Waspada Perampasan Data Melalui Whatsapp, Jangan Klik Update!
Connect with us

Teknologi Informasi

Waspada Perampasan Data Melalui Whatsapp, Jangan Klik Update!

Published

on

Waspada Perampasan Data Melalui Whatsapp, Jangan Klik Update!
Waspada Perampasan Data Melalui Whatsapp, Jangan Klik Update! (Foto: Twitter/ Rajshekhar Rajaharia)

Gencil News- Waspada jika ada permintaan klik update pada aplikasi whatsapp! karena ada modus penipuan baru yang beredar yaitu perampasan data melalui whatsapp.

Modus penipuan baru yang beredar pada aplikasi messaging tersebut bernama WhatsApp Pink yang menjanjikan pengguna tema WhatsApp baru berwarna pink atau merah muda yang ternyata isinya virus.

Perampasan data melalui whatsapp terjadi saat ada update supaya tema akan berubah menjadi pink atau merah muda.

Foto: Twitter/ Rajshekhar Rajaharia)

Penipuan tersebut akan berisi link, yang mengarahkan pengguna untuk mengunduh file APK pengguna yang mengklik tautan update palsu itu akan mengalami pembajakan akun.

Link ini menyebar lewat grup WhatsApp dan sudah ada beberapa pengguna yang menyebarkannya tanpa mengetahui apa yang akan terjadi.

Selain itu, WhatsApp Pink ini juga menjanjikan fitur-fitur baru. Untuk mengelabui korban, link ini menyamar sebagai update resmi dari WhatsApp.

Seperti mengutip dari Livemint, Selasa (20/4/2021) Jika ada pengguna yang mengklik link tersebut, ponsel mereka bisa hacker ambil alih dan pengguna terancam kehilangan akun WhatsApp.

Pakar keamanan siber pun mengingatkan pengguna WhatsApp untuk tidak mengklik link yang mencurigakan seperti WhatsApp Pink.

Lebih lanjut, Director Voyager Infosec Jiten Jain, menyampaikan bahwa penipuan seperti WhatsApp Pink ini mirip seperti kasus WhatsApp Gold yang sudah lama beredar.

Kedua kasus ini sama-sama menyamarkan malware sebagai aplikasi palsu yang menawarkan fitur WhatsApp.

Jain pun menyarankan pengguna WhatsApp agar tidak menginstal APK atau aplikasi lainnya dari sumber yang tidak resmi, dan hanya menginstal aplikasi di sumber terpercaya seperti Google Play Store atau Apple App Store.

Sementara itu saat pihak WhatsApp mengatakan pengguna bisa mendapatkan pesan aneh dan mencurigakan dari mana saja, jadi pengguna harus waspada! sebelum merespon pesan tersebut.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Teknologi Informasi

Mark Zuckerberg: WhatsAPP Bisnis akan buat Katalog Belanja

Published

on

Mark Zuckerberg: WhatsAPP Bisnis akan buat Katalog Belanja

Gencil News- CEO Facebook Mark Zuckerberg menyampaikan dalam rapat virtual pengumuman pendapatan kuartal pertama Facebook (30/4/21).

Dalam rapat tersebut Ia akan menambahkan opsi katalog belanja dari WhatsAPP Bisnis.

Pilihan ini akan memungkinkan pelaku UMKM untuk mempromosikan produk atau layanan yang mereka tawarkan, kemudian mempublikasikan iklan tersebut ke Facebook.

Menurut Mark Zuckerberg lagi, Banyak orang dari berbagai belahan dunia, bisnis daring seringkali bergantung pada pesanan.

Orang-orang berharap dapat bertransaksi langsung melalui chat. Pemilik UMKM pun ingin dapat menampilkan produk mereka dan menerima pesanan langsung dari percakapan dengan pelanggan.

Facebook mengumumkan fitur Keranjang yang sudah ada sejak Tahun lalu pada aplikasi WhatsApp bisnis ini memudahkan para pengusaha online.

Hanya dalam beberapa bulan, Mark mengklaim fitur ini menjadi salah satu fitur terfavorit bagi para pengguna yang berbelanja melalui WhatsApp.

Selanjutnya, Menurut CEO Facebook tersebut. Banyak pelaku UMKM yang berjualan menggunakan Facebook, dan menjadikan Instagram sebagai “etalase” pebisnis.

Sedangkan WhatsApp adalah tempat untuk mereka berkomunikasi, menjawab pertanyaan pelanggan, dan bertransaksi. 

Ke depannya, Facebook pun ingin semakin menyederhanakan cara beriklan.

Perusahaan akan menambahkan opsi untuk membuat iklan Facebook langsung dari katalog di WhatsApp Business.

Menurutnya, opsi ini akan sangat berguna bagi para pelaku usaha, memudahkan mereka untuk menjangkau pelanggan baru, serta mengembangkan usaha mereka.

Continue Reading

Teknologi Informasi

Bocoran Kisaran Harga HP 2 jutaan Untuk Lebaran

Published

on

Bocoran Kisaran Harga HP 2 jutaan Untuk Lebaran

Gencil News- Mau bergaya tetapi tidak melebihi budget juga isi kantong? simak bocoran kisaran harga HP 2 jutaan untuk lebaran nanti.

Kini, Berbagai aplikasi dan teknologi pada gadget khususnya HP sangat penting untuk membuat kita tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan kolega.

Terlebih lagi, kebutuhan kita menyerap informasi dan berita, akan menyulitkan jika jauh dari media sosial dan aplikasi lainnya.

Salah satu fitur dasar dalam HP adalah kamera. Setelah mendapat THR Mungkin ada keinginan mengganti HP dengan harga yang terjangkau.

Simak bocoran beberapa model dan spesifikasi HP untuk kebutuhan anda.

Pertama ada Redmi 9 Dengan harga Rp. 1.650.000 untuk 32GB & Rp 1.800.000 untuk 64GB

Dengan kekuatan baterai dan ukurannya yang lega, Redmi 9 punya kelebihan dalam sektor kamera yang ada empat buah.

Kamera utamanya mengusung 13MP, lalu ada kamera ultrawide 8MP, kamera makro 5MP, serta sensor kedalaman 2MP.

Kedua, HP Realme C15 dengan harga Realme C15 4/64: Rp 1.700.000

Smartphone ini memiliki kamera utama 13MP, kamera ultrawide 8MP, sensor hitam putih 2MP, dan sensor kedalaman 2MP.

Ketiga, Infinix Hot 9 dengan Harga Infinix Hot 9 4/128: Rp 2.100.000

Infinix Hot 9 adalah smartphone dengan spesifikasi yang sudah canggih namun harga masih cukup murah.

Selanjutnya, Infinix Note 7 Lite dengan Harga 4/64: Rp 1.700.000

Memiliki varian lebih ekonomis dari seri unggulan Infinix yakni Note 7. Meski demikian, smartphone ini sudah mengusung empat kamera canggih.

Kamera utamanya mengusung sensor 48MP, lalu ada kamera makro 2MP, kamera sensor kedalaman 2MP, serta sensor QVGA untuk kondisi minim cahaya.

Continue Reading

Teknologi Informasi

Produsen Otomotif Volkswagen, Bangun Pabrik Baru di Cina

Published

on

Produsen Otomotif Volkswagen, Bangun Pabrik Baru di Cina

Gencil News- Produsen otomotif asal Jerman, Volkswagen, saat ini membangun pabrik baru ketiga untuk merakit mobil listrik di Cina.

Selanjutnya, Pendirian pabrik baru ini juga sekaligus untuk mengejar target produksi 1,5 juta kendaraan energi baru (NEV) pada 2025.

Ini merupakan fasilitas manufaktur kendaraan listrik murni ketiga yang Grup Volkswaggen bangun di Cina, setelah selesainya pabrik Anting (SAIC VW) dan Foshan (FAW-VW).

Estimasi akan selesai pada pertengahan 2022 dan pabrik tersebut akan mulai berproduksi pada paruh kedua tahun 2023.

Pada tahun 2025, Grup Volkswagen Cina berencana untuk mengirimkan hingga 1,5 juta kendaraan energi baru (NEV) per tahun.

Stephan Wöllenstein, CEO Volkswagen Group Cina, dalam pernyataan resmi pada Kamis, 29 April 2021. memastikan bahwa pabrik baru itu akan mengurangi emisi karbon selain memproduksi mobil-mobil listrik.

Pabrik baru ini akan menerapkan sejumlah strategi penghematan energi sebagai bagian dari upaya komprehensif untuk mengurangi emisi karbon secara keseluruhan, termasuk penerapan peralatan produksi dengan konsumsi energi rendah.

Continue Reading

Teknologi Informasi

Disney Akan Tutup 18 Saluran di Asia Tenggara dan Hong Kong

Published

on

Disney Akan Tutup 18 Saluran di Asia Tenggara dan Hong Kong

Gencil News- Kabar kurang mengenakan datang dari Disney Channel yang terhitung mulai tanggal 1 oktober 2021 akan menutup 18 Salurannya.

Wilayah yang berdampak ialah untuk Asia Tenggara dan Hongkong sebagai bagian dari upaya untuk lebih mengembangkan layanan streaming-nya.

Layanan streaming  saat ini tersedia pada dua pasar Asia Tenggara: Singapura dan Indonesia.

Selanjutnya, upaya ini akan membantu bisnis dan menyelaraskan sumber daya secara lebih efisien dan efektif saat ini dan masa depan.

Perusahaan juga sudah mengatakan kepada Channel News Asia pada Selasa (27/4).

“Sedang mengkonsolidasikan bisnis Media Networks terutama untuk Asia Tenggara dan Hong Kong”.

Konsolidasi itu sebagai bagian dari upaya global untuk berporos menuju langsung-ke-pelanggan dan selanjutnya mengembangkan layanan streaming-nya.

Menurut Variety, saluran yang akan tutup termasuk Fox, Fox Crime, Fox Life, dan FX. Kemudian, saluran film Fox Action Movies, Fox Family Movies, Fox Movies, dan Star Movies China.

Saluran olahraga Fox Sports, Fox Sports 2, Fox Sports 3, Star Sports 1, dan Star Sports 2 juga akan tutup.

Dengan demikian, Dari keputusan ini hanya akan ada empat layanan yang tersisa, yang memiliki kekuatan pemrograman linier paling kuat pada wilayah tersebut.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING