Tarik Episode Komedi di Arab Saudi, Netflix Dikritik

Netflix hari Rabu (2/1) dikritik organisasi hak asasi karena menarik satu episode dari seri “Patriot Act” komedi Hasan Minhaj di Arab Saudi, yang mengkritik putra mahkota kerajaan.

Pelawak Amerika itu menggunakan episode kedua, yang dirilis 28 Oktober, untuk mengkritik Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas pembunuhan penulis Jamal Khashoggi dan koalisi pimpinan Arab Saudi dalam perang di Yaman.

Organisasi HAM Amnesty International mengatakan sensor Arab Saudi terhadap Netflix “semakin membuktikan tindakan keras tanpa ampun terhadap kebebasan berpendapat.” Netflix menyatakan pihaknya hanya mematuhi undang-undang setempat.

Khashoggi, yang menulis secara kritis tentang putra mahkota di kolom-kolom harian Washington Post, dibunuh dan dimutilasi oleh agen-agen Arab Saudi di dalam konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, tahun lalu. Senat Amerika percaya putra mahkota bertanggung jawab atas pembunuhan itu, meskipun kerajaan itu bersikeras bahwa putra mahkota tidak tahu tentang operasi itu.

Baca juga   Internet Sehat untuk Anak Pintar

Dalam pernyataan hari Rabu, Netflix mengatakan, episode itu ditarik dari kerajaan tersebut atas permintaan pihak berwenang, dan bukan karena isinya. (ka)

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News