Matahari Departement Store Pontianak: Utamakan Layanan untuk Gaet Pelanggan

 

 

 

Matahari Department Store merupakan yang terbesar di Indonesia. Tidak hanya menjadi salah satu yang paling besar, bahkan department store ini juga telah menyebar ke seluruh pelosok negeri, salah satunya di Kota Pontianak. Di Kota Pontianak sendiri sudah terdapat dua store Matahari, yakni di Jalan Urip dan Jalan Ahmad Yani.

Menurut Store Manager – PT Matahari Department Store Kota Pontianak, Hadi Fattah menuturkan Matahari Department Store yang berada di Jalan Ahmad Yani merupakan cabang kedua setelah cabang pertama ada di Jalan Urip yang telah mulai beroperasi sejak 2001.

Konsep yang ditawarkan oleh Matahari Department Store adalah konsep department store modern pertama di Kota Pontianak. Maka tidak berlebihan, jika di Kota Pontianak sudah terdapat dua departemen store sekaligus.

“Kalau Matahari sendiri kan kita sebenarnya ini cabang kedua yang ada di Pontianak. Awalnya kan di Urip yang sudah mulai tahun 2001, konsep yang kita tawarkan adalah departemen store modern pertama yang ada di Pontianak.” ujar Hadi.

Sedangkan lingkup Kalimantan Barat, sudah terdapat empat Matahari Department Store yang telah berdiri, salah satunya di Kota Singkawang dan Kabupaten Ketapang. “Di kalimantan ini kan sebenarnya ada 4 department store, misalnya di Singkawang, Ketapang,” ungkapnya.

Jika diperhatikan keberadaan Matahari Department Store selalu berada di dalam sebuah mall. Dikatakan Hadi, awalnya Matahari Department Store mempunyai konsep berdiri sendiri. Namun dengan melihat perkembangan, maka saat ini lebih memilih menggunakan konsep one stop shopping. Sekarang konsumen berbelanja bukan menunggu waktu luang, namun kapanpun bisa santai berbelanja, misalnya ketika istirahat kerja.

“Dulu konsepnya stand alone, namun kemudian Matahari menggunakan one stop shopping dengan menempel di mall,” Jelasnya.

Baca juga   Warga Sambut Baik si Pacak

Dijelaskan Hadi, tidak hanya alasan itu saja, sekarang one stop shopping di mall juga telah menyediakan pendukung lainnya, seperti entertainment, food atau lainnya. Sehingga dengan banyaknya percampuran, maka akan lebih banyak pelanggan yang tertarik.

“Apalagi sekarang itu kan one stop shopping di mall itu ada entertaiment, food dan lainnya. Jadi kita cari mall yang ramai agar pelanggan bisa mendekat,” ujarnya.

Mall yang memiliki trafik pengunjung tinggi serta kelengkapan fasilitas yang bagus tentunya akan bertahan dan akan terus dikunjungi pelanggan. Jika Matahari Department Store menggunakan konsep mall berdiri sendiri, pastinya untuk mencari pengunjung dan pelanggan akan lebih sulit.

Dalam menerapkan strategi untuk mendapatkan pelanggan, Matahari Department Store Pontianak melakukannya dengan inovasi. Selain inovasi, Hadi juga fokus pada pelayanan pelanggan, dia menyebutkan feel good, artinya adalah memberikan kenyamanan terhadap pelanggan.

“Kalau kita kan selalu inovasi, dan yang penting berikan feel good dalam melayani pelanggan, bagaimana membuat pelanggan selalu nyaman,” ujarnya.

Selain itu, Matahari Department Store Pontianak juga melakukan inovasi pada aspek lainnya, seperti merchandise, toko, dan produk yang dijual. Dalam hal produk, Matahari Department Store Pontianak mengadakan key inisiative, dimana masing-masing karyawan didorong untuk memiliki word inisiative seperti men’s word, ladies word, dan children word.

“Di dalam produk sendiri setiap tahun kita mengadakan key inisiatif, jadi semua word inisiative itu kita ciptakan agar pelanggan bisa menemukan harga yang terjangkau, harga hemat, dan tetap bisa mengikuti trend yang bagus,” ungkap Hadi.

Tak sampai disitu saja, Matahari Department Store Pontianak lebih mengutamakan kenyamanan pelanggan. Hal tersebut terbukti dengan adanya program loyal customer, yakni pelanggan bisa menyampaikan apa yang sedang dibutuhkan, berapa harga yang diinginkan, dan barang apa yang ingin dibelanjakan. Hal tersebut menurut Hadi digunakan untuk menarik pelanggan.

Baca juga   OPEC, Rusia Tampik Seruan Trump untuk Naikkan Produsi Minyak

“Kita punya program loyal customer, dimana mereka bisa mengungkapkan yang mereka inginkan dari harga, barang yang diinginkan. Dengan begitu kita akan jual produk dengan harga yang mereka inginkan,” jelas Hadi.

Matahari Department Store Pontianak menargetkan pasar kelas menengah ke bawah dan kelas menengah ke atas. Namun, diakui Hadi Matahari Department Store Pontianak Jalan Ahmad Yani lebih fokus menggarap kelas menengah ke atas. Sedangkan untuk sasaran kelas menengah ke bawah, produk lebih banyak ada di Matahari Department Store Pontianak yang di Jalan Urip.

Dalam menyikapi pesaing atau department store baru, Matahari Department Store Pontianak sendiri mengatasinya dengan lapang dada dan terbuka. Hadi meyakini konsumen sudah memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Diakui Hadi, naik turun pengunjung dan pelanggan dalam bisnis merupakan hal biasa, namun dirinya tentu terus berusaha untuk menaikkan trafik pengunjung dan pembeli di Matahari Department Store Pontianak. Dengan melakukan berbagai promo menarik bagi pelanggan, Hadi yakin store yang dikelolanya akan terus dimintai oleh pelanggan.

Hadi menuturkan dirinya selalu menganggap pesaing bukan sebagai pesaing. Dirinya hanya fokus pada pelanggan; bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik dan pelanggan kembali ke store untuk membeli produk.

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.