Robot Pribadi yang Dikendalikan Perintah Lisan

Robot yang menjadi asisten pribadi manusia bukan lagi fiksi tapi sudah terwujud. Robot ini bisa menanggapi perintah lisan dan mengikuti pemiliknya, dan belum lama ini diperkenalkan di pameran elektronik konsumen di Jerman.

Hubungan antara manusia dan mesin menjadi semakin dekat. Roboteam, sebuah perusahaan rintisan teknologi dari Tel Aviv, merancang sebuah robot yang diberi nama “Temi.”

Robot setinggi pinggang orang dewasa dengan layar di atasnya ini bisa mengikuti pemiliknya, menanggapi perintah lisan, dan juga bisa dikendalikan lewat aplikasi ponsel.

Jangan Sampai Ketinggalan

“Apabila saya pencet tombolnya, Temi mengenali tubuh dan wajah saya, dan mulai mengikuti saya, sehingga saya bisa melakukan panggilan video hands-free,” kata Danny Isserles, Kepala Temi cabang New York.

Baca juga   Setelah Asian Games, Indonesia Bidik Juara Umum Sea Games 2019 Filipina

Temi menggunakan 16 sensor untuk berjalan berkeliling dan menghindari jatuh dari tangga. Tapi para perancang mengatakan kemampuannya untuk memetakan lingkungan dan mempelajari seluk beluk rumah, menjadikannya sebagai teknologi konferensi video yang sempurna.

“Apabila saya sedang berada di luar negeri dan ingin membaca buku kepada anak saya sebelum tidur, saya tinggal memencet ponsel dan berkata, ‘kamar Bobby,’ dan robot itu akan bergerak ke kamar Bobby, dan saya bisa membacakannya buku sebelum tidur,” kata Danny.

CEO Yossi Wolf memperagakan robot asisten pribadi, Temi, dalam sebuah acara di San Francisco, 30 November 2017.

Temi menggunakan teknologi yang pada umumnya digunakan dalam mobil-mobil swakemudi dan kini disempurnakan untuk kondisi rumah. Teknologinya disebut “Lidar,” semacam radar yang menggunakan laser untuk mengukur dan mengembangkan peta dari lingkungan di sekitarnya. Para perancangnya mengatakan ini adalah pertama kalinya teknologi itu digunakan di rumah atau kantor untuk menghindari potensi bahaya secara real time.

Baca juga   Sertijab Asrena dan Aslog Lantamal XII Pontianak

“Teknologi penghindaran rintangan dan teknologi navigasi ini belum pernah diwujudkan dalam robotik rumah oleh perusahaan manapun, dan ini adalah salah satu alasan utama yang membuat robot ini lebih mudah digunakan untuk rumah dan kantor,” jelas Danny.

Roboteam baru-baru ini mengungkap Temi dalam pameran elektronik konsumen IFA di Berlin. Perusahaan itu mengatakan robot itu akan mulai dipasarkan pada Oktober dengan harga $1.500. [vm/ii]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.