Connect with us

Tekno

Swiss Luncurkan Aplikasi Pelacakan Covid-19

Published

on

Swiss Luncurkan Aplikasi Pelacakan Covid-19
Salah satu aplikasi untuk pelacakan kontak COVID-19 (foto: ilustrasi).

GENCIL NEWS – Pemerintah Swiss mengatakan aplikasi pelacakan kontak COVID-19 Swiss akan diluncurkan ke publik pada hari Kamis. Pemerintah Swiss mendesak semua orang untuk mengunduhnya dengan telepon cerdas mereka.

Aplikasi gratis SwissCovid menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth untuk mendata ponsel lain yang berada dalam jarak dua meter selama sekitar 15 menit atau lebih.

Aplikasi ini kemudian memperingatkan orang-orang yang mungkin tidak menyadari lama berdekatan dengan seseorang yang kemudian dinyatakan positif mengidap virus corona.

Pemerintah Swiss hari Rabu menyatakan ingin mencegah penyebaran virus corona yang tidak terkendali.

Semakin banyak orang menggunakan aplikasi maka pencapaian tujuan ini akan semakin baik lagi, kata pernyataan tersebut.

Aplikasi ini bersifat pilihan dan data pribadi atau informasi lokasi yang digunakan tidak akan disimpan.

Siapa pun yang dinyatakan positif terkena virus akan diberi kode oleh layanan kesehatan regional untuk masuk ke dalam aplikasi itu.

Pengguna aplikasi lain yang berdekatan diberi tahu secara anonim, pada hari di mana kontak itu terjadi, dan informasi mengenai tindakan yang harus diambil selanjutnya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Teknologi Informasi

Mengenal 6 Tanaman Paling Berbahaya Di Dunia

Published

on

Mengenal 6 Tanaman Paling Berbahaya Di Dunia

GENCIL NEWS – Siapa yang menyangka bahwa ada banyak tanaman yang diam-diam sangat beracun bagi manusia. Tanaman ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti menyebabkan kejang, mual, sesak napas bahkan hingga kematian.

Pada umumnya memang tumbuhan tidak berbahaya bagi manusia. namun, hal itu tidak berlaku bagi sederet tanaman paling berbahaya di dunia berikut ini.

  • Mata Boneka (Actaea pachypoda)

Tanaman ini memiliki bentuk sangat unik dengan buah warna putih kental disertai titik hitam di tengahnya. Namun siapa sangka, titik hitam ini menandakan tempat konsentrat racun tertinggi. Biji tanaman mata boneka ini mengandung racun cardiogenic, jika  dikonsumsi menimbulkan keracunan hingga gagal jantung yang berujung kematian.

  • Pohon Wolf’s Bane (Aconitum variegatum)

Tumbuhan beracun ini dapat menipu mata kita dengan tampilan daunnya yang memiliki warna sangat menarik. Namun, di balik itu tersimpan racun mematikan yang sejak zaman dahulu sering digunakan untuk mengolesi tombak beracun untuk membunuh serigala.                      Dari situlah nama wolf’s bane (racun serigala) untuk pohon ini berasal.

  • Cicuta (water hemlock)

Tanaman cicuta atau dikenal dengan sebutan water hemlock merupakan jenis tanaman paling beracun dari spesies Apiaceae. Tanaman dengan bunga putih agak kehijauan ini banyak ditemukan di dataran Amerika dan Eropa. Menurut penelitian, orang yang memakan tanaman ini akan mengalami kejang kemudian meninggal.

  • Pohon Manchineel (Hippomane mancinella)

Di Spanyol, pohon manchineel kerap dijuluki pohon kematian. Tanaman paling berbahaya di dunia ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, terkenal dengan buahnya yang sangat beracun. Berdasarkan riset University of Florida, efek getah manchineel dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan juga kebutaan sementara.

  • Dendrocnide moroides (Gympie Gympie)

Hugh Spencer seorang pakar dari Cape Tribulation Tropical Research Station menyarankan untuk segera mencuci area tubuh yang terkena Gympie-Gympie dengan asam hidroklorik, kemuadian menggunakan strip wax untuk mengangkat semua bulu beracunnya.

Gympie memiliki daun lebar berbentuk hati, batang dan buahnya berwarna pink tua atau ungu yang semuanya diselimuti bulu kecil seperti jarum suntik yang menyengat Bila bulu-bulu halus itu tersentuh, racun yang disebut moroidin akan langsung menembus tubuh. Kadang, bulu halusnya yang terbang di udara dan bisa masuk ke hidung akan membuat gatal, ruam, bersin, hingga mimisan.

  • White snakeroot (Ageratina altissima)

Dalam kasus ekstrem, tanaman ini bisa menyebabkan kejang, koma dan kematian! Jika seseorang lolos dari maut setelah mengonsumsi tanaman ini, ia akan merasa lemas hingga beberapa minggu, bahkan Hewan yang tak sengaja memakan tanaman ini pun bisa gemetar dan keracunan.

Racunnya bernama tremetol yang bisa menyebabkan gemetar, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lemas dan masalah usus serius pada manusia.

