Hakim Jatuhkan Hukuman 20 Tahun Kepada Operator Situs Legal

Hakim Federal di Amerika, Selasa (9/10), menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara kepada operator salah satu situs web pasar gelap kriminal terbesar” karena mengedarkan narkoba dan mencuci uang.

Operator tersebut, Gal Vallerius, yang menyebut dirinya “Oxymonster,” diambil dari nama obat penghilang nyeri Oxydone dan obat antidepresan Ritalin yang dijualnya secara gelap lewat yang disebut “web gelap”.

Dark web adalah situs internet yang hanya dapat diakses dengan menggunakan piranti lunak khusus sehingga membuat tidak mungkin untuk melacak penggunanya.

Departemen Kehakiman AS di Washington menunjukkan gambar situs web gelap “AlphaBay” yang ditutup oleh pemerintah AS. Situs web tersebut dituduh menjadi tempat jual-beli obat-obatan terlaran, senjata, alat-alat peretas komputer, dan barang-barang ilegal lainnya, 20 Juli 2017.

Vallerius mengaku bersalah pada Agustus atas tuduhan mengedarkan narkoba dan melakukan pencucian uang lewat website Dream Market. Sebagian besar pelanggan Dream Market melakukan bisnis mereka dengan mata uang kripto seperti bitcoin.

Baca juga   Jelang Pileg, Jaga Keutuhan

Vallerius diperintahkan untuk menyerahkan sejumlah besar mata uang kripto itu.[al]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.