Equinox Akan Hadir Pada Bulan September

Equinox Akan Hadir Pada Bulan September- Bumi kita bergerak mengelilingi matahari, sehingga menimbulkan kesan semu bahwa matahari–dari sudut pandang kita di Bumi–bergerak mengelilingi.

Gerak semu ini ditandai dengan perubahan posisi matahari setiap hari. bila dilacak, gerakannya sepanjang tahun akan mengikuti garis yang kita namakan garis ekliptika. Garis ekliptika ini berpotongan dengan garis ekuator langit, yaitu garis yang memotong bola langit menjadi dua bagian–belahan utara dan belahan selatan.

Perpotongan dua garis ini–ekliptika dan ekuator langit–disebut titik equinox. Saat matahari berada di titik ini, maka lamanya siang dan malam akan sama yaitu masing-masing 12 jam. Titik yang dilewati matahari dalam perjalanannya dari selatan ke utara langit, terjadi pada bulan Maret, dinamakan Titik Vernal Equinox. Titik yang dilewati matahari dalam perjalanannya dari utara ke selatan langit, terjadi pada bulan September, dinamakan Titik Autumnal Equinox.

Baca juga   Pansel Gunakan ‘Tracking’ Guna Jaring Calon Pimpinan KPK

Ekuinoks adalah peristiwa yang terjadi ketika matahari berada tepat di atas ekuator di siang hari. yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 23 September mendatang adalah yang berjenis autumnal. Ini terjadi akibat adanya gerak semu tahunan matahari. Dampak yang akan dirasakan di bumi adalah kesamaan durasi antara siang dan malam hari. Walaupun tidak ada hal yang bisa diamati dari ekuinoks, ini waktu yang tepat untuk memelajari hal baru tentang gerakan bumi dan posisinya di dalam tata surya. 

Matahari berada di ekuinoks atau di atas garis khatulistiwa. Lamanya siang dan malam menjadi sama yakni 12 jam. Bagi masyarakat di belahan bumi utara, tanggal 23 September merupakan Ekuinoks Musim Gugur atau titik balik musim gugur yang menandai awal musim gugur. Sebaliknya di belahan Bumi selatan, ekuinoks di bulan September merupakan vernal ekuinoks atau ekuinoks musim semi yang menandai awal musim semi.

Baca juga   Kepala Interpol Dilaporkan Hilang Setelah Perjalanan ke China

Ada dua macam ekuinoks, yaitu vernal danautumnal. 

Ekuinoks vernal (vernal equinox) atau titik musim semi matahari menandai dimulainya musim semi astronomis. Ekuinoks adalah kedudukan matahari tepat di ekuator, hal ini terjadi 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada tanggal 19-21 Maret, dan 21-23 September. Pada saat Ekuinoks terjadi, maka bumi belahan utara dan selatan mengalami malam dan siang yang sama panjangnya. Ekuinoks pada tanggal 19-21 Maret, disebut sebagai Ekuinoks musim semi.

Ekuinoks autumnal atau titik Musim Gugur Matahari untuk belahan bumi utara dan selatan merupakan kebalikannya dari titik Musim Semi Matahari dimulai nya musim gugur di beberapa Negara bagian.

Bagi anda yang mungkin berada di Pontianak pada tanggal 23 september di pukul 12 siang waktu setempat, silahkan nikmati pergerakan equinox autumnal di mana matahari akan berada persis di atas kepala dan sinar matahari jatuh tegak lurus terhadap tanah. Maka kemungkinan bayangan yang dihasilkan akan sangat kecil.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News