Para Ilmuwan Membuat Font Baru Yang Dirancang Untuk Meningkatkan Memori Anda

 

Para peneliti di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) di Australia telah mengembangkan font yang sama sekali baru yang dirancang “menggunakan prinsip-prinsip psikologi kognitif” untuk membantu Anda lebih baik mengingat catatan belajar Anda. Font adalah jenis huruf sans serif, dengan dua fitur yang tidak biasa: Ini miring sedikit ke kiri, yang merupakan prinsip desain yang jarang digunakan dalam tipografi, dan penuh dengan lubang.

Lubang-lubang itu memiliki tujuan. Mereka membuat Sans Forgetica lebih sulit dibaca, mengelabui otak Anda untuk menggunakan “proses kognitif yang lebih dalam” dan mempromosikan retensi memori yang lebih baik. Prinsip belajar psikologis dikenal sebagai “kesulitan yang diinginkan” dan obstruksi – lubang – yang berarti Anda tinggal di setiap kata  sedikit lebih lama.

Baca juga   Apa Artinya 'Lie In State', yuk Cari tau

Font dibuat dalam kemitraan dengan agen kreatif Naked dan Sekolah Desain dan Perilaku Bisnis Lab RMIT.

Untuk menemukan font terbaik untuk meningkatkan memori, 400 siswa diberi  beberapa font berbeda. Sans Forgetica menunjukkan lompatan terbesar dalam mengingat.

“Sans Forgetica melakukan yang terbaik dalam membantu ingatan karena hanya melanggar prinsip-prinsip desain tanpa menjadi terlalu tidak terbaca,” kata Dr. Jo Peryman, ketua Lab Bisnis Perilaku RMIT.

Meskipun dirintis oleh RMIT untuk digunakan sebagai alat studi, Dr. Janneke Blijlevens, anggota pendiri Lab Bisnis Perilaku, percaya aplikasi font melampaui kelas dan dapat membantu orang menghafal hal-hal penting bagi mereka dalam kehidupan mereka sendiri.