Amaninda Siswi SMAN 1 Pontianak Tetap Berprestasi Dimasa Pandemi
Connect with us

Pendidikan

Amaninda Siswi SMAN 1 Pontianak Tetap Berprestasi Dimasa Pandemi

Published

on

Amaninda Siswi SMAN 1 Pontianak Tetap Berprestasi Dimasa Pandemi
Amaninda JIhan Nabila siswi Kelas 1 IPS meraih juara 2 pada ajang lomba kepenulisan dalam rangka HUT PLN ke-75 Tahun. - Foto pribadi Amaninda

Gencil News – Amaninda Jihan Nabila Siswi SMAN 1 Pontianak tetap berprestasi meski masih masa pandemi dan sekolah daring. Amaninda siswi Kelas 1 IPS meraih juara 2 pada ajang lomba kepenulisan dalam rangka HUT PLN ke-75 Tahun.

Lomba yang berlangsung sejak 4 November hingga 8 November 2020 ini terbagi menjadi 3 kategori. Pihak PLN menerima sebanyak 246 peserta. Yaitu 23 jurnalis, 215 mahasiswa dan 8 pelajar. Dan jihan berhasil menjadi salah satu pemenang dari lomba tersebut.

Saat wawancara jihan menerangkan bahwa pengerjaan tulisan yang berhasil menghantarkan dirinya menang dalam lomba ini hanya membutuhkan waktu 2 hari saja.

“Sebenarnya saya hanya iseng saja, kebetulan memang saya sering membaca informasi mengenai PLN,” ujarnya

Siswi SMAN 1 Pontianak ini sebagai contoh bijak menggunakan media sosial. Karena berdasarkan keterangannya sumber informasi yang ia jadikan sebagai bahan tulisan bersumber dari postingan akun Instagram PLN dan media berita.

“Dari beberapa sumber itulah yang menjadi dasar saya dalam mengembangkan penulisan esai,” katanya

Siswi SMAN 1 Pontianak ini mengakui ini adalah pengalaman pertamanya mengikuti lomba essai. Selain itu, tidak lama ini jihan juga menorehkan prestasi dengan masuk dalam 10 besar pada olimpiade Psikologi Unair 14 November 2020 lalu.

” Saya berterimakasih kepada pihak PLN, Kedua orangtua dan pihak Sekolah SMAN 1 Pontianak yang telah mendukung saya mengikuti lomba ini,” pungkasnya

Meski masih masa pandemi dan sekolah masih menerapkan pembelajaran dari rumah atau daring. Pihak sekolah SMAN 1 Pontianak tetap melakukan pendampingan untuk mendorong siswanya tetap berprestasi.

Wakil Kepala Sekolah, Rosmalina mengatakan pihak sekolah mendukung dan memfasilitasi untuk menunjang bakat para siswanya.

“Kami pihak sekolah tetap memfasilitasi kegiatan untuk menunjang bakat dan prestasi agar menghasilkan prestasi selama kegiatannya bersifat virtual,” ujarnya

Untuk menunjang bakat para siswa pihak sekolah SMAN 1 Pontianak memberi pendampingan khusus untuk beberapa kegiatan. Seperti Silat, Pramuka, Paskibra dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.

“Kami ada pelatih untuk beberapa ekskul seperti silat, pramuka, paskibra dll,” jelasnya.

Sementara untuk bakat kepenulisan seperti yang Jihan raih, dukungan dan masukan merupakan bentuk suport dari pihak sekolah.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pendidikan

Jadwal Belajar dari Rumah, Hari ini Jumat 4 Desember 2020

Published

on

Jadwal Belajar dari Rumah, Hari ini Jumat 4 Desember 2020
Sumber Foto : edublox watching TV

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) terus menghadirkan Program jadwal Belajar dari Rumah di TVRI Nasional.

Meski dalam masa pandemi Covid-19, tetapi pembelajaran jarak jauh masih dilaksanakan. Tak hanya secara daring atau online, juga secara luring.

Agar berjalan lebih efektif Konteks pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada tahun ajaran baru 2020/2021 Kemendikbud tetap melakukan penyederhanaan kurikulum.

Sehingga, Program ini sebagai alternatif sekaligus solusi kendala kuota serta jaringan internet terkait secara daring.

Dengan demikian tayangan dalam program dari rumah tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi lebih menekankan pada kompetensi literasi, numerasi dan karakter.

Selain materi untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan menengah, Program ini juga menayangkan materi bimbingan untuk orang tua dan guru.

Selanjutnya, Bagi siswa, orangtua dan guru yang saat ini mengikuti kegiatan jarak jauh, maka jangan lewatkan tayangan Program Belajar dari Rumah.

Mengutip akun Instagram TVRI Nasional @tvrinasional, berikut ini jadwal dari Rumah di TVRI Nasional, Jumat 4 Desember 2020.

Jadwal TVRI 4 Desember 2020

  1. 08.00-08.30, Aku Bisa Jadi Anak Hebat (PAUD dan sederajat)
  2. 08.30-09.00, Mengenal Para Tokoh Bangsa (SD Kelas 1-3 dan sederajat)
  3. 09.00-09.30, Pengolahan Data (Diagram) 2 (SD Kelas 4-6 dan sederajat)
  4. 09.30-10.00, Optimisme Bumi: Menemukan Jalan Kembali Bagi Hewan (SMP dan sederajat)
  5. 10.00-10.05, Pelajaran 41: Kerja Tim Paling Efektif Bersama Tim (Bahasa Inggris)
  6. 10.05-10.30, Film Perspektif dan Persepsi (SMA dan sederajat)
  7. 10.30-11.00, Beranda Pak RT: Apa Itu Pembelajaran Konstekstual (Keluarga Indonesia/Parenting)

Catatan: Jadwal ini bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Continue Reading

Pendidikan

Pembelajaran Kuliah Tatap Muka dan Online Mulai 2021, Ini Ketentuannya

Published

on

Kemendikbud Dorong Penciptaan Kampus Merdeka yang Sehat secara Holistik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menyampaikan melalui laman website kemendikbud.go.id persyaratan pembelajaran tatap muka jenjang pendidikan tinggi.