Continue Reading

Tekno

Statista Perkirakan Pengguna Video Game di Indonesia Tembus 50 juta

Published

on

Statista Perkirakan Pengguna Video Game di Indonesia Tembus 50 juta

GENCIL NEWS – Statista memperkirakan jumlah pengguna video game di Indonesia pada tahun ini akan tembus 50,6 juta pengguna atau tumbuh 18 persen secara tahunan.

Berdasarkan data Statista Oktober 2019, pengguna video game di Indonesia didominasi oleh rentang umur 25-34 tahun dengan bauran 45,1 persen pada 2019.

Lembaga riset dan statistik yang berbasis di Hamburg, Jerman, Statista GmBh, memproyeksikan pendapatan dari segmen video game di Indonesia akan mencapai US$1,06 miliar pada tahun ini.

Proyeksi pendapatan tersebut diperkirakan akan menunjukkan rata-rata pertumbuhan tahunan (CAGR 2020-2024) sebesar 3 persen. Dengan perkirakaan volume pasar menjadi US$1,12 miliar pada 2024.

Berdasarkan data Statista yang telah disesuaikan dengan proyeksi dampak Covid-19 per Juni 2020 itu mengungkapkan proyeksi pendapatan pendapatan segmen video game di Indonesia sebesar US$1,06 miliar tersebut tumbuh sebesar 13,4 persen secara tahunan

Statista menjelaskan segmen video game didefinisikan sebagai video game berbasis biaya yang didistribusikan melalui internet.

Game unduhan mencakup unduhan versi lengkap untuk konsol game atau PC (diperlukan instalasi), game seluler untuk ponsel cerdas dan perangkat tablet (unduhan aplikasi berbayar dan pembelian dalam aplikasi).

Kemudian, game online berbayar atau permainan gratis yang dapat dimainkan langsung di browser internet. Atau melalui klien yang perlu diinstal (berbasis berlangganan atau termasuk pembelian dalam game). Serta jaringan game berbasis berlangganan seperti Xbox Live Gold, PlayStation Plus atau Nintendo Switch Online

Sementara itu segmen game mobile yang merupakan pasar terbesar untuk segmen video game di pasar Indonesia diperkiraan akan meraup pendapatan sebanyak US$712 juta pada 2020. Proyeksi pendapatan pada tahun ini tersebut meningkat 11,1% secara tahunan.

Bahkan, pendapatan pada segmen ini diharapkan akan menunjukkan rata-rata peningkatan tahunan (CAGR 2020-2024) sebesar 2,3%. Peningkatan CAGR itu diharapkan akan menghasilkan volume pasar sebesar US$780 juta pada 2024.

Statista mengungkapkan pada 2020, pengguna pada segmen mobile ini di Indonesia diperkirakan tembus hingga 50,8 juta pengguna.

Berdasarkan data Statista yang telah disesuaikan dengan proyeksi dampak Covid-19 per Juni 2020 itu juga memperkirakan pengguna segmen ini akan mencapai 61,5 juta pada 2024.

Jika dibandingkan dengan total populasi Indonesia, maka pendapatan per kapita dari segmen ini akan mencapai US$10,7 pada 2020. Proyeksi pendapatan per kapita pada segmen ini itu tumbuh 1,5% secara tahunan.

Continue Reading

Tekno

Aplikasi Hiburan Menarik Yang Sedang Trend Doublicat

Published

on

Aplikasi Hiburan Menarik Yang Sedang Trend Doublicat

GENCIL NEWS – Berbagai cara kini di lakukan untuk mengusir rasa bosan, ada aplikasi terbaru yang tengah marak digunakan. Aplikasi bernama Doublicat ini serupa dengan FaceApp yang booming beberapa waktu lalu.

Namun, Doublicat berbeda dengan FaceApp. Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk “menempelkan” wajah kita di tubuh orang lain, seperti misalnya Captain America. Kemudian, Doublicat mengubahnya menjadi video maupun animasi GIF. Doublicat pun menyediakan aneka template menarik yang bisa dipakai oleh pengguna.

Mulai dari cuplikan video para aktor serta aktris film yang sedang beraksi, penyanyi yang sedang berjoget, hingga para pahlawan super Marvel yang tengah melawan musuhnya.

Aplikasi ini dibuat oleh RefaceAI, pengembang asal Ukraina. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengambil foto selfie. Kemudian, foto wajah tersebut bisa digunakan dalam berbagai template video dan GIF.

Sebenarnya masih ada beberapa fitur tambahan yang disediakan oleh Reface dalam aplikasi Doublicat. Namun kamu harus menjadi bagian dari BRO, atau subscription berbayar dari Doublicat. Mulai dari Rp55 ribu per minggu.

Selain itu, subscription juga bisa hilangkan iklan yang tampil tiap kali pengguna hendak memroses foto, serta opsi untuk hapus watermark.

Plus, proses yang diprioritaskan, mengingat aplikasi ini menggunakan machine learning yang harus di-render melalui cloud, masih sangat cukup untuk sekadar membuat konten hiburan.

Aplikasi ini telah dikembangkan sejak empat tahun lalu, mulai saat pertama mereka kembangkan algoritma machine learning di dalam aplikasi yang biasa disebut ‘deepfake’ ini.

Sejak itu, aplikasi Doublicat telah diunduh 750 ribu orang dalam dua bulan pertama, dan mencapai 1 juta unduh pada bulan ketiga.

Continue Reading

TRENDING