Connect with us

Teknologi Informasi

Korea Selatan Diizinkan Amerika Kembangkan Bahan Bakar roket

Published

on

Korea Selatan Diizinkan Amerika Kembangkan Bahan Bakar roket

GENCIL NEWS – Korea Selatan diizinkan Amerika untuk mengembangkan bahan bakar roket luar angkasa. Korea Selatan Diizinkan Untuk Kembangkan Bahan Bakar roket Bahan bakar padat menurut sejumlah pakar dapat memperbesar mobilitas misil dan roket.

Sehingga memungkinkan Korea Selatan meluncurkan satelit pemantau pertamanya dan mengembangkan teknologi rudal yang lebih kuat. 

Korea Selatan, Selasa (28/7) menyatakan telah mendapat persetujuan AS untuk menggunakan bahan bakar padat untuk sejumlah kendaraan peluncur ruang angkasa.

Persetujuan itu, menurut sejumlah pakar, akan memungkinkan Seoul meluncurkan satelit-satelit pemantau pertamanya dan mengembangkan teknologi untuk membangun rudal yang lebih kuat.

Bahan bakar padat dapat memperbesar mobilitas misil dan roket serta mengurangi waktu persiapan dalam peluncuran.

Washington selama ini telah memberlakukan pembatasan ketat terhadap Seoul karena khawatir itu dapat digunakan untuk memproduksi misil yang lebih besar dan memicu perlombaan senjata regional.

Pada Selasa, pemerintah Korea Selatan menyatakan, Seoul dan Washington telah sepakat untuk merevisi pedoman bilateral terkait misil untuk mencabut beberapa pembatasan tersebut.

Kim Hyun-chong, Wakil Penasehat Keamanan Nasional Korea Selatan mengemukakan, “Mulai 28 Juli 2020 hari ini, Korea Selatan akan mengadopsi pedoman rudal yang direvisi dengan AS, yang mencabut beberapa pembatasan penggunaan bahan bakar padat untuk roket-roket peluncur antariksa.”

Kepada para wartawan, Kim Hyun-chong, wakil penasehat keamanan nasional itu mengemukakan, semua lembaga riset, perusahaan dan individu kini bebas mengembangkan dan memproduksi roket-roket peluncur antariksa yang menggunakan bahan bakar padat.

“Mulai hari ini, 28 Juli 2020, semua perusahaan, lembaga penelitian, perusahaan dan individu Korea Selatan kini bebas untuk meneliti, mengembangkan, memproduksi, dan memiliki tidak hanya bahan bakar cair tapi juga bahan bakar padat dan berbagai jenis roket peluncur antariksa, tanpa batasan apa pun,” tambahnya.

Kim mengemukakan, kesepakatan yang direvisi itu masih menghalangi Korea Selatan untuk memiliki misil yang berdaya jangkau lebih dari 800 kilometer. Namun, ia menyampaikan bahwa Seoul bisa mendiskusikan perubahan terkait pembatasan itu dengan Washington jika diperlukan bagi keamanan nasional Korea Selatan.

Kim juga menambahkan, bahan bakar padat tersebut jauh lebih murah daripada bahan bakar cair dan lebih berdaya guna dalam peluncuran satelit-satelit yang mengorbit dengan ketinggian yang lebih rendah. Ia kemudian mengungkapkan, Korea Selatan dapat menggunakan roket-roker berbahan bakar padat untuk meluncurkan satelit-satelit pemantau militer. Sejauh ini, Korea Selatan tidak memiliki satelit intelijen.

Kemampuan rudal Korea Selatan lebih rendah dibandingkan saingannya, Korea Utara. Pada tahun 2017, Korea Utara melakukan tiga kali uji coba rudal balistik antarbenua sebagai bagian dari upaya untuk membangun misil bertenaga nuklir yang mampu mencapai daratan AS. 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Teknologi Informasi

Microsoft Dan TikTok akan Lanjutkan Perundingan Akuisisi

Published

on

Microsoft Dan TikTok akan Lanjutkan Perundingan Akuisisi

GENCIL NEWS – VOA – Microsoft Corp pada Minggu (2/8) mengatakan akan melanjutkan perundingan untuk mengakuisisi aplikasi video pendek populer TikTok dari raksasa internet China ByteDance.

Menurut dua orang sumber yang memahami rencana akuisisi itu, Minggu (2/8), Presiden AS Donald Trump telah setuju memberi waktu 45 hari kepada ByteDance untuk menegosiasikan jual beli itu.

Microsoft yang ingin menuntaskan perundingan sebelum 15 September. Merilis pernyataan setelah perbincangan antara CEO Satya Nadella dan Trump. Dikatakannya, perusahaan itu akan menjamin agar semua data pribadi pengguna AS ditransfer dan tetap berada di AS.

“Microsoft sangat mengapresiasi pentingnya menangani kekhawatiran presiden. (Microsoft) berkomitmen untuk mengakuisisi TikTok dengan meninjau keamanan sepenuhnya dan menyediakan manfaat ekonomi bagi AS, termasuk Kementerian Keuangan AS,” kata Microsoft dalam pernyataan.

Perusahaan itu menambahkan bahwa tidak ada jaminan bahwa perjanjian akan dicapai.

Kata kedua sumber itu, negosiasi ByteDance-Microsoft akan diawasi oleh Komite Investasi Asing di AS, panel pemerintah AS yang berhak memblokir perjanjian apapun.

ByteDance, Microsoft, dan Gedung Putih belum segera merespons permintaan untuk berkomentar. 

Continue Reading

Milenial

Pore Block, Inovasi ‘Paving Block’ Tahan Banjir

Published

on

Banjir salah satunya disebabkan oleh berkurangnya daerah resapan air. Sebuah perusahaan rintisan (start up) di Bandung menawarkan solusi berupa paving block berpori.

Paving block berpori ini tidak menghambat penyerapan air ke tanah. Genangan air pun bisa dicegah.

“Dengan adanya pore block ini, pembangunan bisa terus dilakukan, tapi daerah resapan air bisa tetap dijaga juga. Jadi walaupun ekonomi meningkat, lingkungan tetap kita pedulikan,” jelas Anisa Azizah, co-founder Tech Prom Lab

Co-Founder Tech Prom Lab, Anisa Azizah, berharap pore block bisa mengurangi banjir di Indonesia.

Lulusan Teknik Fisika ITB ini menjelaskan, pore block dapat ditembus air sampai 1000 mm/hari, berpuluh-puluh kali lipat dari paving block biasa.

Paving block berpori di pasaran biasanya tidak sekuat paving block biasa. Karena itu Tech Prom Lab mengembangkan bahan kimia yang membuat produknya tetap kuat.

“Karena kita dari teknik material. Kita teliti materialnya dan bisa mengembangkan bahan kimia yang membuat itu kuat tapi tetap berpori,” ujar mahasiswa MBA ITB ini.

Kekuatannya bahkan mencapai K-200 sampai K-350, setara dengan paving block kelas B sampai A.

Tech Prom Gaet Produsen Lokal

Perusahaan rintisan ini bekerjasama dengan pabrik paving block lokal di Tasikmalaya, Jawa Barat, dan Tangerang, Banten.

HR Manager Tech Prom Lab, Afif Bani Buchori, mengatakan pihaknya melakukan transfer teknologi kepada produsen lokal.

“Kita partnership dan vendoring begitu. Kalau misalnya di Makassar ada vendor nih yang punya pabrik (paving block) dia reach out kita, ya kita akan ke sana dan transfer teknologi. Dia akan jadi operasi daerah Makassar,” jelas dia.

Pore block telah digunakan di sejumlah lokasi, salah satunya di Sekolah Yayasan Al-Haq, Kota Bandung. (Courtesy: Tech Prom Lab)

Berdiri pada 2018, Tech Prom Lab berhasil menjual paving block berpori pertamanya setahun kemudian.

Dipasarkan lewat kerabat dan pameran, pore block kini sudah digunakan di hampir 10 lokasi di Bandung, Sumedang, dan Tangerang. Mulai dari rumah, pemukiman, sampai lapangan sekolah.

Kesadaran Masyarakat Masih Rendah

Harga pore block sebetulnya sama dengan paving block kelas A. Namun masyarakat masih memilih paving block kelas yang lebih rendah karena lebih murah.

Karena itu, kata Afif, pihaknya berupaya menyadarkan masyarakat akan manfaat pore block.

Dalam pengujian, pore block dapat ditembus air sampai 1000 mm / hari, berpuluh-puluh kali lipat dibandingkan paving block biasa. (VOA/Rio Tuasikal)

“Karena kami basis isunya lingkungan, ya kami sekalian edukasi masyarakat. Instagram kami full dengan education. Kami niatnya emang mengenalkan dulu. Begitu mereka sudah tahu, mereka akan datang kan,” tambah Afif, lulusan MBA ITB.

