Hasil Studi: Kucing Mengenali “Nama” Karena Imbalan

Hasil Studi: Kucing Mengenali "Nama" Karena Imbalan
Hey Kitty! Iya, kamu. Sebuah studi menyatakan kucing peliharaan dapat memahami suara panggilan nama yang diberikan kepadanya.
Hasil Studi: Kucing Mengenali “Nama” Karena Imbalan

Jadi kucing agak-agak mirip dengan anjing, dimana komunikasi dengan manusia telah banyak dipelajari, dan telah ditunjukkan bahwa mereka dapat mengenal ratusan kata apabila mereka terlatih dengan baik. Maaf, apabila perbandingan tadi membuat kamu tersinggung, Kitty.

Sama sekali tidak mengejutkan bagi anda atau kebanyakan pemelihara kucing, bukan? Namun para ilmuwan Jepang hari Kamis mengatakan bahwa mereka telah memberikan bukti percobaan pertama bahwa kucing dapat membedakan kata-kata yang diucapkan manusia.

Atsuko Saito dari Sophia University di Tokyo mengatakan tidak ada bukti bahwa kucing dapat menghubungkan kata-kata dengan maknanya, bahkan tidak juga pada nama-nama mereka sendiri. Sebaliknya, mereka belajar saat mereka mendengar nama-nama itu mereka mendapat imbalan seperti makanan atau mainan, atau sesuatu yang buruk seperti dibawa ke tempat praktek dokter hewan. Dan mereka banyak mendengar namanya disebut. Jadi suara itu menjadi spesial, bahkan saat mereka tidak paham bahwa suara itu merujuk pada identitas mereka.

Saito dan para koleganya menjelaskan hasil dari penelitian mereka dalam jurnal Scientific Reports. Dalam empat percobaan yang dilakukan pada 16 hingga 34 hewan, masing-masing kucing mendengar rekaman dari suaranya sendiri, atau suara orang lain, yang perlahan-lahan membacakan daftar empat kata benda atau nama-nama kucing lain, diikuti dengan nama kucing itu sendiri.

Banyak kucing awalnya bereaksi – seperti menggerak-gerakan kepalanya, telinganya atau ekornya – namun lama-lama mereka kehilangan minat saat kata-kata itu dibacakan. Pertanyaan krusial adalah apakah mereka lebih merespon pada namanya.

Seperti yang diperkirakan, rata-rata, kucing-kucing ini menjadi sangat riang saat mendengar nama-nama mereka.

Kristyn Vitale, yang mempelajari tingkah laku kucing dan ikatan antara kucing dan manusia di Oregon State University di Corvallis namun tidak ikut serta dalam studi ini, mengatakan hasilnya “sangat masuk akal bagi saya.”

Vitale, yang mengatakan ia telah melatih banyak kucing untuk merespon pada perintah lisan, sepakat bahwa hasil temuan baru tidak berarti kucing mengerti namanya sendiri. Namun, lebih karena ia dilatih untuk mengenali suara, ujarnya.

Monique Udell, yang juga mempelajari perilaku hewan di Oregon State, mengatakan hasil studi tersebut menunjukkan “kucing-kucing memberi perhatian pada anda, apa yang anda katakan dan apa yang anda lakukan, dan mereka belajar dari situ.” [ww/fw]

Fosil Tertua Titanosaurus Ditemukan di Argentina

Fosil Tertua Titanosaurus Ditemukan di Argentina

Para ilmuwan Argentina menemukan fosil yang kemungkinan merupakan anggota tertua dari kelompok dinosaurus yang dikenal sebagai titanosaurus. Hewan tersebut termasuk hewan darat terbesar dalam sejarah Bumi.

Para peneliti, Senin (1/3), mengatakan bahwa fosil tersebut mewakili spesies dinosaurus bernama Ninjatitan zapatai yang hidup 140 juta tahun lalu selama Zaman Kapur. Mereka mengidentifikasi Ninjatitan sebagai titanosaurus, sekelompok dinosaurus pemakan tumbuhan berleher panjang yang berjalan dengan empat kaki seperti pilar.

Sisa-sisa kerangka dinosaurus yang tidak lengkap ditemukan di selatan Kota Neuquen. Para peneliti mengatakan Ninjatitan menunjukkan bahwa titanosaurus adalah kelompok pertama kali muncul lebih lama dari yang diketahui sebelumnya.

“Ini adalah rekor tertua yang diketahui, tidak hanya dari Argentina, tetapi juga di seluruh dunia,” kata Pablo Gallina, seorang peneliti di Dewan Nasional untuk Penelitian Ilmiah dan Teknis Argentina (CONICET), kepada Reuters. “Titanosaurs tercatat di berbagai belahan dunia, tetapi catatan tertua yang diketahui lebih modern daripada penemuan ini.”

Reuters melaporkan, dengan panjang sekitar 20 meter, Ninjatitan adalah dinosaurus besar, tetapi jauh lebih kecil dari titanosaurus berikutnya, seperti Argentinosaurus yang mencapai panjang sekitar 35 meter. Para peneliti juga mengatakan kehadiran titanosaurus awal di Patagonia mendukung gagasan bahwa titanosaurus berasal dari belahan bumi selatan.

Penemuan ini dipublikasikan di jurnal ilmiah Ameghiniana.

Titanosaurus adalah bagian dari kelompok dinosaurus yang lebih besar yang disebut sauropoda yang mencakup dinosaurus lain dengan desain tubuh serupa seperti Brontosaurus dan Diplodocus yang hidup di Amerika Utara selama Periode Jurassic, yang mendahului Periode Cretaceous.

Sejumlah titanosaurus yang menghuni Patagonia adalah Argentinosaurus, Patagotitan, dan Dreadnoughtus.

José Luis Carbadillo, peneliti CONICET lainnya, mengatakan kepada publikasi universitas lokal di sini bahwa usia sisa-sisa Ninjatitan dapat membuat orang berasumsi bahwa tulang-tulang itu milik kelompok dinosaurus yang sudah berumur titanosaurus.

“Di Patagonia, titanosaurus hanya diketahui kurang dari 120 juta tahun yang lalu,” katanya.

Wahana Antariksa Perseverance Sukses Mendarat di Mars

Wahana Antariksa Perseverance Sukses Mendarat di Mars

Gencil NEws – VOA – Wahana antariksa Perseverance mendarat dengan selamat dan tepat waktu di Mars, pada pukul 3:55 sore waktu Amerika Timur, Kamis (17/2). Ini menandai satu sukses lagi yang dicapai NASA, badan antariksa AS.

Wahana yang digerakkan energi nuklir itu berhasil melewati proses pendaratan yang sulit, dan disebut sebagai “teror selama 7 menit” oleh para teknisi karena melibatkan parasut, penurunan dengan rem berupa mesin roket, dan “sky crane” yang secara perlahan menurunkan Perseverance ke permukaan Mars yang berbatu.

Setelah ada konfirmasi pendaratan berjalan dengan selamat, para anggota di Ruang Kendali Misi NASA bersorak. NASA kini berhasil mendaratkan sembilan dari 10 kendaraan antariksa yang dikirimnya ke planet merah itu.

Beberapa menit setelah tiba, Perseverance mengirim foto hitam putih dari permukaan, sementara semakin banyak tepuk tangan terdengar di Ruang Kendali Misi. Kendaraan itu dilengkapi dengan mikrofon, yang merekam pendaratan itu.

Perseverance dan kendaraan pelengkapnya, Ingenuity, drone seperti helikopter, memulai perjalanan sejauh 300 juta mil pada Juli. Ingenuity akan menguji apakah drone bisa beroperasi di atmosfir Mars yang tipis.

Perseverance, yang beroda enam, seperti empat wahana lain yang mendarat di Mars, ditempatkan di Kawah Jezero, yang diyakini dulunya adalah dasar danau dan kemungkinan sumber dari sisa-sisa kehidupan di masa lalu. Menentukan apakah Mars pernah jadi tempat adanya kehidupan merupakan sasaran utama misi wahana itu selama dua tahun.

Dalam tugasnya, wahana itu akan mengambil sampel dari permukaan Planet Merah, dan menyimpannya dalam 43 tabung sampel. NASA berencana mengirim misi lagi ke Mars untuk mengambil tabung-tabung itu pada 2030.

KORAN GENCIL NEWS