Mengenal Sea Glass Batuan Kaca Alami yang terbentuk dari Alam
Connect with us

Sains

Mengenal Sea Glass Batuan Kaca Alami yang terbentuk dari Alam

Published

on

Mengenal Sea Glass Batuan Kaca Alami yang terbentuk dari Alam
Loading...

Gencil News- Sea Glass adalah batuan kaca alami yang terbentuk dari proses alam melalui pembentukan batu selama bertahun tahun.

Batuan kaca sea glass mengandung serpihan kaca yang sudah air, ombak, dan pasir haluskan secara alami.

Proses pembentukannya sekitar 5 – 50 tahun lalu membentuk ujung dan sudut serpihan kaca.

Selain itu, serpihan batuan kaca tersebut berasal dari sampah seperti botol kaca, toples kaca, piring, jendela, keramik, dan kaca yang lainnya.

Serpihan kaca itu sampai ke laut karena banyak sampah yang masuk ke laut. Namun, berbeda dengan sampah plastik yang terurai jadi mikroplastik, air laut justru bisa “mendaur ulang” serpihan kaca menjadi batuan kaca yang indah.

Faktanya, tidak semua Batuan kaca atau sea glass ada dalam lingkungan pantai. Ada beberapa pantai yang sangat terkenal akan batuan kacanya ini.

Kebanyakan batuan kaca alami tersebut berwana abu-abu, merah muda, hitam, kuning, hijau kebiruan, merah, dan oranye.

Batu cantik tersebut juga sudah banyak yang mengolahnya menjadi kerajinan tangan atau juga souvenir cantik.

Misalnya, ada Glass Beach di Port Townsend, Washington; Chemical Beach dan North Beach, di Seaham Inggris; Steklyashka Beach di Vladivostok, Rusia; Sea Glass Beach dan Black Bay Beach di Bermuda, MacKerricher State Park Glass Beach di Fort Bragg, California; Hanapepe Bay Glass di Kauai, Hawaii.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sains

Jōmon Sugi Pohon Tertua di Jepang yang Menjadi Salah Satu Warisan Dunia

Published

on

Jōmon Sugi Pohon Tertua yang Menjadi Salah Satu Warisan Dunia
Loading...

Gencil News- Jōmon Sugi merupakan salah satu pohon cemara atau sugi Jepang tertua dan terbesar yang menjadi salah satu warisan dunia, menurut UNESCO Tahun 1993.

Selain itu, Jōmon Sugi juga termasuk pohon yang diklaim berusia antara 2.500 hingga 7.000 tahun di Pulau Yakushima, Jepang.

Nama Jōmon Sugi merujuk ke periode Jomon (sekitar 8000-300 sebelum Masehi) dalam sejarah Jepang. Pohon tersebut tingginya mencapai 25,3 meter dan diameternya 16,4 meter.

Sedangkan, Pulau Yakushima sendiri merupakan sebuah pulau kecil dengan luas wilayah kurang lebih 500 kilometer, dengan jumlah penduduk sekitar 15.000 jiwa.

Beberapa ahli Dendrokronologi Jepang menyampaikan pendapat bahwa pada batang pohon tersebut mengindikasikan bahwa pohon tersebut berusia setidaknya 2.000 tahun.

Jalan menuju arah pohon Jōmon Sugi pada area Yakushima, jepang (Foto: Japancheapo/Journey to Jōmon Sugi)

Kawasan ini juga masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Alasannya sederhana, pulau ini sangat alami.

Yakushima memiliki iklim sub-tropis, sehingga saat musim dingin pulau ini akan tertutup salju. Namun saat musim panas, pulau ini akan sangat cantik dan teduh. Karena di tengah pulau terdapat air terjun jernih yang mengisi Yakushima.

Karena memiliki ekosistem yang unik, UNESCO menjadikan Yakushima sebagai situs warisan dunia pada tahun 1993. Sehingga pulau ini menjadi salah satu daya tarik Jepang yang terkenal sebagai pulau surga.

