Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 2 Halaman 63-73
Connect with us

Pendidikan

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 2 Halaman 63-73

Published

on

Kunci Jawaban Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 2 Halaman 63-73

Gencil News- Kunci jawaban untuk kelas 5 SD pada buku tematik tema 1 subtema 2 masuk pada pembelajaran 2 dengan judul Organ Gerak Hewan Dan Manusia.

Kunci Jawaban Halaman 63 – 67

Ayo Mengamati

Gambar 1 Pembelajaran 2 Kelas 5 SD Tema 1

Amatilah gambar di atas. Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Kegiatan yang nampak pada gambar di atas adalah ….

Jawaban:

Kegiatan seorang anak yang sedang menendang bola

2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan ….

Jawaban:

Organ gerak

3. Tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah ….

Jawaban:

Di lapangan bola

4. Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut?

Jawaban:

Sebelum bermain bola sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar otot-otot siap untuk bergerak dan tidak mengalami cedera atau keram.

Kunci Jawaban Halaman 68 – 70

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut.

Untuk memudahkan pekerjaanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.

Jawaban:

– Tulang hasta
Fungsi: Membentuk lengan bawah sebagai alat gerak manusia serta menghubungkan lengan atas dengan pergelangan tangan.

– Tulang atas
Fungsi: Tulang lengan atas Menjadi penghubung antar gelang bahu dan tulang lengan bawah

– Tulang pengumpil
Fungsi: Menyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari

– Tulang pergelangan tangan
Fungsi: Menghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang telapak tangan (carpals)

– Tulang telapak tangan
Fungsi: Pemberi bentuk tangan, juga menghubungkan tulang jari (phalanges) dgn tulang pangkal tangan (carpals).

– Tulang paha
Fungsi: Penggerak untuk berjalan dan berlari

– Tulang kering
Fungsi: Penahan benturan di kaki dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari

– Tukang betis
Fungsi: Penahan tulang betis dalam menjaga keseimbangan dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari

– Tulang pergelangan kaki
Fungsi: Gerak naik turun kaki, karena adanya sendi engsel

– Tulang telapak kaki
Fungsi: Tumpuan kaki untuk berpijak sehingga dapat berjalan, berlari dan berdiri

– Tulang jari kaki
Fungsi: Pijakan dan juga membantu badan agar lebih seimbang

Fungsi organ gerak manusia sangat banyak. Hampir semua aktivitas manusia tidak bisa terlepas dari organ gerak, bukan hanya dalam sepak bola saja. Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!

Jawaban:

Fungsi organ gerak manusia, hampir semua aktivitas manusia menggunakan organ gerak seperti berjalan, berlari, makan, menangkap benda, menulis, berenang dan lainnya.

Berbagai aktivitas dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya itu tidak terlepas dari karunia Tuhan yang memberikan kelengkapan dan kesempurnaan fungsi bagian-bagian tubuh kita. Sudahkah kamu bersyukur atas itu semua? Bagaimana caramu bersyukur?

Jawaban:

Caraku bersyukur dengan berdoa dan menjaga serta merawat semua bagian tubuhku dengan baik.

Kunci Jawaban Halaman 71 – 75

Ayo Membaca

Penyandang Cacat yang Sukses

Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan kursi roda, dia mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya untuk berjalan.

Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha melakukan semua aktivitasnya sendiri. Dia juga tidak mau dipapah atau digendong.

“Saya tidak mau dikasihani orang. Saya ingin sukses bukan karena orang kasihan kepada saya, tetapi karena kerja keras saya,” katanya lugas.

Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi tidak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain. Dengan bekal ijazah diplomanya, dia diterima di sebuah perusahaan kontraktor sebagai staf personalia. Tapi belum lama dia bekerja, krisis moneter tahun 1998 menghantam dan perusahaannya terpaksa tutup. Maka, dimulailah periode Sidik menjadi pengangguran. Tetapi, dia tak mau lama-lama menganggur, Sidik mulai mengikuti berbagai kursus keterampilan yang diadakan oleh Pemda DKI bagi penyandang cacat. Salah satu kursus yang memikat perhatian Sidik ialah kursus membuat kerupuk dari singkong.

Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah. Bersama istrinya, Sidik kemudian memulai usaha membuat kerupuk dari singkong.

“Dulu belum ada merek, plastik pembungkusnya masih polos.” katanya. Pada awal produksi dia memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berukuran 2 ons dari bahan baku singkong sebanyak 10 kilogram.

