Pendidikan

Hari Lahir Pancasila dan Lima Konsep Sebagai Dasar Negara

Hari Lahir Pancasila dan Lima Konsep Sebagai Dasar Negara

Gencil News- Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Juni. Tanggal tersebut resmi keluar sesuai Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Nama Pancasila pertama kali muncul ketika Ir. Soekarno berpidato dalam rangkaian sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Ketika berpidato dalam sidang BPUPKI 1 Juni 1945, Bung Karno mengemukakan lima konsep untuk menjadikan pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Selain itu, Lima konsep tersebut ialah: kebangsaan, internasionalisme, permusyawarakatan, kesejahteraan, dan ketuhanan.

Selanjutnya, Lima pilar itulah yang menjadi dasar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 1 Juni 1945.

Baca juga   Tabungan Simpanan Pelajar dari Bank Kalbar Untuk Masa Depan Siswa

Pada lain sisi, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui akun instagram @jokowi menyampaikan, “Bangsa yang besar ini telah melayari pelbagai zaman dengan berpedoman kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,”

“Berpegangan pada nilai-nilai itu pula, dengan persatuan dan gotong royong, kita akan kembali melewati masa-masa sulit ini, dan keluar sebagai pemenangnya.”

Baca juga   Cara Daftar Kampus Mengajar Dari Kemendikbud Untuk Daerah 3T

Persatuan rakyat Indonesia adalah sebuah kekuatan dasar untuk mempertahankan keamanan dan pertahanan Indonesia dari ancaman yang berasal dari dalam maupun luar negeri

Pancasila hadir sebagai pemersatu pandangan hidup masyarakat Indonesia yang bertujuan untuk menjaga dinamika dalam masyarakat yang majemuk.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top