Continue Reading

Sains

Tiga Penemu Oksigen yang Berjasa Untuk Dunia Sains dan Medis

Published

on

Tabung oksigen di Pontianak
Loading...

Gencil News– Penemuan oksigen adalah sejarah kemajuan dan perkembangan terbesar dalam dunia sains dan medis untuk kehidupan.

Tiga penemu oksigen yang sangat berjasa bagi dunia medis tersebut telah mengabdikan kehidupannya untuk meneliti dan menguji secara ilmiah.

selain itu, hasil dari bakat jenius tersebut menjadi kebutuhan utama bagi pasien medis yang membutuhkan.

Sebut saja tiga nama penemu tersebut ialah; Carl Wilhelm Scheele, lalu berikutnya Joseph Priestley dan terakhir Antoine Lavoisier.

Ketiga nama tersebut melakukan uji coba ilmiah dengan waktu dan jarak yang berjauhan. Carl Wilhem Scheele menemukan oksigen pada tahun 1771.

Sedangkan, Joseph Priestley mengklaim menggambarkan secara ilmiah kandungan oksigen pada tahun 1774.

Setelah itu, Antoine Lavoisier pada tahun yang sama menggambarkan oksigen sebagai udara yang murni, meninggalkan penyebutan teori flogiston.

Menurut Lavoiser Perkataan oksigen terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani, oxus (asam) dan gennan (menghasilkan).

Lavoiser kemudian mempresentasikan jurnalnya pada French Academy of Sciences dengan subjek karyanya teori flogiston.

Teori flogiston ialah berupa gagasan unsur seperti api, terkandung dalam unsur yang mudah terbakar, yang dilepaskan saat pembakaran.

Continue Reading

Sains

Video Deepfake Makin Sulit Dideteksi, Tapi Diandalkan Untuk Sulih Suara

Published

on

Video Deepfake Makin Sulit Dideteksi, Tapi Diandalkan Untuk Sulih Suara
Model wireframe hijau menutupi wajah bagian bawah aktor selama pembuatan video reanimasi wajah sintetis, yang dikenal sebagai deepfake, di London, Inggris 12 Februari 2019. (Foto: Reuters TV via REUTERS)
Loading...

Gencil News- Video palsu hasil olahan kecerdasan buatan, disebut deepfake, semakin biasa dilakukan dan semakin sulit dideteksi. Namun ada juga deepfake untuk tujuan baik.

Video deepfake semakin banyak kita dapati. Misalnya, video Donald Trump yang mengaku sebagai rasis. Atau Tom Cruise tampak sedang membersihkan dapur dengan pel dan ember.

Menurut Sensity, video deepfake semakin banyak didapati, tetapi semakin rumit dan semakin sulit dideteksi. Dalam laporannya, perusahaan keamanan siber tersebut mengatakan 90% deepfake menarget perempuan. Foto dan video palsu perempuan itu telanjang beredar luas di internet.

Aktivis hak-hak perempuan Noelle Martin mendapati video porno yang seolah dilakukannya, telah ditonton ribuan kali. Pembuat deepfake tidak pernah diidentifikasi. Namun situasi itu membuat Martin memulai kampanye untuk membantu perempuan yang berada dalam situasi serupa.

“Sangat mudah bagi orang untuk bilang, ‘Tidak usahlah menyebar foto di internet’, atau ‘hati-hati dengan apa yang Anda unggah di internet,’ atau ‘Jangan posting online,’ atau ‘Jangan punya akun media sosial.’ Menurut saya, kita tidak bisa bersikap seperti itu untuk tahun 2021.”

Associate professor ilmu komputer di University of Southern California Hao Li memamerkan video 'deepfake' dengan mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May selama pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) ke-50 di Davos, Swiss, 22 Januari 2020. (Foto: R
Associate professor ilmu komputer di University of Southern California Hao Li memamerkan video ‘deepfake’ dengan mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May selama pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) ke-50 di Davos, Swiss, 22 Januari 2020. (Foto: R

Menurut Martin, pemerintah harus meregulasi deepfake, terutama online.

Di Amerika, hanya lima negara bagian: New York, California, Virginia, Maryland, dan Texas yang memiliki undang-undang yang menarget deepfake. Penerapan undang-undang federal yang akan melarang deepfake tampaknya sangat tidak mungkin, kata para ahli seperti Jane Kirtley, dosen hukum pada University of Minnesota.

“Sejauh ini ada lima negara bagian di Amerika yang memiliki undang-undang yang melarang deepfake. Undang-undang itu, khususnya, dalam konteks yang sangat spesifik. Dalam beberapa kasus, mereka terkait deepfake politik. Jika melakukan deepfake terhadap kandidat dalam beberapa hari menjelang pemilu, itu bisa – berdasar undang-undang itu – dianggap sebagai tindak pidana,” paparnya.

Belakangan ini juga muncul apa yang disebut deepfake “geografis.” Citra satelit palsu bisa digunakan untuk menyebar informasi bohong tentang bencana alam.

Tim ilmuwan di University of Washington sedang mencari cara untuk mengidentifikasi pemalsuan semacam itu.

“Gambar satelit bohong itu bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Misalnya membuat simulasi bangunan atau area yang dibom. Dari perspektif teknis, apa saja di Bumi ini bisa dipalsukan!” kata dosen geografi di University of Washington, Bo Zhao

Namun, tidak semua deepfake berbahaya.

Satu perusahaan pemula, Flawless, memperkenalkan program untuk dubbing film dan acara TV. Program sulih suara itu akan menyesuaikan gerak bibir para aktor dan suara mereka dalam bahasa yang berbeda dari bahasa aslinya.

Algoritme itu menganalisis ekspresi wajah aktor atau aktris, kemudian melakukan hal yang sama dengan aktor sulih suara, dan kemudian menyinkronkan keduanya.

“Kita bisa mendobrak hambatan bahasa! Ada peluang yang sangat luar biasa bagi orang-orang untuk mulai mengakses lebih banyak konten dari seluruh dunia. Sebelumnya, menurut saya, mungkin hambatan sulih suara dan alih bahasa membuat banyak orang malas menontonnya,” ujar Nick Lynes, salah seorang pendiri Flawless.

Pengembang Flawless percaya bahwa teknologi ini bisa mengarahkan industri film ke tingkat yang betul-betul baru dan menjadi contoh cara yang baik dan efektif untuk menggunakan deepfake.

Continue Reading

Sains

Pesawat Kargo Tiba di Stasiun Antariksa Internasional

Published

on

By

Pesawat Kargo Tiba di Stasiun Antariksa Internasional
Pesawat kargo Cygnus ketika tiba di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) (foto: dok).
Loading...

Gencil News – VOA – Pesawat pembawa pasokan, produksi perusahaan kedirgantaraan Northrop Grumman, tiba di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) pada Kamis (12/8). Pesawat itu, Cygnus, membawa 3.700 kilogram kargo, terbesar yang pernah ada, ke laboratorium yang mengorbit.

Cygnus ditangkap astronot NASA Meghan McArthur dengan lengan robot stasiun tersebut. Dia mengarahkan pesawat itu untuk berlabuh di modul Unity stasiun. Pesawat itu kemudian dibaut ke tempatnya.

Pasokan yang dikirim ke ISS antara lain bahan simulasi debu dan tanah bulan yang akan digunakan untuk membuat barang-barang dari mesin pencetak 3D di ISS. Eksperimen ini dirancang untuk mengeksplorasi bagaimana bahan bangunan suatu hari nanti dapat dibuat dari sumber daya yang ditemukan di bulan atau Mars.

Ini misi ke-16 Cygnus untuk NASA. Pesawat itu tiba setelah diluncurkan dengan roket Antares Selasa lalu dari Wallops, fasilitas penerbangan NASA di Virginia. Pesawat pemasok itu akan tetap berada di ISS selama sekitar tiga bulan dan kembali ke Bumi pada November.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING