Tokoh

Menjaga Imunitas dan Semangat ala Andi Ridwan Ketua IPSI Kalbar

Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan memiliki sejumlah tips menjaga imunitas dan semangat. Menurutnya, "cara" yang ia lakukan termasuk ampuh dan membuat dirinya tetap semangat dan sehat.

Selasa 12 oktober 2021 sekira pukul 07.30 wib, kami mendapatkan kesempatan untuk dapat ngobrol pagi dengan Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan dikediamannya. Dengan semangat, Ketua IPSI Kalbar ini menjelaskan menjaga imunitas dan semangat ala dirinya.

Gencil News – Ketua IPSI Kalbar Andi Ridwan memiliki sejumlah tips menjaga imunitas dan semangat. Menurutnya, “cara” yang ia lakukan termasuk ampuh dan membuat dirinya tetap semangat dan sehat.

“Saya, setelah sholat subuh itu minum air putih hangat dan 3-5 kurma. Setelah itu saya biasanya membaca buku-buku bernuansa islami, Jam 6 saya minum lagi air putih biasa, kemudian saya menyempatkan diri untuk jogging, ya dekat-dekat rumah saja” jelas Ridwan.

Kami pun ditunjukan beberapa koleksi buku islami dari perpustakaan pribadi Andi Ridwan. Seraya kami menanyakan, bagaimana ia bisa menyediakan waktu untuk membaca, sementara koleksi bukunya dapat dibilang banyak.

Baca juga   Mengenang Sosok Wimar Witoelar Kolumnis Kritis dan Humoris

“Saya itu suka membaca dari dulu, bahkan dulu ketika kecil. Apabila diminta orang tua ke warung, kan biasanya bungkusnya koran, itu saya suka membacanya. Nah, beranjak usia, saya mulai menyisihkan uang jajan dari orang tua. Tidak banyak kami diberi orang tua, tapi tetap saya sisihkan, biasanya 3-4 bulan kemudian baru jumlahnya terkumpul lumayan. Baru saya ke toko buku, dan itu belum ada rencana beli buku apa, secukupnya uang saya saja tuh” ujarnya sambil tertawa dan mulai menyeduh teh.

Untuk kegiatan membaca, ini adalah sebuah kewajiban dari orang tua Andi Ridwan, dimana orang tuanya selalu menekankan, bahwa membaca adalah jendela dunia.

Baca juga   Dua Preman "lansia" di Tanpur Dibekuk Sat Reskrim Pontianak Kota

“Jadi, bapak saya selalu bilang dan mengajarkan kepada kami. Beliau minta kepada kami untuk selalu membaca, mendengar dan mau belajar. Menurut bapak, membaca adalah jendela dunia, dengan membaca kalian bisa menguasai dunia” tambahnya.

Andi Ridwan menyempatkan diri untuk melakukan olahraga, sebelum beraktivitas. Ia menyiapkan waktu, seminggu 5 kali untuk berolahraga.

“Saya nih lagi upayakan, kalau bisa seminggu tuh full olahraga. Cuma kata temanya saya yang profesinya dokter. Dia bilang, ikuti aturan yang ada, jangan memaksakan diri, secukupnya namun terukur dan memiliki manfaat. Dan saya pun memilih untuk jalan pagi atau sore ya kurang lebih 1 jam, atau jalan ditempat saja, dirumah. ” papar Ridwan.

“Kalau menurut saya, yang namanya semangat itu akan timbul saat tubuh kita fit dan segar. Asupan oksigen bagus, kita pun dapat berfikir secara jernih. Semangat itukan energi lebih atau ekstra yang kita dapatkan secara tiba-tiba, nah itu kita manfaatkan betul-betul supaya menjadi seperti api PON atau Olimpiade, tetap menyala walaupun tertiup angin.” jelasnya

Baca juga   Nyak Sandang : 'Saya Ingin Lihat Wajah Presiden'

Ridwan pun mengajak seluruh masyarakat, untuk tetap menjaga kesehatan, karena pada saat ini, kesehatan adalah sebuah kata kunci dari semua. Dengan tubuh yang sehat, usaha pun lancar, ekonomi membaik dan berhubungan dengan orang pun menjadi baik.

“Alhamdulillah, sekarang grafik covid-19 melandai, tapi kita waspada saja. Kita lindungi diri kita dan orang-orang terdekat kita. Dan pandemi ini mengajarkan kita untuk kuat dan memiliki tekat untuk bangkit dari keterpurukan, ayo semangat” pungkas Andi Ridwan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top