Layanan Good Edu, Solusi Digital Bidang Pendidikan di Kalbar
Connect with us

Pendidikan

Layanan Good Edu, Solusi Digital Bidang Pendidikan di Kalbar

Published

on

Layanan Good Edu, Solusi Digital Bidang Pendidikan di Kalbar
Launching Good Edu dengan penandatanganan MOU Good Edu antara Pemerintah Provinsi Kalbar dengan PT Kita Super Tim. - Foto Dinas Pendidikan Kalbar

Gencil News – Layanan Good Edu adalah suatu solusi digital bidang pendidikan yang berkomitmen untuk menjadikan layanan sistem pembelajaran daring menjadi satu pintu.

Good Edu menjadi standarisasi yang baik dengan fitur-fitur dan tampilan yang mempermudah. Proses pembelajaran secara daring bisa ebih efektif dan efesien oleh seluruh pengguna Layanan Good Edu.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat Sugeng Hariadi mewakili Gubernur Kalimantan Barat membuka acara peluncuran Good Edu dari Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar. Senin (26/10/2020)

Dalam sambutannya Sugeng Hariadi mengatakan. Aplikasi ini merupakan aplikasi digital untuk pembelajaran secara daring pada masa pandemi corona.

“Pemerintah dalam hal ini dari Dikbud maupun BKD. Karena bisa melihat aktifitas guru-guru yang mengajar dan orang tua bisa mengakses untuk melihat anaknya mengikuti pembelajaran,” ujarnya

Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran secara langsung. Dan bisa melakukan interaksi kepada siswa. Siswa juga dapat menulis pertanyaan secara langsung kepada guru.

“Harapan kita aplikasi ini benar-benar akan membantu proses belajar mengajar pada masa pandemi,” ujar Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar Sugeng Hariadi.

Tercatat pada saat ini sebanyak 8000 siswa sudah menggunakan layanan Good Edu. Lewat Good Edu juga memuat administrasi. Bahkan layanan ini bisa memuat pelanggaran dan ketidakhadiran siswa.

Good Edu adalah sebuah layanan yang tidak boros kuota internet. Karena aplikasi ini menggunakan server lokal. Efisien dan efekti bagi penggunanya.

Pada acara peluncuran Good Edu dengan selanjutnya penandatanganan MOU Good Edu antara Pemerintah Provinsi Kalbar dengan PT Kita Super Tim.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Pendidikan

Siswi MA Raudhatul Ulum Meranti Meraih Medali Perak Pada Ajang KSMO

Published

on

By

Siswi MA Raudhatul Ulum Meranti Meraih Medali Perak Pada Ajang KSMO
Siswi kelas XII (Dua Belas) Madrasah Aliyah (MA)Raudhatul Ulum Meranti, Wiranda Warda Soleha menjadi salah satu peserta KSMO. Foto: Dok Pribadi

Gencil News – Wiranda Warda Soleha siswi Madrasah Aliyah ( MA ) Raudhatul Ulum Meranti meraih medali perak. Siswi kelas dua belas ini meraih medali perak Geografi Terintegrasi Tingkat Provinsi Kalimantan Barat dalam Ajang KSMO Nasional Tahun 2020.

Kompetesi Sains Madrasah Online (KSMO) merupakan ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag). Kegiatan ini menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat pada bidang sains. Sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat.

KSMO bertujuan memotivasi mereka agar terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual. Kompetisi tersebut juga memberi kesempatan kepada siswa madrasah agar dapat membanggakan bangsa.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Direktorat Madrasah Kemenag RI menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2020 secara online. Sehingga nama kompetisi ini menjadi KSMO. Sebanyak 66 ribu siswa madrasah mengikuti lomba ini secara online.

“Total ada 66.778 siswa yang mendaftar KSMO 2020, terdiri atas 22.120 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 23.449 siswa Madrasah Tsanawiyah, dan 21.208 siswa Madrasah Aliyah,” terang Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A Umar. Jakarta, Selasa 10 November 2020.

