NASA dan SpaceX Kirim 4 Astronaut ke ISS – Gencil News
Connect with us

Sains

NASA dan SpaceX Kirim 4 Astronaut ke ISS

Published

on

NASA dan SpaceX Kirim 4 Astronaut ke ISS

Gencil News – Empat astronaut telah tiba di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dalam misi rotasi awak pertama NASA yang menggunakan pesawat antariksa komersial.

Tiga astronaut AS dan satu Jepang, tiba setelah perjalanan 27,5 jam dengan pesawat Crew Dragon SpaceX. Misi mereka dijadwalkan berlangsung selama sekitar enam bulan.

Mereka bergabung dengan dua kosmonaut Rusia dan seorang astronot Amerika yang terbang ke ISS bulan lalu dari Kazakhstan. Para awak yang tiba disambut dengan tepuk tangan dan pelukan.

“Ini merupakan perjalanan yang luar biasa,” kata komandan misi Mike Hopkins dalam upacara penyambutan. “Kami sangat gembira berada di sini.”

Presiden badan antariksa Jepang JAXA, Dr. Yamakawa Hiroshi, mengatakan misi itu telah “mengilhami keberanian dan kegembiraan semua warga negara Jepang.”

Astronaut Jepang Soichi Noguchi mengatakan empat awak baru “sangat terhormat dan gembira” berada di ISS dan “siap untuk bekerja.”

Selama berada di ISS, para awak akan melakukan serangkaian eksperimen ilmiah, termasuk menanam radis dan menggunakan gravitasi mikro untuk menguji coba obat leukemia. Mereka juga membawa toilet baru yang didesain ulang, yang menurut NASA akan membantu mempersiapkan misi mendatang ke Bulan dan Mars. (VOA)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sains

Dua Jasad Sisa Letusan Gunung 2.000 Tahun Lalu Ditemukan

Published

on

Dua Jasad Sisa Letusan Gunung 2.000 Tahun Lalu Ditemukan
Dua jasad yang diyakini adalah orang kaya dan budak prianya yang melarikan diri dari letusan gunung berapi Vesuvius hampir 2.000 tahun yang lalu. (Foto: AP)

Gencil News – VOA – Sisa-sisa kerangka dua manusia akibat letusan gunung berapi yang meletus hampir 2.000 tahun lalu ditemukan di Pompeii. Pejabat di taman arkeologi di Italia mengatakan mayat tersebut diyakini sebagai orang kaya dan budak prianya yang berusaha melarikan diri dari kematian akibat letusan Gunung Vesuvius.

Associated Press melaporkan, bagian dari tengkorak dan tulang kedua pria itu ditemukan dalam penggalian reruntuhan tempat yang dulunya merupakan vila elegan dengan pemandangan Laut Mediterania di pinggiran kota Romawi kuno. Kota tersebut hancur akibat letusan gunung berapi pada tahun 79 Masehi.

Pejabat Pompeii mengatakan orang-orang itu tampaknya lolos dari abu vulkanik Gunung Vesuvius, tetapi akhirnya menyerah pada ledakan vulkanik kuat yang terjadi keesokan paginya. Ledakan berikutnya “tampaknya menyerbu daerah itu dari banyak titik, mengelilingi dan mengubur para korban dalam abu,” kata pejabat Pompeii dalam sebuah pernyataan.

Mereka mengatakan sisa-sisa dua korban itu berbaring bersebelahan di punggung mereka, ditemukan di lapisan abu abu-abu sedalam setidaknya dua meter.

Seperti yang telah dilakukan ketika sisa-sisa lain telah ditemukan di situs Pompeii, para arkeolog menuangkan kapur cair ke dalam rongga, atau kekosongan, yang ditinggalkan oleh tubuh yang membusuk di abu dan batu apung yang turun dari gunung berapi dekat Napoli modern dan menghancurkan tingkat atas vila.

Teknik yang dirintis pada tahun 1800-an ini tidak hanya memberikan gambaran tentang bentuk dan posisi korban ketika meninggal, tetapi juga membuat sisa-sisa “tampak seperti patung,” kata Massimo Osanna, seorang arkeolog yang merupakan direktur jenderal arkeologi. taman dioperasikan di bawah yurisdiksi Kementerian Kebudayaan Italia.

Pria satunya memiliki struktur tulang yang kuat, terutama di area dadanya, dan meninggal dengan tangan di dada dan kakinya ditekuk dan terbuka lebar. Para pejabat memperkirakan ia berusia 30- hingga 40 tahun. Fragmen cat putih ditemukan di dekat wajah pria itu, mungkin sisa-sisa dinding atas yang runtuh.

Kedua kerangka tersebut ditemukan di ruang samping di sepanjang koridor bawah tanah, atau lorong, yang pada zaman Romawi kuno dikenal sebagai cryptoporticus, yang mengarah ke lantai atas vila.

Gunung Vesuvius merupakan sisa dari gunung berapi aktif. Sementara penggalian berlanjut di situs dekat Napoli, wisatawan saat ini dilarang masuk ke taman arkeologi untuk memendam perebakan virus Covid-19.

Continue Reading

Sains

Pengguna Internet Indonesia Hampir Mendekati 200 Juta

Published

on

Pengguna Internet Indonesia Hampir Mendekati 200 Juta

Pengguna internet Indonesia saat ini hampir mendekati angka 200 juta pengguna, menurut survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Bahkan, pada periode 2019 hingga kuartal II 2020 sudah pada posisi 196 Juta pengguna.

Sebagai informasi, survei yang APJII biasanya lakukan pada kuartal pertama setiap tahun.

Akan tetapi mengingat awal tahun ini pandemi melanda Indonesia, prosesnya mundur hingga di kuartal kedua.

Dalam pemaparannya, Sekretaris Jenderal APJII, Henri Kasyfi Soemartono menuturkan.

Saat ini internet telah berperan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, maupun politik secara global, termasuk Indonesia. Karenanya, penggunaannya pun terus meningkat.

Hal tersebut juga setelah ada survei terbaru ini, menurut Henri, penetrasi pengguna internet Indonesia dari 2019 hingga kuartal kedua 2020 mencapai 73,7 persen.

Data tersebut juga hasil hitungan dengan proyeksi BPS mengenai populasi Indonesia yakni sekitar 266 juta.

dari survei kepada 7.000 responden dengan metode pengumpulan data wawancara untuk mengisi kuisioner. Survei tersebut dilakukan mulai dari 2 hingga 25 Juni 2020.

“Jadi, pengguna internet Indonesia perkiraan nya adalah 196 juta, naik dari 171 juta pada tahun 2018, dengan pertumbuhan 8,9 persen atau sekitar 25 juta pengguna,” tuturnya.

Sementara konten hiburan yang banyak terakses adalah video online 49,3 persen, game online (16,5 persen), dan musik online 15,3 persen.

Ada lima alasan utama mereka mengakses internet, yakni media sosial, komunikasi pesan, main game online, dan belanja online.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia juga melaporkan ada empat marketplace favorit pengguna Indonesia yakni Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak.

Bahwa sebanyak hampir 68,7 persen pengguna internet di Indonesia sudah merasa aman bertransaksi melalui internet.

Tiga layanan keuangan yang banyak digunakan adalah aplikasi tekfin (teknologi finansial), m-banking, dan internet banking. Adapun media sosial favorit bagi masyarakat Indonesia adalah Facebook, Instagram, dan Twitter.

Sementara YouTube masih menjadi platform favorit untuk menonton streaming video atau musik. WhatsApp menjadi aplikasi pesan yang lebih banyak digunakan ketimbang Line atau Messenger.

Continue Reading

Sains

New Delhi: Indeks Kualitas Udara Buruk Penyebab Penyakit

Published

on

New Delhi Indeks Kualitas Udara Buruk Penyebab Penyakit

Gencil News – Kualitas udara yang buruk di New Delhi mencapai posisi terendah yang baru pada Kamis (5/11). Berdasarkan data dari Badan Pengendalian Polusi, para penduduk di kota itu menghirup udara dengan indeks kualitas pada peringkat 452, menandai udara paling beracun dalam setahun.

Para ahli medis memperingatkan bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh kabut asap dapat mengakibatkan peningkatan penyakit pernapasan bagi 20 juta penduduk bertambah pesat di India.

Ibu Kota India, yang dianggap paling tercemar di dunia, memiliki lebih dari 400 ribu infeksi virus corona yang dikonfirmasi.

New Delhi melaporkan konsentrasi partikel PM2,5 beracun di udara pada tingkat 14 kali lebih tinggi dari ambang batas aman Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Partikel kecil yang tidak terlihat tetapi mematikan itu dapat menembus lapisan paru-paru dan masuk ke dalam aliran darah manusia. Hal itu berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular dan pernapasan, termasuk kanker paru-paru.

Suatu hal yang normal jika polusi udara di New Delhi melonjak pada bulan Oktober dan November. Para ahli menyalahkan kebakaran pada pertanian lokal sehingga mencemari 42 persen udara di kota serta menambahkan bahwa angin dan suhu yang rendah pada musim gugur mengantarkan selimut asap tebal ke seluruh wilayah kota.

Pihak berwenang menyatakan jika kualitas udara masih tetap berada di zona yang buruk selama lebih dari 48 jam, pembangunan konstruksi mungkin dihentikan, dan sejumlah kendaraan akan dilarang masuk dan berkendara di dalam kota agar dapat mengurangi emisi karbon.

Menurut laporan Berkeley Earth 2019, sebuah organisasi nirlaba berfokus pada analisis data ilmu iklim, menghirup udara Delhi selama satu hari serupa dengan risiko kesehatan dari bahaya merokok sedikitnya 25 batang rokok. 

Continue Reading

TRENDING