Perusahaan berisi tujuh anak muda ini berencana mengembangkan sayap operasi ke Jawa Timur dan Jawa Tengah pada 2020.

Selain itu, mereka akan mulai mengembangkan pore block memakai abu layang (fly ash), limbah pembakaran batu bara.

Anisa berharap, produknya bisa membantu penanganan banjir di Indonesia.

Pore block ini hanya salah satu solusi, dan masih banyak solusi-solusi lain. Masyarakat bisa lebih aware terhadap lingkungan, dan bisa memakai barang-barang yang ramah lingkungan seperti pore block ini,” harapnya.

Continue Reading

Teknologi Informasi

Mengenal 4 Kamera Di Dalam Ponsel Pintar

Published

on

Mengenal 4 Kamera Di Dalam Ponsel Pintar

GENCIL NEWS – Permintaan konsumen yang makin menyukai kualitas kamera baik menuntut para produsen ponsel terus berinovasi.

Namun terkadang para konsumen hanya sekadar melihat kualitas gambar hasil kameranya. Mereka lupa bertanya apa saja kegunaan dari lensa yang ada pada kamera ponsel itu. Padahal, itu penting untuk menunjang hasil foto Anda.

Ponsel Pintar zaman sekarang sering menyajikan kamera dalam jumlah banyak dan bahkan frasa “quad camera” nampaknya menjadi frasa ampuh untuk memasarkan sebuah gawai.

Untuk itu Anda perlu tahu beberapa penjelasan mengenai nama, manfaat dan kegunaan dari lensa-lensa yang ada di ponsel Anda, berikut penjelasannya:

1. Wide angle lenses atau lensa sudut lebar

Sederhananya, lensa ini lebih cocok untuk pemandangan luas atau foto bersama teman-teman di dalam pertemuan. Kemampuan lensa ini sama dengan ketika Anda mundur beberapa langkah untuk mendapatkan atau memasukan lebih banyak objek ke dalam layar. Dilansir Populer Science, pemakaian ini cocok untuk mereka yang suka street photography atau fotografi jalanan dan mereka yang suka jalan-jalan ke alam bebas. Beberapa ponsel yang memiliki lensa sudut lebar termasuk Samsung Galaxy S10 dan beberapa iPhone XS Max.

2. Lensa tele

Lensa telefoto hampir sama dengan lensa sudut lebar. Akan tetapi, lensa telefoto memiliki gambar yang lebih nyata dan jernih. Lensa ini memberikan kualitas zoom optik pada gambar sehingga lebih halus dan detail. Lensa tele juga digunakan untuk membuat bokeh mewah atau efek fokus dalam mode potret. Dengan menggabungkan data dari beberapa lensa, ponsel Anda dapat memahami seberapa dekat objek, mengaburkan latar belakang dan membuat latar depan menjadi fokus. Lensa telefoto terpasang pada kamera belakang pada iPhone XS Maxl. Selain di iPhone XS Max, lensa tele juga dapat Anda temukan pada Huawei P30 Pro.

3. Sensor monokrom

Beberapa kamera smartphone memiliki sensor yang didedikasikan untuk mengambil bidikan monokrom. Manfaat nyata dari foto hitam putih atau monokrom ini adalah ketajaman, itulah sebabnya beberapa fotografer lebih suka gambar tanpa warna di dalamnya. Ponsel modern sudah didesain untuk memadukan ketajaman gambar melalui sensor warna untuk menghasilkan bidikan yang lebih akurat. Meski begitu, penggunaan sensor monokrom masih jarang. Beberapa ponsel yang sudah menggunakannya adalah Huawei dan Honor tetapi ini belum ada di pasaran.

4. Sensor kedalaman

Sensor ini berguna dalam proses foto potret dan biasanya memunculkan bokeh. Sensor ini memiliki efek blur bergaya profesional baik melalui kamera depan atau belakang, karena kamera akan diarahkan mengambil gambar yang lebih tajam. Dikutip Adroitpit lensa ini pada smartphone tidak secara akurat menangkap objek tiga dimensi, jadi Anda akan sering melihat foto dengan beberapa bagian buram. Efek buram ini juga tidak super akurat, karena mengaburkan latar belakang gambar secara merata.

jenis lensa kamera ponsel pintar dapat dijadikan sebagai referensimu untuk menciptakan karya foto yang memukau. Hanya dengan menggunakan ponsel pribadi,

Continue Reading

Kumpulan Resep Masakan Enak

TRENDING