Connect with us

Pendidikan

6 Negara Dunia Yang Memberikan Biaya Kuliah Murah Pertahun nya

Published

on

6 Negara Dunia Yang Memberikan Biaya Kuliah Murah Pertahun nya

Gencil News- 6 Negara Dunia Yang Memberikan Biaya Kuliah Murah.Pertahun nya. Bagi sebagian orang, mengenyam pendidikan ke luar negeri merupakan kelebihan tersendiri yang tidak semua orang bisa merasakannya. Karena memang, prediksi biaya untuk kuliah bisa mencapai angka puluhan hingga ratusan juta ditambah biaya hidup per tahun.

Bukan berarti semua universitas di luar negeri menerapkan biaya pendidikan mahal, Pasalnya, ada beberapa negara berikut masih bisa dipertimbangkan untuk nilai keuangan nya, sehingga layak masuk dalam daftar negara murah untuk kuliah.

Bahkan, negara-negara tersebut juga menawarkan biaya hidup yang cukup terjangkau. Bila kamu cermat memilihnya, bukan tidak mungkin impian untuk mengenyam pendidikan ke luar negeri bisa diwujudkan.

Meskipun masuk dalam kategori murah, beberapa negara tersebut benar-benar patut untuk dipertimbangkan.

6 Negara Dunia Yang Memberikan Biaya Kuliah Murah Pertahun nya

1. Malaysia

Letaknya yang berdekatan dengan Indonesia ini, membuat negara Malaysia banyak dijadikan pilihan oleh mereka yang menuntut ilmu. Mengenai biaya kuliahnya, Malaysia sendiri cukup terjangkau, setidaknya kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp20 juta hingga Rp60 juta saja per tahun.

Tak hanya itu saja, biaya hidup di sana pun juga kurang lebih biaya hidup di indonesia karena rata-rata hanya Rp4 juta tiap bulan

2. Norwegia

Soal biaya kuliah murah, Norwegia juaranya. Bagaimana tidak, hampir semua media tanah air setuju bila negara yang berada di Semenanjung Skandinavia ini dijuluki sebagai negara dengan biaya kuliah termurah.

Pemerintah norwegia menerapkan aturan gratis pendidikan bagi siapapun dan ditingkat apapun. Hal tersebut juga berlaku untuk mahasiswa internasional, yang mana kamu hanya perlu membayar uang administrasi sebesar 600 NOK atau setara dengan Rp 1 juta per semester.

Beberapa pilihan universitas di Norwegia dengan biaya kuliah gratis seperti University of Oslo, University of Agder, serta University of Nordland.

3. Jerman

Sama halnya dengan Norwegia, pemerintah Jerman juga memberikan biaya pendidikan yang sangat terjangkau sekitar Rp 7 juta sampai Rp 8,5 juta per tahun, baik untuk mahasiswa setempat maupun internasional. Bahkan, beberapa universitas menawarkan program kuliah gratis khusus mahasiswa undergraduate atau S1.

Mengenai penggunaan bahasa, saat ini sudah banyak universitas di Jerman yang memberikan program kuliah dalam bahasa Inggris. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi, bila merasa kesulitan saat menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar.

Beberapa universitas yang bisa kamu pilih di Jerman adalah University of Munich, Heidelberg University, dan University of Bonn.

4. Taiwan

Sudah tahu belum kalau Taiwan juga termasuk dalam daftar negara dengan biaya kuliah termurah sekaligus berkualitas? Ya, negara yang beribu kota di Taipei ini punya segala kelebihan khususnya dari segi pendidikan.

Bahkan, pemerintah Taiwan sendiri tengah fokus mempromosikan program pendidikan terjangkau untuk mahasiswa internasional. Untuk biaya kuliah, rata-rata sebesar Rp25 juta sampai Rp30 juta khusus mahasiswa yang mengambil program sarjana dan magister.

Program beasiswa disana seperti Higher Education Scholarship Programs of Taiwan, MOST Taiwan Scholarship, serta MOE Huayu Enrichment Scholarship. Beberapa universitas ternama yang bisa kamu pilih di Taiwan adalah National Tsing Hua University dan National Taiwan University.

5. Bangladesh

Negara Bangladesh patut dipertimbangkan sebagai tempat mengenyam pendidikan. Karena negara yang memiliki populasi terbesar ke-8 dunia ini tergolong sebagai negara dengan biaya kuliah termurah, yakni hanya sekitar Rp20 juta saja per tahun. Salah satu universitas terbaik di negara dengan biaya kuliah termurah ini adalah University of Dhaka.

6. Kenya

Negara dengan biaya kuliah termurah selanjutnya adalah Kenya. Rata-rata universitas di Kenya hanya membutuhkan biaya kuliah sebesar Rp 16 juta per tahun. Pilihan universitasnya pun beragam, baik negeri maupun swasta tersedia lengkap disana, dan salah satu yang terbaik adalah University of Nairobi.

Universitas ini berhasil meraih peringkat teratas di Kenya dengan program studi diantaranya adalah Kedokteran Gigi Konservatif dan Prostetik, Ekonomi Pertanian, Arsitektur, Administrasi Bisnis, serta Anatomi Manusia.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pendidikan

Layanan Good Edu, Solusi Digital Bidang Pendidikan di Kalbar

Published

on

Layanan Good Edu, Solusi Digital Bidang Pendidikan di Kalbar
Launching Good Edu dengan penandatanganan MOU Good Edu antara Pemerintah Provinsi Kalbar dengan PT Kita Super Tim. - Foto Dinas Pendidikan Kalbar

Gencil News – Layanan Good Edu adalah suatu solusi digital bidang pendidikan yang berkomitmen untuk menjadikan layanan sistem pembelajaran daring menjadi satu pintu.

Good Edu menjadi standarisasi yang baik dengan fitur-fitur dan tampilan yang mempermudah. Proses pembelajaran secara daring bisa ebih efektif dan efesien oleh seluruh pengguna Layanan Good Edu.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat Sugeng Hariadi mewakili Gubernur Kalimantan Barat membuka acara peluncuran Good Edu dari Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar. Senin (26/10/2020)

Dalam sambutannya Sugeng Hariadi mengatakan. Aplikasi ini merupakan aplikasi digital untuk pembelajaran secara daring pada masa pandemi corona.

“Pemerintah dalam hal ini dari Dikbud maupun BKD. Karena bisa melihat aktifitas guru-guru yang mengajar dan orang tua bisa mengakses untuk melihat anaknya mengikuti pembelajaran,” ujarnya

Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran secara langsung. Dan bisa melakukan interaksi kepada siswa. Siswa juga dapat menulis pertanyaan secara langsung kepada guru.

“Harapan kita aplikasi ini benar-benar akan membantu proses belajar mengajar pada masa pandemi,” ujar Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar Sugeng Hariadi.

Tercatat pada saat ini sebanyak 8000 siswa sudah menggunakan layanan Good Edu. Lewat Good Edu juga memuat administrasi. Bahkan layanan ini bisa memuat pelanggaran dan ketidakhadiran siswa.

Good Edu adalah sebuah layanan yang tidak boros kuota internet. Karena aplikasi ini menggunakan server lokal. Efisien dan efekti bagi penggunanya.

Pada acara peluncuran Good Edu dengan selanjutnya penandatanganan MOU Good Edu antara Pemerintah Provinsi Kalbar dengan PT Kita Super Tim.

Continue Reading

Pendidikan

Jadwal Belajar Di Rumah Dari TVRI, Selasa 20 Oktober 2020

Published

on

Jadwal Belajar Di Rumah Dari TVRI, Selasa 20 Oktober 2020

Gencil News – Jadwal Belajar Di Rumah Dari TVRI untuk selasa 20 oktober 2020 telah dirilis jadwalnya. Jadwal Belajar Di Rumah Dari TVRI bisa disimak mulai dari pukul 08.00 – 11.00 Wib, melalui siaran TVRI.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan episode lanjutan untuk penayangan program Belajar dari Rumah (BDR) di Tahun Ajaran Baru di TVRI sebagai alternatif kegiatan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Kemendikbud tengah merancang penyederhanaan kurikulum yang sesuai dengan konteks Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) agar berjalan lebih efektif di tahun ajaran baru 2020/2021.

Jadwal Tayangan Belajar dari Rumah di TVRI, Selasa 20 Oktober 2020

08.00 – 08.30 WIB  Air dan Suara

08.30 – 09.00 WIB Pengurangan dan Mata Uang

09.00 – 09.30 WIB Ikan dan Budidaya Ikan

09.30 – 10.00 WIB Suhu dan Pemuaian

10.00 – 10.05 WIB Pelajaran Bahasa Inggris 28 : Aku Melewatinya

10.05 – 10.30 WIB Barisan Geometri

10.30 – 11.00 WIB Keluarga Kita: Menstimulasi Anak Gemar Membaca Sejak Dini

Jika tidak bisa menyaksikan tayangan Belajar dari Rumah di televisi, bisa mengaksesnya melalui layanan live streaming. Simak cara live streaming TVRI Online

Continue Reading

Pendidikan

Angkatan Pertama Guru Penggerak Diikuti 2.800 Tenaga Pengajar

Published

on

Angkatan Pertama Guru Penggerak Diikuti 2.800 Tenaga Pengajar

Gencil News- Angkatan Pertama Guru Penggerak Diikuti 2.800 Tenaga Pengajar. Sebanyak 2.800 calon Guru Penggerak yang berhasil diseleksi pada angkatan pertama akan menjalani program Pendidikan Guru Penggerak.

Sebelumnya Mendikbud Nadiem Anwar Makarim telah resmi membuka program Pendidikan Guru Penggerak 2020.

Mendikbud berharap guru terus belajar dan mencoba hal baru selama mengikuti pendidikan. Perjuangan para guru penggerak ini akan menjadi roda dalam menuju transformasi pendidikan untuk pembelajaran yang berpihak pada murid dan pembelajaran yang merdeka.

Sesuai dijadwalkan maka mereka akan menjalani pendidikan selama sembilan bulan sebelum resmi meyandang status sebagai Guru Penggerak.

Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Nunuk Suryani mengatakan, rekrutmen calon Guru Penggerak angkatan pertama telah dilakukan dengan menjaring 19.218 pendaftar. Dari jumlah itu telah berhasil diseleksi sebanyak 2.800 calon Guru Penggerak

Nunuk menjelaskan dalam program peluncuran program pendidikan guru penggerak “Mereka akan mengikuti Pendidikan Guru Penggerak yang dibagi dua tahap. Pertama sebanyak 2.460 peserta Pendidikan Guru Penggerak akan dimulai pada 15 Oktober 2020 dan 340 lagi pendidikanya baru akan dimulai April tahun depan”

Nunuk menjelaskan, calon Guru Penggerak akan mengikuti pendidikan selama sembilan bulan. Pelatihan yang akan dijalani meliputi pelatihan daring, lokakarya dan pendampingan.

“Untuk tahun 2020 ini pendidikan akan dilaksanakan selama dua bulan untuk menyelesaikan empat modul. Pendidikan selanjutnya tujuh bulan pada tahun 2021 yang akan dimulai pada Februari dan berakhir Agustus 2021,” kata Nunuk pada peluncuran Program Pendidikan Guru Penggerak yang dilangsungkan secara daring, Kamis (15/10).

Nunuk melanjutkan, tujuan Pendidikan Guru Penggerak ini adalah memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaradan dari pedagogi kepada guru. Sehingga guru mampu menggerakkan komunitas belajar baik didalam maupun diluar satuan pendidikan.

Selain itu juga berpotensi menjadi pemimpin yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan satuan pendidikan.

Rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik, jelasnya, ditunjukkan melalui sikap dan emosi positif terhadap satuan pendidikan.

Dia menerangkan, penjaminan mutu Pendidikan Guru Penggerak akan dilaksanakan pada variabel standar sumber daya manusia. Terdiri dari instruktur, fasilitator, pendamping dan peserta.

“Standar pengeelolaan juga akan menjadi sasaran evaluasi dari pengaturan rombongan bahan dan media pembelaajaran dan waktu pelaksanaan serta standar sarana prasarana.

Continue Reading

TRENDING