Selain itu Umar mengatakan, Meski pada masa pandemi, KSMO tetap terselenggara dengan sejumlah keunggulan. Pertama, dari sisi konten, KSMO mengintegrasikan antara ilmu ke-Islaman dan Sains.

KSMO menuntut peserta mendapat bimbingan persiapan minimal dari lima guru, yaitu guru Sains (sesuai bidangnya). Fiqih, Al-Quran Hadis, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan guru IT.

Kedua, soal KSMO menggunakan tiga bahasa, yaitu: Indonesia, Arab, dan Inggris.

Keunggulan Ketiga, KSMO memanfaatkan teknologi digital berupa Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Artifisial untuk mengukur dan menguji integritas peserta.

Menurut Umar, ada layanan kamera yang terpasang pada setiap aplikasi yang dapat peserta gunakan.

Siswi kelas XII (Dua Belas) Madrasah Aliyah (MA)Raudhatul Ulum Meranti, Wiranda Warda Soleha menjadi salah satu peserta KSMO.

Ia berhasil memperoleh meraih kemenangan sebagai Runner Up I cabang mata pelajaran Geografi Terintegrasi pada tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2020.

Tak sia-sia, perjuangan Wiranda akhir bulan November 2020 ini berhasil merebut medali perak.

“Saya tidak menyangka, kaget juga bahagia, dan senang sekali bisa meraih medali perak,” ungkap siswi melalui pesan WhatsAppnya, Sabtu (19/11/2020).

Diakui Vira, dirinya harus bersaing dengan ribuan peserta tingkat nasional dan ratusan peserta tingkat provinsi dalam KSMO tersebut. Perolehan medali perak itu, menurut Vira, cukup membuat dirinya bangga karena sudah memberikan yang terbaik bagi sekolahnya.

Sementara itu, Umu Kulsum sebagai guru pembimbing mengatakan bahwa sangat bahagia dengan kabar baik terkait prestasi siswinya tersebut.

“Saya selaku guru pembimbing merasa bahagia dan bangga yang tak terhingga dengan prestasi siswi sekolah MA Raudhatul Ulum Meranti ini,” jelasnya.

Kemudian pihak sekolah mengapresiasi prestasi siswinya ini dan terus mendorong siswa-siswi lainnya untuk tetap berprestasi meski pandemi.

“Kami ucapkan selamat atas keberhasilan yang sudah mengharumkan nama sekolah. Selama ini sekolah memang terus mendorong dan memotivasi anak menyalurkan bakat serta potensinya baik akademik maupun non-akademik. Pencapaian ini tentu tidak terlepas karena dukungan semua dewan guru. Mari kita terus berkemajuan,” ungkap Badrultamam Rosdi selaku Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Raudhatul Ulum Meranti. 

Continue Reading

Pendidikan

Ciptakan Suasana Belajar Online Menyenangkan Saat Dirumah

Published

on

Ciptakan Suasana Belajar Online Menyenangkan Saat Dirumah

Gencil News- Ciptakan Suasana Belajar Online Menyenangkan Saat Dirumah. Situasi Pandemi yang mengharuskan saat ini membuat kegiatan belajar anak dari sekolah diganti dengan metode daring dari rumah. Meski demikian, mereka diharapkan tetap dapat mengikuti kegiatan belajar layaknya di sekolah. Tugas dan ujian yang sifatnya tatap muka banyak berubah menjadi sistem online learning.

Menurut Psikolog Penny Handayani, M.Psi tantangan yang dihadapi adalah bagaimana membuat standar pembelajaran anak yang setara dengan anak-anak lainnya atau perubahan suasana.

Ciptakan Suasana Belajar Online Menyenangkan Saat Dirumah. “Di sekolah, ada guru yang bisa memperhatikan kegiatan mereka sehari-hari, tetapi ketika di rumah, standar pembelajaran akan sangat bergantung pada dengan siapa mereka belajar,” ujar Penny.

Cara orang tua akan berbeda-beda, terlebih lagi anak diserahkan ke orang lain dalam proses belajar-mengajarnya, semisal ART atau kakak yang lebih tua. Serta perubahan suasana dari sekolah yang memiliki jam pelajaran yang jelas, berbeda dengan di rumah,” tambah penny.

Front view of African american boy using laptop while drawing a sketch on book at home

Ada beberapa hal yang dapat diperhatikan dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan:

1. Tempat belajar yang nyaman

Selama masa online learning pastikan anda memiliki ruang atau tempat yang nyaman bagi anak anda belajar. Jangan sampai anak belajar sambil tidur atau rebahan. Mungkin memang menyenangkan, tapi proses belajar akan terganggu.

Perhatikan tempat duduk anak, pastikan tempat duduk memiliki sandaran yang nyaman untuk bersandar. Atur ketinggian meja dan kursi agar Buah Hati dapat duduk dengan nyaman tanpa mengganggu posturnya.

2. Koneksi internet

Sesuai dengan namanya, metode online learning berarti mengharuskan siswa untuk dapat terkoneksi dengan internet. Dikarenakan segala proses pembelajaran dilakukan secara daring, maka koneksi internet buruk akan menghambat proses tersebut.

Koneksi internet yang stabil, ditambah dengan pendampingan orang tua maka performa anak akan maksimal. Tanpa perlu dibuat jengkel akibat koneksi internet, maka suasana belajar sehari-hari akan menyenangkan.

3. Peralatan belajar yang memadai

Biasanya belanja aneka kebutuhan sekolah hanya dilakukan ketika musim masuk sekolah tiba. Meskipun kini pembelajaran dilaksanakan di rumah, orang tua tetap harus menyiapkan segala peralatan pendukung.

Sama halnya dengan koneksi internet, kelengkapan alat belajar yang baik tentu akan meningkatkan mood belajar anak. Jika anak memiliki mood yang baik, tentu suasana belajar akan menjadi menyenangkan pula.

4. Jaga konsentrasi anak

Rumah lebih memiliki suasana yang cocok untuk beristirahat, bermain, dan lainnya. Maka dari itu menjaga konsentrasi anak adalah tantangan yang sangat sulit. Saat di rumah, gangguan dapat datang dari televisi, smartphone, dan mainan lainnya. Hal yang dapat dilakukan orang tua adalah mengatur akses anak pada hal-hal tersebut.

Trik yang dapat dilakukan adalah menjadikan hiburan tersebut menjadi reward atau penghargaan bagi anak setelah menyelesaikan online learning. Dengan demikian anak akan terpacu dan suasana belajar yang menyenangka akan tercipta.

Continue Reading

Pendidikan

6 Negara Dunia Yang Memberikan Biaya Kuliah Murah Pertahun nya

Published

on

6 Negara Dunia Yang Memberikan Biaya Kuliah Murah Pertahun nya

Gencil News- 6 Negara Dunia Yang Memberikan Biaya Kuliah Murah.Pertahun nya. Bagi sebagian orang, mengenyam pendidikan ke luar negeri merupakan kelebihan tersendiri yang tidak semua orang bisa merasakannya. Karena memang, prediksi biaya untuk kuliah bisa mencapai angka puluhan hingga ratusan juta ditambah biaya hidup per tahun.

Bukan berarti semua universitas di luar negeri menerapkan biaya pendidikan mahal, Pasalnya, ada beberapa negara berikut masih bisa dipertimbangkan untuk nilai keuangan nya, sehingga layak masuk dalam daftar negara murah untuk kuliah.

Bahkan, negara-negara tersebut juga menawarkan biaya hidup yang cukup terjangkau. Bila kamu cermat memilihnya, bukan tidak mungkin impian untuk mengenyam pendidikan ke luar negeri bisa diwujudkan.

Meskipun masuk dalam kategori murah, beberapa negara tersebut benar-benar patut untuk dipertimbangkan.

6 Negara Dunia Yang Memberikan Biaya Kuliah Murah Pertahun nya

1. Malaysia

Letaknya yang berdekatan dengan Indonesia ini, membuat negara Malaysia banyak dijadikan pilihan oleh mereka yang menuntut ilmu. Mengenai biaya kuliahnya, Malaysia sendiri cukup terjangkau, setidaknya kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp20 juta hingga Rp60 juta saja per tahun.

Tak hanya itu saja, biaya hidup di sana pun juga kurang lebih biaya hidup di indonesia karena rata-rata hanya Rp4 juta tiap bulan

2. Norwegia

Soal biaya kuliah murah, Norwegia juaranya. Bagaimana tidak, hampir semua media tanah air setuju bila negara yang berada di Semenanjung Skandinavia ini dijuluki sebagai negara dengan biaya kuliah termurah.

Pemerintah norwegia menerapkan aturan gratis pendidikan bagi siapapun dan ditingkat apapun. Hal tersebut juga berlaku untuk mahasiswa internasional, yang mana kamu hanya perlu membayar uang administrasi sebesar 600 NOK atau setara dengan Rp 1 juta per semester.

Beberapa pilihan universitas di Norwegia dengan biaya kuliah gratis seperti University of Oslo, University of Agder, serta University of Nordland.

3. Jerman

Sama halnya dengan Norwegia, pemerintah Jerman juga memberikan biaya pendidikan yang sangat terjangkau sekitar Rp 7 juta sampai Rp 8,5 juta per tahun, baik untuk mahasiswa setempat maupun internasional. Bahkan, beberapa universitas menawarkan program kuliah gratis khusus mahasiswa undergraduate atau S1.

Mengenai penggunaan bahasa, saat ini sudah banyak universitas di Jerman yang memberikan program kuliah dalam bahasa Inggris. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir lagi, bila merasa kesulitan saat menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar.

Beberapa universitas yang bisa kamu pilih di Jerman adalah University of Munich, Heidelberg University, dan University of Bonn.

4. Taiwan

Sudah tahu belum kalau Taiwan juga termasuk dalam daftar negara dengan biaya kuliah termurah sekaligus berkualitas? Ya, negara yang beribu kota di Taipei ini punya segala kelebihan khususnya dari segi pendidikan.

Bahkan, pemerintah Taiwan sendiri tengah fokus mempromosikan program pendidikan terjangkau untuk mahasiswa internasional. Untuk biaya kuliah, rata-rata sebesar Rp25 juta sampai Rp30 juta khusus mahasiswa yang mengambil program sarjana dan magister.

Program beasiswa disana seperti Higher Education Scholarship Programs of Taiwan, MOST Taiwan Scholarship, serta MOE Huayu Enrichment Scholarship. Beberapa universitas ternama yang bisa kamu pilih di Taiwan adalah National Tsing Hua University dan National Taiwan University.

5. Bangladesh

Negara Bangladesh patut dipertimbangkan sebagai tempat mengenyam pendidikan. Karena negara yang memiliki populasi terbesar ke-8 dunia ini tergolong sebagai negara dengan biaya kuliah termurah, yakni hanya sekitar Rp20 juta saja per tahun. Salah satu universitas terbaik di negara dengan biaya kuliah termurah ini adalah University of Dhaka.

6. Kenya

Negara dengan biaya kuliah termurah selanjutnya adalah Kenya. Rata-rata universitas di Kenya hanya membutuhkan biaya kuliah sebesar Rp 16 juta per tahun. Pilihan universitasnya pun beragam, baik negeri maupun swasta tersedia lengkap disana, dan salah satu yang terbaik adalah University of Nairobi.

Universitas ini berhasil meraih peringkat teratas di Kenya dengan program studi diantaranya adalah Kedokteran Gigi Konservatif dan Prostetik, Ekonomi Pertanian, Arsitektur, Administrasi Bisnis, serta Anatomi Manusia.

Continue Reading

TRENDING