Apa Itu Asesmen Kompetensi Minimum? Simak Penjelasannya
Connect with us

Pendidikan

Apa Itu Asesmen Kompetensi Minimum? Simak Penjelasannya

Published

on

Apa Itu Asesmen Kompetensi Minimum? Simak Penjelasannya

Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

Tujuan Analisis Kompetensi Minimum ialah untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Terdapat dua kompetensi mendasar yang terukur ole AKM yaitu: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Selanjutnya, pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang ada mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis.

Dan keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi.

Literasi membaca sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis.

untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Sedangkan untuk numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

guna menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa perubahan mendasar pada Asesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetap mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Ada tiga instrumen utama Asesmen nasional, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Kapan Asesmen Kompetensi Minimum akan terlaksana di indonesia? menurut rencana pelaksanaan AKM untuk murid kelas VIII jenjang SMP/MTs, serta kelas XI jenjang SMA/MA, dan SMK akhir Maret 2021.

Sedangkan Pelaksanaan AKM untuk murid kelas V jenjang SD/MI adalah pada bulan Agustus 2021.

Untuk menguasai Asesmen Nasional, murid harus mempelajari konsep setiap materi pelajaran dengan baik, bukan hanya menghafal materi.

Sumber@litbangdikbud

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pendidikan

Tutup 12 Maret, Begini Cara Registrasi Akun Tahap Dua UTBK-SBMPTN

Published

on

Tutup 12 Maret, Begini Cara Registrasi Akun Tahap Dua UTBK-SBMPTN

Gencil News- Jangan sampai ketinggalan, Tutup pada tanggal 12 maret 2021. Begini caranya registrasi akun tahap dua untuk UTBK-SBMPTN.

Bagi siswa atau siswi lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 yang akan mengikuti UTBK-SBMPTN 2021 segera registrasikan akunmu sebelum tanggal 12 Maret 2021.

Bagi siswa gap year yang telah memiliki akun, silakan gunakan akun lama. Jika tidak bisa, siswa dapat membuat akun baru.

Melansir dari LTMPT Indonesia. Gunakan perangkat laptop atau komputer pada saat melakukan registrasi guna menghindari kesalahan pengisian data.

Dapatkan informasi resmi seputar SNMPTN dan UTBK-SBMPTN hanya pada media sosial resmi @LTMPTOFFICIAL atau pada laman ltmpt.ac.id

Sumber foto laman instagram LTMPT OFFICIAL

Selanjutnya, registrasi akun khususnya untuk siswa lulusan tiga tahun terakhir yang akan mengikuti UTBK–SBMPTN masih berjalan hingga 12 Maret 2021.

Oleh karena itu, para calon mahasiswa bisa langsung untuk melakukan registrasi, verifikasi dan validasi data.

Pada awal 2021, LTMPT telah mengumumkan jadwal UTBK–SBMPTN. Ujiannya akan terbagi dalam dua gelombang.

Ketua LTMPT Moh. Nasih mengatakan, pendaftaran UTBK–SBMPTN mulai 15 Maret – 1 April 2021. Namun, sebelumnya para siswa kelas 12 diharapkan sudah melakukan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu.

Continue Reading

Pendidikan

Jadwal Belajar dari Rumah, Hari Senin, 1 Maret 2021

Published

on

Jadwal Belajar dari Rumah, Hari Senin, 1 Maret 2021

Gencil News- Jadwal belajar dari Rumah melalui TVRI Nasional adalah program yang terus akan hadir bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Program Belajar dari Rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat Pada daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi

Adapun tayangan jadwal belajar edukatif pada Senin, 1 Maret 2021 melalui TVRI Nasional ini berguna untuk siswa dan siswi yang sedang mengikuti kelas daring atau online.

sumber laman foto instagram Kemendikbud RI

Selain itu, Prinsip utama dalam proses Belajar Dari Rumah yaitu pembelajaran yang tidak memberatkan dan sesuai dengan kondisi lingkungan. Siswa harus terlibat aktif dalam rencana pembelajaran.

Belajar lewat televisi ini memiliki banyak kelebihan, yaitu tidak perlu adanya akses internet bagi daerah yang tidak ada jaringan.

Lebih lanjut lagi, Hal ini dapat meringankan beban guru yang gagap teknologi dan tidak bisa membuat video pembelajaran. Serta memudahkan orang tua dalam mengawasi kegiatan belajar anak.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud)

Mari kita simak informasi jadwal tayang Program Pembelajaran Senin, 1 Maret 2021 dari TV Edukasi melalui tautan berikut ini:

Streaming:

1. tve.kemdikbud.go.id/live

Usee TV:

2. http://ringkas.kemdikbud.go.id/useetv

Vidio:

3. http://ringkas.kemdikbud.go.id/vidio

RCTI+:

4. http://rctiplus.com

TV Edukasi

5. Televisi yang Santun dan Mencerdaskan

Maka jangan lewatkan tayangan Program jadwal belajar dari Rumah Bersama TVRI Nasional dan Kementrian Pendidikan Dan kebudayaan Indonesia.

Hadir menayangkan acara bertajuk ‘Belajar Dari Rumah’ untuk menemani kegiatan belajar.

Continue Reading

Pendidikan

Ciptakan Suasana Belajar Online Menyenangkan Saat Dirumah

Published

on

Ciptakan Suasana Belajar Online Menyenangkan Saat Dirumah

Gencil News- Ciptakan Suasana Belajar Online Menyenangkan Saat Dirumah. Situasi Pandemi yang mengharuskan saat ini membuat kegiatan belajar anak dari sekolah diganti dengan metode daring dari rumah. Meski demikian, mereka diharapkan tetap dapat mengikuti kegiatan belajar layaknya di sekolah. Tugas dan ujian yang sifatnya tatap muka banyak berubah menjadi sistem online learning.

Menurut Psikolog Penny Handayani, M.Psi tantangan yang dihadapi adalah bagaimana membuat standar pembelajaran anak yang setara dengan anak-anak lainnya atau perubahan suasana.

Ciptakan Suasana Belajar Online Menyenangkan Saat Dirumah. “Di sekolah, ada guru yang bisa memperhatikan kegiatan mereka sehari-hari, tetapi ketika di rumah, standar pembelajaran akan sangat bergantung pada dengan siapa mereka belajar,” ujar Penny.

Cara orang tua akan berbeda-beda, terlebih lagi anak diserahkan ke orang lain dalam proses belajar-mengajarnya, semisal ART atau kakak yang lebih tua. Serta perubahan suasana dari sekolah yang memiliki jam pelajaran yang jelas, berbeda dengan di rumah,” tambah penny.

Front view of African american boy using laptop while drawing a sketch on book at home

Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan:

1. Tempat belajar yang nyaman

Selama masa online learning pastikan anda memiliki ruang atau tempat yang nyaman bagi anak anda belajar. Jangan sampai anak belajar sambil tidur atau rebahan. Mungkin memang menyenangkan, tapi proses belajar akan terganggu.

Perhatikan tempat duduk anak, pastikan tempat duduk memiliki sandaran yang nyaman untuk bersandar. Atur ketinggian meja dan kursi agar Buah Hati dapat duduk dengan nyaman tanpa mengganggu posturnya.

2. Koneksi internet

Sesuai dengan namanya, metode online learning berarti mengharuskan siswa untuk dapat terkoneksi dengan internet. Dikarenakan segala proses pembelajaran dilakukan secara daring, maka koneksi internet buruk akan menghambat proses tersebut.

Koneksi internet yang stabil, ditambah dengan pendampingan orang tua maka performa anak akan maksimal. Tanpa perlu dibuat jengkel akibat koneksi internet, maka suasana belajar sehari-hari akan menyenangkan.

3. Peralatan belajar yang memadai

Biasanya belanja aneka kebutuhan sekolah hanya dilakukan ketika musim masuk sekolah tiba. Meskipun kini pembelajaran dilaksanakan di rumah, orang tua tetap harus menyiapkan segala peralatan pendukung.

Sama halnya dengan koneksi internet, kelengkapan alat belajar yang baik tentu akan meningkatkan mood belajar anak. Jika anak memiliki mood yang baik, tentu suasana belajar akan menjadi menyenangkan pula.

4. Jaga konsentrasi anak

Rumah lebih memiliki suasana yang cocok untuk beristirahat, bermain, dan lainnya. Maka dari itu menjaga konsentrasi anak adalah tantangan yang sangat sulit. Saat di rumah, gangguan dapat datang dari televisi, smartphone, dan mainan lainnya. Hal yang dapat dilakukan orang tua adalah mengatur akses anak pada hal-hal tersebut.

Trik yang dapat dilakukan adalah menjadikan hiburan tersebut menjadi reward atau penghargaan bagi anak setelah menyelesaikan online learning. Dengan demikian anak akan terpacu dan suasana belajar yang menyenangka akan tercipta.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING