masa depan yang sebenarnya di daerah.

Baca juga   Membentuk Jiwa Wirausaha Melalui Ekstrakurikuler Di Sekolah

Mungkin sudahi saja saling sindir tanpa didahului dengan kerapian memperlihatkan karya masing-masing.

Pembuktian kepada publik seharusnya harus jauh lebih elegan tanpa mencampurkan lagi sentimen dan emosi publik didalamnya.

Hari ini, politik masa depan, politik millenium seharusnya dibentuk atas dasar kepercayaan masyarakat karena transformasi suasana kebatinan mereka yang mendapati harapan akan hidup masa depan yg lebih baik.

Terakhir, percaya atau tidak, mereka yang mulanya bertengkar mungkin dapat bersama berpasangan, karena dalam politik selain kita menggunakan kalkulasi, sebagian juga percaya dengan takdir politiknya. Untuk itu, kurangi bertengkar, perbanyak gagasan. (Ireng Maulana, Pengamat Politik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top