“Namanya juga pertama, kerupuk dagangan saya baru habis setelah sebulan lebih,” katanya mengenang.

Namun kini, dari hanya mengolah 10 kilogram singkong, Sidik mengolah sedikitnya 50 hingga 100 kilogram singkong setiap bulannya.

Dia juga sudah memiliki merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.

“Saya beri nama merek Cap Gurame, ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan ikan gurame, tetapi gurame adalah singkatan dari Gurih, Renyah, Enak,” katanya tersenyum. “Kalau nanti ada uang lebih, merek ini saya mau patenkan.” tambahnya.

Beruntung, ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.

“Namanya juga tidak punya kaki, saya sempat bingung juga, bagaimana mengendarainya?” Tetapi Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan. Dengan bantuan tukang las, jadilah sebuah motor dengan tongkat besi tambahan yang ditempel di perseneling dan injakan rem. Tidak lupa dia juga menempelkan gerobak di sampingnya untuk mengangkut muatan.

“Motor itu benar-benar membantu mobilitas dan produktivitas usaha saya.” ujar Sidik.

Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya. Setiap hari dia masih berkeliling ke koperasi-koperasi atau warung di seluruh pelosok Ibukota. Bahkan saat Kabari mewancarainya, dua kali telepon selularnya berbunyi dari orang yang meminta agar pasokan kerupuk “Cap Gurame” segera dikirim.

Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan. Meski jumlahnya kecil, apa yang diperbuat Sidik termasuk luar biasa. Dengan keadaan yang terbatas, dia menjadi enterpreuner sejati. Meminjam rumusnya Pak Ciputra, pengusaha dan dosen mata kuliah enterpreunership, bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 20 persen penduduknya menjadi enterpreuner, barulah menjadi negara makmur, maka Sidik telah memulainya bertahun-tahun lalu. Jelaslah, Indonesia membutuhkan orang-orang gigih seperti Sidik.

Cerita yang kamu baca inspiratif, bukan? Orang yang berkebutuhan khusus pun mampu beraktivitas layaknya orang normal. Bagaimana dengan kamu?

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya.

Jawaban:

Paragraf 1
Ide Pokok: Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan, ia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha.

Paragraf 2
Ide Pokok: Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak mau merepotkan orang lain.

Paragraf 3
Ide Pokok: Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tapi tak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain.

Paragraf 4
Ide Pokok: Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.

Paragraf 5
Ide Pokok: Ia juga sudah punya merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.

Paragraf 6
Ide Pokok: Beruntung ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usahanya.

Paragraf 7
Ide Pokok: Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya.

Paragraf 8
Ide Pokok: Kini, dari hasil usahanya Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan.

Kamu telah membaca bacaan di atas, tentunya kamu pun telah mengetahui dan memahami isinya. Banyaknya informasi yang kamu dapatkan dari bacaan tergantung pada panjang dan bobot bacaan. Tentunya akan berbeda informasi yang kamu dapatkan antara membaca teks berupa karangan dengan membaca buku.

Asyik sekali ya, aktivitas membaca itu? Apalagi jika membaca sebuah buku secara menyeluruh. Pada saat membaca buku, sebenarnya isi dari sebuah buku sudah dapat kita terka atau prediksikan sebelumnya dengan melihat sampul atau cover buku tersebut. Karena memang sampul cover buku merupakan bagian buku yang berupa gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi buku.

Cover atau sampul buku merupakan cerminan dari keseluruhan isi buku. Cover atau sampul merupakan bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi serta menguatkan isi dari buku.

Cover yang baik adalah yang bisa mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut.

1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.

2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan mudah dipahami.

3. Terdapat nama penulis.

4. Terdapat identitas penerbit.

5. Menyertakan gambar yang menarik.

6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.

7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.

Coba kamu perhatikan contoh cover berikut.

Gambar 2 Pembelajaran 2 Kelas 5 SD Tema 1

Sekarang giliranmu untuk membuat gambar pada cover atau sampul buku. Kamu dapat membuatnya berdasarkan isi bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses.

Jawaban:

Jawaban disesuaikan dengan hasil gambar siswa.

Ayo Renungkan

1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.

