4 Kebiasaan ini yang Bisa Mengikis Usia Smartphone

Smartphone sudah tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Dari mulai bangun tidur, sampai beranjak tidur lagi. yang dibawa dan dibuka pasti itu terus.

Smartphone memang telah membantu aktivitas kita. Tapi taukah cilers hal-hal berikut ini kesalahan yang sering kamu lakukan tanpa sadar mengikis usia smartphone mu.

Kesalahan pengguna smartphone berikut, sebenarnya masih bisa dihindari kok agar Smartphonemu tetap aman untuk waktu yang lama. Makanya simak sampai habis ya cilers.

1.Menggunakan Smartphone tanpa Case

Saat ini kebanyakan bahan konstruksi smartphone sudah pakai bahan kaca berpadu metal, yang membuat tampilan smartphone kita itu keren. Sayangnya, cukup licin ketika dipegang.

Nah kadang kita nggak mau pakai case dan anti gores juga merupakan kesalahan pengguna smartphone. Walau disayang-sayang, tetap saja akan datang waktunya kamu tanpa sengaja menjatuhkan smartphone?

Nah ketika jatuh bisa jadi Smartphone mu ngga akan semulus dulu, apa lagi kalau jatuhnya di aspal ya tinggal sabar aja, syukur-syukur cuma penyok atau baret, nah kalau retak kan kelar hidup loe.

Baca juga   Cara Mudah Hemat Baterai Smartphone saat Liburan

Makanya jangan lupa untuk selalu gunakan perangkat safety untuk smartphone mu yang hari ini sudah banyak beredar di pasaran baik tempered glass buat LCD, Hardcase, dan Softcase berbagai merk dan bentuk

2. Tukar-Tukar Perangkat Pengisi Daya (Charger)

Fitur fast charging pada smartphone saat ini amat menguntungkan karena kini pengguna telpon pintar tak perlu khawatir soal daya, colok bentar baterai penuh. Namun perlu diingat ini harus pakai charger bawaan asli.

Kalau pinjam punya teman, artinya cilers merepotkan oranglain hehe. Selain itu, kalau beda tipe smartphone apalagi charger KW, sebaiknya dihindari. Apalagi kalau smartphone kamu punya fitur fast charging dan pakai port USB Type C.

Proses pengisian yang lama bakal mengakibatkan panas berlebihan dan dalam jangka panjang bisa merusak smartphone. Kesalahan pengguna smartphone yang satu ini masih bisa dihindari.

3. Main Game sambil isi Daya

Ketika kita sedang asik-asiknya bermain game atau menjalankan aplikasi namun baterai hampir habis, ada saatnya memutuskan untuk men-charger Hp sambil memainkannya. Hal semacam itu sangat umum dijumpai, dikarenakan pengguna tidak memperdulikan kondisi ponsel.

Baca juga   Blackberry World App Store Ditutup Tahun 2019

Penyebab yang ditimbulkan jika tidak menghindari kebiasan tersebut adalah bocornya baterai pada smartphone, bahkan dapat menimbulkan smartphonemu bisa meledak.

Penggunaan ini sering kita jumpai di warkop-warkop dan sering dilakukan, jika hal tersebut berlanjut ya taun depan kamu siap-siap beli hape baru deh

4. Menggunakan Powerbank Berlebihan

Perangkat baterai portabel (powerbank) sering kali menjadi penyelamat saat baterai smartphone “sekarat”.

Namun, banyak pengguna yang sering kali mengisi daya lewat powerbank meski tidak sedang darurat dan sebenarnya memungkinkan menggunakan perangkat charger.

Nah Keseringan menggunakan powerbank bisa membuat daya tahan baterai smartphone berkurang. Tak seperti charger via listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil dan sesuai spesifikasi smartphone.

Jadi mulai sekarang, hanya gunakan powerbank jika benar-benar dalam keadaan darurat.

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News