Kemendikbud Dalam laman web tersebut sampaikan bahwa mahasiswa sudah bisa kuliah dengan tatap muka atau online pada Januari 2021.

Selanjutnya ketentuannya mulai dalam hal persiapan, pelaksanaan, dan pemantauan pembelajaran tatap muka adalah;

  • Perguruan tinggi harus mendapatkan rekomendasi atau berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota setempat melalui satuan tugas penanganan Covid-19;
  • Perguruan tinggi hanya boleh menyelenggarakan kegiatan kurikuler melalui pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Selanjutnya, Perguruan tinggi menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran campuran (hybrid learning)
  • berikutnya, siap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana dalam keputusan bersama dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.
  • PT juga harus membentuk satuan tugas penanganan Covid-19 untuk menyusun dan menerapkan standar operasional prosedur protokol kesehatan
  • Pemimpin perguruan tinggi menerbitkan pedoman pembelajaran, wisuda, maupun kegiatan lainnya bagi civitas akademika dan tenaga kependidikan pada lingkungan perguruan tinggi.

Kemudian, dalam hal pelaksanaan pembelajaran tatap muka, perguruan tinggi harus:
1)     Melaporkan penyelenggaraan pembelajaran kepada satuan tugas penanganan Covid-19 secara rutin.
2)     Civitas akademika dan tenaga kependidikan yang melakukan aktivitas kampus harus memenuhi kriteria berikut:

Dalam keadaan sehat, dapat mengelola dan mengontrol bagi yang memiliki penyakit penyerta (comorbid)

Lebih lanjut lagi, bagi mahasiswa yang tidak bersedia melakukan pembelajaran tatap muka dapat memilih pembelajaran secara daring.

untuk mahasiswa dari luar daerah/luar negeri wajib memastikan dalam keadaan sehat, melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

3)  Melakukan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

4)  Warga kampus dapat menjadi duta perubahan perilaku pada lingkungan masing-masing.

5) Jika ada kasus konfirmasi positif Covid-19 pada perguruan tinggi maka pemimpin PT menghentikan sementara pembelajaran tatap muka.

6)  Dalam hal terjadi peningkatan status peningkatan resiko Covid-19 di kabupaten/kota, pemimpin perguruan tinggi berkoordinasi dengan satuan tugas penanganan Covid-19 setempat untuk melanjutkan atau menghentikan pembelajaran tatap muka.

7) Apabila terdapat kondisi khusus atau permintaan dari pemerintah provinsi/kabupaten/kota, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi dapat memberhentikan pembelajaran tatap muka pada perguruan tinggi

Dalam rangka pemantauan, perguruan tinggi harus menegakkan SOP protokol kesehatan serta melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan protokol kesehatan.

Continue Reading

Pendidikan

Dikti Akan Menyelenggarakan Expo KMI-XI 2020, Simak Tanggalnya

Published

on

Dikti Akan Menyelenggarakan Expo-XI 2020 Kewirausahaan Pada Mahasiswa

Tema Connecting Opportunities menjadi pilihan untuk kegiatan acara Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo KMI-XI 2020.

Expo KMI-XI 2020 atau juga Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia merupakan ajang pertemuan mahasiswa wirausaha se-Indonesia yang telah memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha.

Program ini juga bertujuan untuk mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan pada perguruan tinggi agar dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan.

Expo KMI juga merupakan ajang para mahasiswa se-Indonesia untuk memamerkan dan promosikan produk dan ajang pertukaran ide dan kreativitas bisnis antar mahasiswa.

Selain itu menjadi tempat menimba ilmu dari usahawan muda yang sukses, dan sebagai wadah memperlebar jaringan usaha.

Foto Sumber Laman Instagram Ditjen.dikti

Sehingga, para mahasiswa mendapatkan pengetahuan, ide, keterampilan, jaringan dan sikap atau jiwa wirausaha tangguh ketika mereka terjun kemasyarakat.

Selanjutnya tema Connecting Opportunities atau menghubungkan peluang bagi seluruh peserta dan khalayak dari seluruh Indonesia untuk saling berjaring untuk mengembangkan peluang menjadi kegiatan kewirausahaan yang berkesinambungan.

KMI Expo-XI 2020 akan terselenggara selama dua hari, yaitu pada tanggal 4 & 5 Desember 2020.

KMI Expo XI 2020 ini hadir sebagai bentuk komitmen pemerintah Republik Indonesia untuk menyiapkan pewirausaha muda melalui jalur kampus.

Pada penyelenggaraan KMI Expo XI 2020 ini, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) menunjuk Universitas Agung Podomoro sebagai tuan rumah KMI Expo XI 2020.

Selain itu, Platform utama dalam KMI Expo-XI 2020 adalah platform acara virtual Hopin.

Hopin merupakan platform acara daring yang dapat mengakomodir acara pameran dan seminar secara virtual.

Dengan Hopin, #InsanDikti dapat memilih acara yang terjadwal sesuai dengan kebutuhannya.

Jangan ketinggalan dan segera daftarkan diri kalian melalui tautan berikut : bit.ly/KMIExpoXI2020.

Continue Reading

TRENDING