Paragraf 1 : Makan sayur membuat sehat
Paragraf 2 : Aku gemar makan sayur
Paragraf 3 : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
Pargaraf 4 : Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida

2. Kamu telah mengetahui organ gerak dalam tubuhmu beserta fungsinya. Coba renungkan, apa yang terjadi jika salah satu organ gerak dalam tubuhmu rusak atau tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya? Renungkan juga apa yang bisa kamu lakukan tanpa adanya organ gerak dalam tubuhmu? Lalu, bagaimana caramu menjaga organ gerak dalam tubuhmu?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, buatlah daftar aktivitas yang kamu lakukan di rumah. Tentukan aktivitas yang memanfaatkan organ gerak.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kunci Jawaban

Simak Soal Dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3

Published

on

By

Simak Soal Dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3

Gencil News- Simaklah soal dan kunci jawaban buku tematik untuk kelas 6 SD pada tema 3 subtema 3 pembelajaran 3. Pada halaman 129 hingga 133

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SD/MI halaman 129

Setelah berlatih, diskusikanlah hal berikut dengan bersama beberapa teman di kelas!

1. Apakah kamu berhasil melakukan semua latihan? Jelaskan alasannya!

Jawaban:

Berhasil, saya melakukannya dengan baik dan benar sesuai apa yg semestinya dilakukan.

2. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat melakukan beragam latihan tersebut?

Jawaban:

Tidak ada kesulitan

3. Bagaimana rencanamu selanjutnya untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu?

Jawaban:

Selalu olahraga rutin, dan mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna.

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SD/MI halaman 131

Cermati kembali teks eksplanasi tersebut.

Temukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif dalam teks, dan perbaiki!

Tulis dalam tabel berikut!

Jawaban:

(Nb: Kosakata Nonbaku – Perbaikan (kosakata baku) – Kalimat tidak efektif – Perbaikan (kalimat efektif))

– Dipake – Dipakai – Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipake buat penerangan di berbagai tempat. – Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipakei buat penerangan di berbagai tempat.

– Buat – Untuk – Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. – Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi untuk penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel.

Kunci jawaban Tema 3 Kelas 6 SD/MI halaman 132

Sekarang, coba temukan informasi penting dari teks eksplanasi tersebut sesuai dengan urutan paragrafnya.

Jawaban:

Paragraf 1: Topik Masalah

Penggunaan rangkaian seri dan paralel saling melengkapi dalam kehidupan manusia.

Paragraf 2 : Deret Penjelas

Lampu di kelasku menggunakan rangkaian campuran yang terdiri dari 3 saklar dan 4 lampu.

Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka lampu 1 (L1) menyala. Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka lampu 2 (L2) menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala.

L3 dan L4 adalah rangkaian seri, sedangkan L1, L2, dan L3-L4 adalah rangkaian paralel.

Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Rangkaian paralel dapat menghemat listrik karena lampu dapat dinyalakan sesuai kebutuhan.

Ayo Mengamati

Temukan jenis rangkaian lampu yang terdapat pada satu ruangan yang ada di sekolahmu. Perhatikan langkah-langkah berikut:

• Pilih satu ruangan di sekolah yang kamu sukai.

• Amati jenis rangkaian yang digunakan dengan memperhatikan jumlah sakelar dan jumlah lampu di ruangan tersebut.
• Nyala dan matikan sakelar untuk mengetahui posisi lampu yang menyala dan yang mati.

• Catat hasil pengamatanmu.

Gambar rangkaian lampu tersebut sesuai dengan hasil pengamatan.

Simpan hasil kerjamu untuk digunakan pada pertemuan berikutnya!

Ayo Renungkan

Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

Apa manfaatnya di masa depan?

Sudahkah aku teliti saat melakukan pengamatan rangkaian lampu?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan pada orang tua tentang kegiatanmu hari ini.

Bersama orang tua, amati rangkaian lampu yang ada di rumah. Apakah terdapat rangkaian listrik campuran? Diskusikan bersama orang tua tentang hal tersebut.

Continue Reading

Kunci Jawaban

Simak Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 3 Halaman 70 Hingga 72

Published

on

By

Simak Kunci Jawaban Kelas 4 SD Tema 3 Halaman 70 Hingga 72

Gencil News- Simaklah kunci jawaban buku tematik untuk kelas 4 SD pada tema 3 subtema 2 pembelajaran 4. Pada halaman 70 hingga 72

Kunci Jawaban Halaman 70.

Ayo Membaca

Bacalah cerita berikut!

Harimau Masuk Desa, Warga Cemas

Beberapa minggu belakangan ini, warga Desa Badung hidup dalam kecemasan. Hal ini terjadi karena beberapa kali terlihat beberapa ekor harimau masuk ke area pemukiman warga. Desa Badung memang terletak tak jauh dari hutan. Harimau-harimau tersebut memang belum mengganggu warga.

