Politik

Ma’ruf Amin Minta MUI Tak Ributi Urusan Capres

Ma'ruf Amin Minta MUI Tak Ributi Urusan Capres
Ma'ruf Amin saat menghadiri acara peringatan Milad ke-47 MUI, Selasa (26/7/2022)

Gencil News – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengimbau Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk tidak terlibat dalam perdebatan pencalonan presiden pada Pilpres 2024. Ma’ruf mengingatkan, menurut konstitusi, MUI sebagai organisasi masyarakat tidak ikut menentukan pemilihan presiden. dan calon wakil presiden, karena ini adalah partai otoritas atau koalisi partai mereka.

“Yang menentukan itu adalah partai politik atau gabungan partai politik, jadi kita tidak perlu ribut-ribut urusan capres,” kata Ma’ruf saat menghadiri acara peringatan Milad ke-47 MUI, Selasa (26/7/2022), dikutip dari Kompas.

Menurutnya, MUI cukup berperan dalam mengarahkan umat Islam untuk memilih calon pemimpin terbaik, bukan mendorong umat memilih calon tertentu. Ia melanjutkan, hal itu sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa umat Islam mesti mengangkat pemimpin yang layak dan pantas.

Baca juga   Kemendagri Sebut Pembangunan IKN Jangan Fokus Ke Infrastruktur

Untuk itu, kata Ma’ruf Amin pilihlah pemimpin yang afdol dengan kapasitas yang terbaik.

“Oleh karena itu, kita mengharapkan supaya memilih yang afdol, jangan yang tidak afdol. Tentu memilih kapasitas, kapabilitas, integritas, akhlak yang mulia, supaya yang dipilih terbaik dari calon yang lain,” kata Ma’ruf.

Ia juga berpesan agar MUI turut berperan dalam mencegah terjadinya perpecahan di tengah masyarakat, khususnya umat Islam, akibat perbedaan pilihan pada Pilpres mendatang.

“Oleh karena itu saya seiring katakan, kita diberikan prinsip yang kita sudah lakukan yaitu, “capres ente, capres ente, capres saya, capres saya”, kan tidak perlu terjadi benturan,” ujar Ma’ruf.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top