Mereka hanya berkeliaran, seperti sedang mencari makan. Warga Desa Badung berupaya mengamankan ternak peliharaan mereka. Ketika malam tiba, warga pun bergantian melakukan ronda untuk menjaga agar harimau-harimau tersebut tidak mengganggu.

Sesungguhnya, apa yang terjadi pada warga sudah lebih dahulu dirasakan oleh harimau-harimau penghuni hutan tersebut. Warga memang sering masuk ke hutan dan melakukan penebangan hutan untuk memperluas ladang kopi mereka. Tentu saja hal ini mengakibatkan habitat hewan hutan semakin sempit. Hak hidup hewan yang menjadi penghuni hutan terganggu.

Pohon-pohon yang menjadi sumber makanan hewan-hewan kecil dirusak. Akibatnya hewan-hewan kecil tersebut mencari makan di tempat lain. Nah, hewan besar seperti harimau yang memangsa hewan kecil pun kehilangan haknya untuk mencari makan di habitatnya sendiri. Naluri untuk meneruskan kehidupanlah yang membuat harimau-harimau tersebut kemudian mencari makan ke tempat lain. Itulah sebabnya harimau pun masuk ke Desa Badung.

Jika demikian, apakah harimau yang mengganggu hak hidup warga Desa Badung atau justru warga Desa Badung yang mengganggu hak hidup harimau di hutan? Manusia dikaruniai akal, budi pekerti, dan kebijaksanaan. Sudah seharusnya manusialah yang memahami kewajibannya untuk menjaga hak hidup makhluk lain di sekitarnya, termasuk harimau.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang dilakukan warga terhadap hutan?

Jawaban:

Para warga Desa Badung merusak lingkungan hutan dengan cara menebang pohon.

2. Apa yang terjadi dengan harimau?

Jawaban:

Harimau meninggalkan hutan dan menuju ke Desa Badung untuk mencari makan.

3. Apa yang terjadi dengan penduduk desa ketika harimau masuk ke desa?

Jawaban:

Penduduk ketakutan, kehilangan ternak mereka, dan mulai melakukan ronda untuk mengusir harimau.

4. Mengapa harimau masuk ke desa?

Jawaban:

Harimau itu kekurangan makan karena hutan sudah gundul, sehingga rantai makanan di hutan rusak.

5. Setujukah kamu dengan warga yang menebang kayu di hutan? Mengapa?

Jawaban:

Tidak. Menebang kayu di hutan dapat merusak lingkungan dan membahayakan kehidupan satwa hutan.

6. Apakah yang dilakukan warga melanggar hak-hak hewan? Jelaskan?

Jawaban:

Ya. Hewan di hutan memiliki hak untuk hidup, mendapatkan tempat tinggal, dan mendapat perlindungan, namun warga merampas hak-hak itu.

7. Apakah yang dilakukan penebang pohon juga melanggar hak-hak masyarakat sekitar? Jelaskan?

Jawaban:

Ya. Masyarakat sekitar hutan seharusnya dapat menikmati udara segar dari pohon di hutan, namun pohon di hutan semakin sedikit jumlahnya akibat penebangan.

8. Jika kamu menjadi warga tersebut apa yang akan kamu lakukan?

Jawaban:

Mengajak warga untuk menanam pohon yang baru dan berhenti menebang pohon.

9. Apa kewajiban yang seharusnya dilakukan oleh warga?

Jawaban:

Warga wajib melindungi lingkungan hutan sebagai sumber daya alam dan habitat satwa hutan, terutama satwa yang hampir punah.

Kunci Jawaban Halaman 71-72.

Beberapa orang berburu hewan liar dengan berbagai alasan.

Buku Tematik Kelas 4 SD/MI Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 halaman 71

Soal:

1. Setujukah kamu dengan alasan tersebut? Jelaskan.

Jawaban:

– Dijadikan pakaian: Tidak setuju. Menjadikan hewan sebagai bahan pakaian dapat mengurangi populasi hewan dan species hewan itu dapat terancam punah.

– Pemburu: Tidak setuju. Memburu hewan dapat merusak habitat hewan dan merusak kelestarian hewan.

– Kegiatan upacara adat: Setuju. Hewan dapat digunakan dalam kegiatan upacara adat selama hewan tersebut baik-baik saja dan tidak dibunuh.

2. Dampak bagi lingkungan?

Jawaban:

– Dijadikan pakaian: Menggunakan hewan sebagai bahan pakaian berdampak pada keseimbangan ekosistem seperti berkurangnya populasi hewan yang bertugas dalam rantai makanan.

– Pemburu: Memburu hewan dapat menyebabkan lingkungan menjadi tidak aman karena hewan yang diburu dapat lari ke pemukiman warga dan dapat mengurangi populasi hewan.

– Kegiatan upacara adat: Keberadaan hewan menjadi lebih mudah dilestarikan. Hewan yang ikut dapat kegiatan upacara adat sebaiknya dirawat dengan baik.

3. Dampak bagi orang lain?

Jawaban:

– Dijadikan pakaian: Menggunakan hewan sebagai bahan pakaian berdampak buruk bagi orang lain. Jika hewan tersebut menjadi langka, maka manusia kehilangan species hewan itu.

– Pemburu: Memburu hewan dapat membahayakan keselamatan orang lain karena hewan akan menyerang manusia saat dalam posisi terancam.

– Kegiatan upacara adat: Menggunakan hewan dalam kegiatan upacara adat dapat menjadi sarana memperkenalkan hewan kepada orang lain. Sehingga, keberadaan hewan tetap lestari.

4. Apakah perbuatan dalam gambar tersebut melanggar hak orang lain? Mengapa?

Jawaban:

– Dijadikan pakaian: Ya. Menggunakan hewan sebagai bahan pakaian adalah perbuatan melanggar hak orang lain karena hewan tersebut berhak mendapat perlindungan dari orang lain.

– Pemburu: Ya. Memburu hewan adalah perbuatan melanggar hak karena orang lain akan kehilangan species hewan tersebut dan tidak dapat melihatnya lagi.

– Kegiatan upacara adat: Tidak, karena kegiatan upacara adat mengajarkan kepada orang lain tentang hak melindungi dan melestarikan hewan.

5. Tulislah saranmu.

Jawaban:

– Dijadikan pakaian: Sebaiknya orang tidak menggunakan hewan sebagai bahan pakaian karena hewan dapat punah dengan cepat.

– Pemburu: Seharusnya pemburu mendapatkan hukuman karena memburu hewan untuk kepentingan pribadi serta dapat merusak ekosistem.

– Kegiatan upacara adat: Sebaiknya kegiatan yang dapat melestarikan hewan tetap dilakukan. Sehingga, hewan tersebut dapat dilindungi dan dirawat dengan baik.

Dengan alasan apapun perburuan hewan liar tidak dibenarkan. Hewan-hewan yang diburu akan menjadi punah.

Continue Reading

Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Kelas 3 SD, Cara Membuat Es Krim

Published

on

By

Kunci Jawaban Kelas 3 SD, Cara Membuat Es Krim

Gencil News- Berikut kunci jawaban untuk kelas 3 SD pada tema 3 subtema 3 pembelajaran 2 dan 3. Pada halaman 134 sampai 151. Dalam bacaan berikut ada cara memu

Pembelajaran 2

Kunci jawaban Tema 3 kelas 3 SD halaman 134-135

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mempraktikkan cara membuat es krim.

Sekarang, diskusikan secara berkelompok!

1. Apa wujud susu/santan di awal pembuatan es krim?

2. Apa wujud susu/santan di akhir pembuatan es krim?

3. Sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan es krim!

4. Mengapa membutuhkan es batu pada pembuatan es krim?

5. Apa fungsi garam untuk pembuatan es krim? Coba jelaskan!

6. Apakah pembuatan es krimmu berhasil? Coba ceritakan!

Jawaban:

1. Cair dan kental

2. Beku

3. Membeku

4. Agar mempercepat pembekuan

5. Agar mempercepat pembekuan

6. Berhasil, aku dan teman-temanku membuat es krim dengan rasa cokelat

Kunci jawaban Tema 3 kelas 3 SD halaman 135

Dapatkah kamu menyebutkan contoh lain perubahan wujud dari cair menjadi padat dalam kehidupan sehari-hari?

– Lilin yang telah mencair lalu didiamkan kembali

– Gula jawa yang didiamkan

Kunci jawaban Tema 3 kelas 3 SD halaman 136-137

Kerjakan secara berkelompok. Carilah informasi tentang peran-peran yang ada di sekolahmu, selain peran siswa! Isikan hasilnya pada tabel berikut!

Guru Kelas: Guru yang memberikan materi pembelajaran di kelas

Kepala Sekolah: Seseorang yang mengatur semua kegiatan di sekolah

Petugas Tata Usaha: Mengurus administrasi di sekolah

Pembelajaran 3

Kunci jawaban Tema 3 kelas 3 SD halaman 142

Bertanyalah kepada gurumu tentang percobaan yang kamu lakukan! Buatlah tiga pertanyaan.

Temukan jawabannya melalui kegiatan diskusi bersama di kelas!

1. Kenapa satu piring diletakkan di bawah terik matahari dan yang satu di dalam ruangan yang gelap?

Jawab: Karena agar terjadi perubahan

2. Kenapa pring yang berisi air di bawah terik matahari berkurang?

Jawab: Karena terjadi perubahan wujud menjadi menguap

Kunci jawaban Tema 3 kelas 3 SD halaman 144

Tuliskan hasil pengamatanmu selama percobaan berlangsung!

Piring yang berada di bawah terik matahari mengalami pengurangan air, sedangkan piring yang berada di dalam ruangan tidak terjadi pengurangan air.

Pada percobaan yang dilakukan terjadi atau tidak terjadi penguapan.

Alasannya adalah …

Pada percobaan, terjadi penguapan.

Hal tersebut karena air yang terdapat di bawah sinar matahari berkurang.

Kunci jawaban Tema 3 kelas 3 SD halaman 149

Ayo Berlatih

Perhatikan gambar tiap-tiap timbangan! Bantulah Dayu menemukan besaran yang tepat!

Buku Tematik Tema 3 kelas 3 SD halaman 149

Kunci jawaban Tema 3 kelas 3 SD halaman 150-151

Hitunglah dalam satuan gram:

1. 2 Kg + 100 gram = 2000 gram + 100 gram = 2100 gram

2. 4 Kg + 200 gram = 4000 gram + 200 gram = 4100 gram

3. 3 Kg + 500 gram = 3000 gram + 500 gram = 3500 gram

4. 5 Kg + 800 gram = 5000 gram + 800 gram = 5800 gram

Continue Reading

Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 2 SD Tema 3 Halaman 142-146

Published

on

By

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 2 SD Tema 3 Halaman 142-146

Gencil News- Berikut ini kunci jawaban buku tematik untuk kelas 2 SD pada tema 3 subtema 4 pembelajaran 5. Pada halaman 142 sampai 146

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 SD

Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 SD Halaman 142, 143, 144, 145 dan 146

Ayo Mengamati

Berkunjung ke Rumah Kakek

Siti bersama keluarga berkunjung ke rumah kakek.

Hampir setiap bulan, Siti mengunjungi kakek.

Kakek tinggal di desa.

Kakek tinggal bersama nenek dan paman.

Siti sangat sayang kepada kakek dan nenek.

Siti sering membantu nenek.

Di rumah kakek, Siti bermain bersama temanteman.

Mereka bermain Gebokan Batu alias Kasti.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 SD Halaman 142

Ayo Berlatih

Buatlah cerita sederhana berdasarkan gambar berikut!

Gambar 1: Keluarga Siti berkunjung ke rumah Kakek. Di sana, Kakek dan Nenek sudah menunggunya di halaman. Lalu Siti menyalami Kakek dan Neneknya.

Gambar 2: Siti dan saudara yang lain bermain di halaman belakang rumah Kakek. Mereka akur dan saling menjaga.

Gambar 3: Keluarga Siti berbincang dengan Kakek dan Nenek di ruang tamu. Mereka bercerita banyak hal.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 SD Halaman 143

Ayo Berdiskusi

Diskusikan sikap apa yang dapat kamu temukan dalam teks di atas! Tuliskan hasil diskusimu!

Jawaban: Sikap sopan santun, menghargai orang yang lebih tua maupun sama usia.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 SD Halaman 144

Ayo Mencoba

Coba sekarang kamu tuliskan anggota keluargamu di rumah! Kemudian tentukan perbedaan usia mereka!

1. Ayah berusia 40 tahun: dewasa

2. Ibu berusia 38 tahun: dewasa

3. Kakak laki-laki berusia 20 tahun: dewasa

4. Kakak perempuan berusia 15 tahun: remaja

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 SD Halaman 145

Ayo Berlatih

Pasangkan usia dan kelompok yang sesuai!

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 SD Halaman 145

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 2 SD Halaman 146

Ayo Berdiskusi

Ayo, diskusikan sikapmu ketika bertemu atau menyapa orang yang berbeda kelompok usia!

Jawaban: Menghargai dan menghormati.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING